Adakah saran untuk membantu menghilangkan bintik hitam akibat cacar air?

Dilihat 593 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Terkena penyakit cacar air tidak hanya menyiksa pada saat Anda sedang mengidapnya. Proses penyembuhannya pun juga memakan waktu yang cukup lama, apalagi untuk menghilangkan bekas lukanya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka ini, baik dengan cara alami, laser, maupun dengan menggunakan krim pemutih. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan.


     


Tips menghilangkan bekas cacar air

1. Vitamin E

Vitamin ini adalah sumber antioksidan yang baik dan mampu melindungi kulit kita dari radikal bebas akibat kotoran, bakteri serta hasil sisa dari lingkungan kita yang menyebabkan kerusakan sel dan kolagen. Kolagen adalah komponen penting yang menjaga elastisitas pada kulit. Sumber vitamin E yang paling banyak dikenal antara lain adalah kacang almond, sayur bayam, buah alpukat, minyak sayur, pepaya dan biji bunga matahari. Anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin E untuk kesehatan sehari-hari. Minyak vitamin E bisa dibeli atau anda bisa membuka kemasan kapsul untuk memperoleh minyak di dalamnya. Cuci bersih area di sekitar bekas luka dan tepuk-tepuk hingga kering sebelum mengoleskan minyaknya. Tiap pagi dan malam sebelum tidur, pijat minyak tersebut langsung pada area yang berbekas. Vitamin E bekerja dengan mempercepat proses regenerasi sel kulit sehingga bekas luka, termasuk bekas cacar air, akan menghilang. Perawatan ini tentunya perlu dilakukan secara rutin. Anda juga bisa mengkombinasikan produk kencantikan yang mengandung vitamin E (seperti minyak vitamin E) dengan diet yang kaya dengan vitamin E untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat lan dari vitamin E, misalnya dalam menjaga kesehatan rambut dan kebugaran tubuh. 


    



2. Sari Lemon

Sari lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat, yang sangat bagus untuk mengatasi perubahan warna kulit dan bekas luka. Sari lemon juga dikenal mempunyai manfaat untuk peremajaan kulit. Sari lemon bekerja dengan mengangkat sel kulit mati sehingga membantu kulit kita membentuk kolagen secara alami dan menyegarkan lapisan kulit terluar, serta menghilangkan pigmen hitam pada kulit. Anda hanya perlu mengoleskan sari lemon pada area bekas luka, lalu diamkan selama 10 menit/sampai kering dan bersihkan. Selama sari lemon dioleskan langsung pada area kulit, Anda harus menghindari agar tidak terkena mata dan jangan terkena sinar matahari. Gunakan sari lemon hanya jika luka bekas cacar air itu sudah mengering supaya tidak menyebabkan rasa sakit. Juga disarankan tidak digunakan untuk anak-anak karena kulit mereka mungkin sensitif dan sari lemon bisa menyebabkan iritasi.


3. Krim penghilang bekas cacar atau krim pemutih

Anda bisa menggunakan salep penghilang bekas luka cacar seperti bioplacenton. Bioplacenton berfungsi sebagai antibiotik dalam proses penyembuhan luka, serta mempercepat regenerasi sel-sel kulit. Anda juga bisa menggunakan krim yang mengandung pemutih seperti hydroquinone, ataupun krim yang merangsang kolagen seperti tretinoinm. Krim pemutih pada umumnya memiliki kandungan bahan-bahan seperti arbutin, asam kojic, niacinamide dan vitamin C. Beberapa krim pemutih juga mengandung hydroquinone, namun perlu Anda ingat bahwa penggunaan hydroquinone dilarang di beberapa negara karena efek samping yang mungkin ditimbulkan.


Masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu Anda ingat bahwa cara apapun yang Anda pilih, Anda harus melakukan perawatan ini dengan konsisten dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang