Aerobic atau Zumba, manakah yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan?

Dilihat 35,9 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Baik aerobik maupun zumba memiliki tujuan yang serupa. Zumba adalah suatu program latihan kebugaran, begitu pula dengan aerobik. Kemiripan dari keduanya mungkin dikarenakan Alberto Perez yang merupakan pencipta dari program Zumba adalah seorang pelatih Aerobik. 


Untuk menjawab pertanyaanmu mengenai yang mana di antara kedua program latihan kebugaran tersebut yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan, di sini saya akan membahas lebih lanjut mengenai keduanya.



ZUMBA VS AEROBIK


Zumba adalah senam bergaya dance layaknya Bachata, Merengue, Salsa, Reggaton, Samba, dan lain-lain yang juga memperkuat otot-otot utama anda. Zumba dancing melibatkan irama dance serta beat dalam musiknya sehingga banyak orang yang menikmati olahraga yang satu ini. Rumus dalam melakukan zumba adalah mengontrol denyut jantung anda. Gerakan zumba akan meningkatkan denyut jantung di satu lagu. Dan di lagu selanjutnya membuat denyutnya normal lagi, dan begitu seterusnya. 


Pada Zumba tidak ada penurunan denyut jantung mendadak, tapi denyut jantung dikontrol dengan teknik tersebut. Zumba dancing adalah aktifitas yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga dapat membuat hati menjadi senang.


tari zumba


Senam aerobik lebih memberikan kekuatan pada otot-otot utama dan selain itu banyak melibatkan kardio dan lebih menambah kekuatan. 


Perbedaan utama aerobik dengan zumba adalah, tak ada gerakan dance di dalam aerobik. Gerakan langkah demi langkah dilakukan di atas lantai atau dengan anak tangga. Musiknya lebih ke arah beat yang cepat, tapi tidak termasuk high low beat, hanya beat cepat yang stabil. Dalam aerobik, denyut jantung anda akan dibawa menuju maksimum dan di akhir saat anda berhenti senam, denyut jantung langsung drop/turun.


senam aerobik


Baca juga : Apa yang akan membantu anda menurunkan lebih banyak berat badan: pergi ke gym atau ikut kelas Zumba?

Berikut adalah beberapa persamaan zumba dan aerobik:


  • Menurunkan berat badan : Baik latihan zumba maupun aerobik akan membuat kamu berkeringat dan keduanya terbukti membantu dalam menurunkan berat badan.
  • Memperluas lingkaran pertemanan : Latihan zumba dan aerobik biasanya dilakukan secara berkelompok. Dengan demikian, kamu memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan dengan orang lain yang juga suka latihan zumba/aerobik.


Perbedaan zumba dan aerobik:


  • Segi Hiburan : Meskipun baik aerobi dan zumba sama - sama menyenangkan, banyak orang yang percaya bahwa zumba dancing jauh lebih menyenangkan. Alasannya adalah karena zumba menggunakan musik Latin sehingga para peserta dapat belajar berbagai bentuk tarian untuk jenis musik ini.
  • Pembentukan otot : Zumba dancing melibatkan tarian yang berarti anda harus menggerakkan tubuh secara terus-menerus sesuai dengan irama musik namun tidak melibatkan seluruh anggota tubuh. Sementara itu, aerobik menggerakkan seluruh bagian tubuh dan juga melibatkan aktivitas angkat beban yang membantu dalam pembentukan otot tubuh. Jika anda ingin membentuk otot tubuh anda, maka aerobik merupakan pilihan yang tepat.

Baca juga : Manakah yang lebih baik, Zumba, Aerobics atau Yoga?



Zumba vs. Aerobik: Mana yang Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan?


Sebelum mulai melakukan suatu program kebugaran, penting untuk mengetahui apa yang anda butuhkan terlebih dahulu. Apakah anda ingin perut yang lebih rata? Paha yang lebih kecil atau ingin membentuk otot? Atau anda hanya ingin mengecilkan sedikit lingkat pinggang anda? Mengetahui tujuan yang ingin anda capai merupakan prioritas utama sebelum anda mulai mendaftar pada kelas aerobik/zumba.


zumba vs aerobik


Jika anda hanya ingin menurunkan berat badan, maka saya menyarankan anda untuk ikut kelas zumba. Saya berhasil menurunkan berat badan dengan Zumba ketimbang aerobik. Saya tidak akan mengatakan bahwa aerobik tidak dapat membantu menurunkan berat badan, tapi berdasarkan pengalaman pribadi saya, senam Zumba lebih efektif salam membantu menurunkan berat badan. Tapi jika anda ingin lebih fokus pada pembentukan tubuh, maka pilihlah aerobik. 


Singkatnya, zumba adalah senam yang fokus pada pembakaran, sedangkan aerobik adalah senam yang fokus pada pembentukan. Pada Zumba, elemen utamanya adalah musik dan anda akan merasa sedang berpesta ketimbang sedang berlatih senam, dan itulah yang dilakukan Zumba. Anda akan ketagihan gerakan-gerakannya dan kegilaannya! Pilih yang anda sukai. Tapi pastikan latihannya harus menjadi rutinitas anda!! Semoga hidup anda sehat!!! Nikmati latihannya! :)  


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang