Saya masih baru pada olahraga kebugaran Saya tidak punya pelatih. Bagaimana sebaiknya Saya berlatih?

Dilihat 70,3 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Karena ada banyak sekali orang di luar sana yang berharap untuk memiliki tubuh yang indah, sehat dan kuat tapi tidak memiliki pengetahuan yang mengenai cara yang tepat untuk melakukannya, mereka melakukan segala macam latihan setiap hari dan berharap akan terjadi perubahan pada tubuh mereka. Ingatlah, tidak ada yang akan terjadi kalau kamu mencoba segala macam olahraga, yang akan terjadi hanyalah kamu akan berhenti berolahraga,


Di bawah ini adalah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum kamu mulai berolahraga.

  • Lakukan gym workout selama 4 hari dalam seminggu selam satu bulan dan lakukan istirahat satu hari paling tidak di antara sesi olahraga. Jadwal latihan : Senin: latihan A, Selasa:istirahat, latihan B, Kamis:istirahat, Jum'at :latihan A, Sabtu:istirahat, Minggu:latihan kardio.
    Lakukan jadwal di atas selama seminggu lalu ubahlah urutan latihan selain latihan kardio. Minggu berikutnya kamu bisa mulai dengan melakukan latihan B. Kamu pasti akan tercengang kalau tahu terdiri dari apa saja latihan A dan latihan B. Coba kita lihat apa saja latihan - latihan ini. Hal paling penting yang harus kamu lakukan sebelum mulai berolahraga adalah melakukan pemanasan atau pelemasan yang benar. Melakukan pemanasan selama 5 - 10 menit akan meningkatkan aliran darah dan memanaskan otot - otot tubuhmu.
  • Latihan A:
    1. 3 set Seated dumbbell press dengan pengulangan 5 - 8 kali untuk masing - masing set. Istirahatlah selama satu menit di antara setiap set.
    2. 3 set Bench Press dengan pengulangan 5 - 8 kali untuk setiap set.  Istirahatlah selama satu menit di antara setiap set.
    3. 3 set Standing cumbbell press biceps dengan pengulangan 5 - 8 kali untuk setiap set.  Istirahatlah selama satu menit di antara setiap set.
    4. 3 set Calf raise dengan pengulangan 5 - 8 kali untuk setiap set.  Istirahatlah selama satu menit di antara setiap set.
  • Latihan B :
    1. 3 set Pull-Up dengan pengulangan 2 - 5 kali untuk setiap set. Istirahatlah selama satu menit di antara setiap set.
    2. 3 set Squat dengan pengulangan 5 - 8 kali untuk setiap set. Istirahatlah selama satu menit di antara setiap set.
    3. 3 set tricep pulling down dengan pengulangan 5 - 8. Istirahatlah selama satu menit di antara setiap set.
    4. 3 set rows dengan pengulangan 5 - 8 kali untuk setiap set. Istirahatlah selama satu menit di antara setiap set.

Kedua latihan di atas merupakan latihan yang saling menyeimbangkan, yang akan melatih seluruh bagian tubuhmu. 


Latihan A :

Latihan pertama melatih pundak dan merupakan salah satu latihan terbaik untuk membangun kekuatan dari kepala ke pundak. Latihan kedua melatih otot dada dan latihan ini merupakan pengukuran standar bagi kekuatan dan akan membantumu membangun kekuatan tubuh.

Latihan ketiga membangun kekuatan lengan.

Latihan keempat melatihan otot betis dan tendon Achilles. Latihan ini membantu mencegah cedera pada kaki dan pergelangan kaki.


Latihan B:

Latihan pertama, pull-up merupakan latihan terberat yang harus kamu lakukan. Tapi lakukan ini akan memberikan hasil yang luar biasa terhadap punggung dan tubuh bagian atas.

Latihan kedua merupakan salah satu latihan terbaik yang kamu lakukan, baik tujuanmu untuk membangun otot atau mengurangi berat badan.

Latihan ketiga akan membantu memperkuat lenganmu. 

Latihan keempat merupakan salah satu latihan terbaik untuk mengaktifkan otot - oto di seluruh tubuh dan membakar banyak kalori.


Pada beberapa minggu pertama atau selama satu bulan pertama, kamu harus mengikuti jadwal yang ketat dan cobalah untuk mempelajari gerakan - gerakan dasar untuk setiap latihan yang belum pernah kamu lakukan. Kadang koodinasi antar bagian tubuhmu mungkin salah, tapi jangan khawatir, istirahatlah dan lanjutkan latihan lagi sampai kamu bisa melakukannya dengan sempurna. Jangan fokus pada berapa banyak pengulangan yang kamu lakukan, tapi fokuslah pada cara untuk melakukan gerakan - gerakan dengan benar.


Sebagai seorang pemula, kamu seharusnya bisa merasakan kemajuan secara konsisten selama beberapa waktu. Sebaiknya kamu tidak melakukan latihan secara berlebihan, atau melakukan latihan yang terlalu sulit, karena tubuhmu masih belum terbiasa dengan aktifitas - akftifitas tersebtu dan kamu bisa merasa kram pada tubuhmu yang bise berdampak lebih serius. Jadi lebih baik kamu ikuti latihan yang sudah dirancang di atas.


Setelah satu bulan, kamu bisa meningkatkan jumlah pengulangan dan beban yang digunakan karena tubuhnya sudah memiliki stamina yang cukup untuk melanjutkan ke tingkat latihan yang lebih berat. Aku rasa ini saya. Lakukanlah latihan di atas dan mulailah membangun kekuatan tubuh untuk mempersiapkan tubuhmu melakukan latihan yang lebih berat lagi.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang