Acara apa saja yang terbaik untuk wisata Malang selama 3 hari?

Dilihat 619 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Berlibur merupakan hal yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, melepas penat dan stres, membebaskan diri kita dari segala pikiran tentang sekolah maupun pekerjaan. Untuk daerah pilihan berlibur, negara kita Indonesia memiliki banyak tempat tujuan untuk wisata, dan salah satunya adalah Kota Malang.


Indonesia memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk tempat wisata. Jika berbicara tentang tempat wisata Indonesia, pasti Bali, Jogja atau Lombok menjadi pilihan utamanya. Namun perlu anda ketahui, selai ketiga kota yang tersebut, wisata kota Malang juga tak kalah menarik dari kota yang saya sebutkan sebelumnya.


Ada banyak tempat wisata di Malang yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan anda beserta keluarga anda. Anda bisa menikmati keindahan Kota Malang, hawa sejuk yang sudah tidak bisa dirasakan di banyak kota-kota besar lainnya. Berikut saya bagikan kepada anda tempat-tempat yang anda bisa kunjungi untuk waktu liburan singkat anda di Malang.



Tempat Wisata Di Malang


Anda pasti pernah mendengar kota yang terkenal akan buah apelnya ini dari orang-orang disekitar anda. Malang merupakan salah satu kota yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Kota Malang berada di daerah dataran tingi yang tak kalah sejuk dari Kota Bandung. Selain itu, anda juga perlu tahu bahwa ada banyak tempat wisata di Malang yang patut anda kunjungi jika berlibur kesini.


Banyak tempat yang bisa anda kunjungi di Kota Malang untuk sekedar bersantai menikmati keindahan kota Malang atau sekedar melihat-lihat sekitar. Liburan tak selalu harus mengeluarkan biaya yang banyak. 


Dengan mengunjungi alun-alun kota Malang, anda bisa bersantai sambil menikati rimbunan pohon yang ada disekitar alun-alun. Gereja Katolik Kayutangan dianggap sebagai ikon kota Malang, juga berada dekat dengan alun-alun kota Malang, anda akan dapat melihatnya. Kotanya tidak terlalu besar dan hijau. 


Meskipun sudah tak sesejuk dulu, anda masih dapat merasakan hawa sejuk di kota ini. Jalan 3 lajur menjadi tempat menghabiskan akhir pekan bagi para orang Belanda dari Surabaya karena Malang terletak dekat dengan pusat kota Batu.


galena alun-alun malang


Menghabiskan waktu liburan di Malang merupakan hal yang tepat mengingat banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi, serta menikmati kuliner khas Jawa Timur di sini. Untuk anda yang belum pernah mengunjungi kota ini pastilah bingung tempat-tempat apa saja yang harus dikunjungi di Malang. Tenang saja. 


Di sini saya akan membantu anda memberi rujukan beberapa tempat wisata, selain itu saya juga akan membantu menyusun acara liburan singkat anda di Malang. 


Berikut susunan acara untuk wisata Kota Malang selama 3 hari:


1. Hari Pertama


  • Anda bisa memulai perjalanan dengan mengitari kota Malang. Anda bisa berangkat dari jalan besar Ijen yang pernah dijuluki daerah elit karena Belanda membangun rumah mewah disekitar sini. Peninggalan Belanda terbaik ada di daerah sini. 


  • Toko Oen, berdiri mulai dari era kolonial. Mereka banyak menjual kue Indo-Belanda. Kamu juga bisa menikmati Rijstaffel (prasmanan) di Hotel Tugu dekat Balaikota. Mengenai museum, saya merekomendasikan Museum Malang Tempo Doeloe dan Museum Angkut. Akan saya jelaskan secara singkat tentang Museum Malang Tempo Doeloe dan Museum angkut.


  • Museum Malang Tempoe Doeloe atau yang biasa disebut dengan MTD ini awalnya merupakan sebuah rumah seluas 1000 meter persegi yang kemudian diubah menjadi sebuah museum yang mengenalkan anda Malang jaman dulu. Museum MTD ini terletak di Jalan Gajahmada, tepatnya di belakang Balai Kota Malang. Museum ini buka dari pukul 08.00-17.00 dan jangan lupa juga untuk membayar biaya kunjungan. Untuk masuk ke Museum MTD ini anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000,- untuk pelajar, Rp 15.000,- khusus untuk warga Malang, dan Rp 25.000,- untuk pengunjung umum. Pastikan anda menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Museum MTD, sambil mengenal sejarah tentang Malang dulu kala.


galena museum mtd


  • Jika anda memutuskan untuk berkunjung ke Museum MTD, kurang lengkap rasanya jika tidak singgah ke Restoran Inggil. Resto Inggil ini merupakan salah satu tempat makan dengan desain unik dan wajib untuk dikunjungi jika anda berada di kota apel ini. Satu hal yang membuat tempat makan ini menjadi tempat kuliner yang wajib ini adalah desain restoran tersebut yang dibuat seperti museum. Anda bisa menikmati makanan enak sambil melihat barang-barang antik jaman dulu. Karena itulah restoran ini dikenal dengan 'Inggil Museum Resto'. Perut kenyang dan anda pun dapat menikmati waktu anda melihat barang antik yang jarang anda temui langsung di jaman ini.


  • Malang juga terkenal dengan peninggalan sejarahnya karena merupakan daerah bekas kerajaan Singasari pada abad ke-13. Anda bisa menjelajahi sisa peninggalan Singasari dipinggiran Kota Malang seperti; Candi Singosari, Candi Kidal, Candi Jago, Candi Jawar, Candi Sumberawan, Candi Badut and Petirtaan, kolam Watugede. Candi Singosari adalah candi Hindu yang menggambarkan kejayaan Singhasari. Kolam Watugede, konon katanya Ken Dedes yang terkenal mandi disini. Namun, saya tidak menyarankan anda untuk mengunjungi tempat-tempat di atas karena akan menguras waktu setengah hari melalui mobil. Masih ada banyak tempat wisata di Malang yang bisa anda lihat dan anda nikmati. Untuk kesempatan selanjutnya, mungkin anda bisa mengunjunginya. 


2. Hari Kedua


Pantai di Jawa kalah telak dari Bali, Lombok atau Maluku. Namun saya jamin pikiran anda pasti berubah setelah melihat pantai di Malang. 


Di Malang terdapat beberapa pantai yang pastinya membuat anda terpukau karena keindahannya hampir menyamai pantai-pantai di Bali ataupun di Lombok. Ada beberapa pantai di Malang yang bisa anda kunjungi seperti, pantai Kondang Merak, pantai Balekambang, pantai Goa Cina


Tapi untuk pantai, saya sarankan untuk mengunjungi pantai Balekambang atau pantai Goa Cina. Menurut saya dari sekian pantai di Malang, hanya kedua pantai tersebutlah yang paling berkesan untuk saya. Pemandangan kedua pantai tersebut sangat indah. Konon katanya di pantai goa china ini terdapat sebuah goa dimana seorang pendeta cina yang bertapa di dalam goa tersebut hingga akhir hayatnya. Goa ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan karena penasaran seperti apa goa tempat pendeta cina tersebut meninggal. 


Untuk pantai Balekambang, pantai ini memiliki pura di atas pulau karang seperti yang ada di tanah lot, Bali. Bedanya, pura pulau karang yang ada di pantai Balekambang ini sengaja di bangun mengikuti desain pura di tanah lot Bali oleh Bupati Malang pada tahun 1985. Meskipun begitu, keindahan pantai ini tak jauh beda dengan pantai tanah lot yang ada di Bali.

galena pantai balekambang   
3. Hari Ketiga


Berlibur ke Malang rasanya kurang lengkap kalau tak mengunjungi Batu. Untuk wisata hari ketiga ini, anda bisa menghabiskan waktu anda mengeksplor beberapa tempat wisata terkenal yang ada di Batu. 


Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi taman hiburan terbesar, Jatim Park di Batu. Kamu bisa habiskan harimu di sini. Di Batu ada banyak kebun apel dan stroberi. Ada juga yang menawarkan sensasi memetik apel dan stroberi. Ada banyak tempat wisata memetik buah di Batu, salah satunya yang terkenal adalah Kusuma Agrowisata. 


Di Kusuma Agrowisata anda bisa menikmati sensasi memetik buah apel, jeruk, jambu biji dan stroberi langsung dari kebunnya. Bahkan anda bisa menikmati hasil panen anda sepuasnya atau membawanya pulang. Selain itu, letaknya yang berada di tengah kota Batu membuat Kusuma Agrowisata mudah untuk ditemukan.

galena wisata petik apel

Mungkin waktunya sedikit mepet, rasanya akan sulit untuk mengunjungi Museum Angkut dan Jatim Park sekaligus. Jadi saya sarankan untuk mengunjungi Jatim Park 2, karena sebelumnya anda sudah mengunjungi Museum MTD. Di Jatim Park 2, anda bisa berkeliling melihat berbagai macam jenis hewan dari berbagai macam negara. 


Jika anda membawa anak-anak, hal ini akan bagus untuk mereka. Bisa menghibur sambil mengajak sang buah hati belajar mengenal berbagai macam hewan yang ada di bumi ini. View di Jatim Park 2 ini juga dijamin membuat anda tidak menyesal memutuskan untuk berkunjung ke sini. 

-


Itulah beberapa tempat yang sekiranya bisa anda kunjungi untuk liburan singkat di Malang. Ada banyak tempat wisata Malang yang bisa anda kunjungi untuk kunjungan anda ke Kota Apel di lain waktu. Sebisanya luangkanlah waktu anda lebih banyak saat berlibur ke Malang agar anda bisa menikmati waktu anda secara maksimal.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang