Ada tips kesehatan untuk para pelari baru?

Dilihat 626 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Anda harus pastikan diri anda tidak mengalami anemia, jadi itu artinya anda perlu mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi serta vitamin C. Vitamin C membantu tubuh anda dalam penyerapan zat besi. Kalsium juga tak kalah penting untuk anda. Khususnya bagi wanita; pria biasanya tidak memiliki anemia yang disebabkan-olahraga, meski saya pernah melihatnya beberapa kali.

Jika anda seorang vegetarian, maka itu artinya anda perlu makan banyak sayur bayam dan daun-daun lainnya yang berwarna gelap, disertai dengan buah. Coba pertimbangkan salad sayur bayam dengan jeruk mandarin di dalamnya. Juga tambahkan biji wijen dan/atau tahini untuk kalsiumnya.

Jika anda pemakan daging, maka pastikan telur ada dalam menu anda beberapa kali dalam seminggu (setidaknya), serta daging merah untuk beberapa kali dalam seminggu. Tentu saja, jangan berlebihan, tapi beberapa porsi per minggu itu penting. Dan tentu saja makan buah yang banyak.

Yang juga perlu anda perhatikan adalah vitamin B yang cukup. Saya tidak bisa benar-benar menjelaskannya, tapi saya sungguh "merasakan" perbedaannya saat tubuh saya tercukupi vitamin B dengan kekurangan vitamin B. Sepertinya membuat perbedaan yang besar, setidaknya bagi saya seperti itu. Vitamin B banyak ditemui dalam daging dan tanaman polong, namun mereka juga menambahkannya pada tepung dan gandum. Jika anda tidak makan daging, anda akan menghadapi tantangan dalam mencukupi kebutuhan vitamin B, jadi pastikan ia ada dalam radar anda.

Vitamin-vitamin yang larut dalam lemak merupakan antioksidan penting yang akan membantu anda dalam berbagai hal: vitamin A, D, dan E. Jika anda minum susu, biasanya anda bisa memenuhi kebutuhan anda dengan susu dan sayuran. Jika anda tidak minum susu, lebih baik anda melipatgandakan porsi sayurannya dan konsumsi vitamin harian.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang