Akankah Indonesia menjadi lebih baik jika menjadi negara federal?

Dilihat 799 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ada sebagian pakar politik dan tata negara yang berpendapat bahwa Indonesia lebih baik menjadi negara federal saja. Karena dengan sistem pemerintahan federal, kemakmuran dan keadilan sosial akan dapat lebih merata, dirasakan oleh semua lapisan masyarakat dan tidak terpusat serta tidak dimonopoli oleh pemerintahan pusat. Namun, apa sebenarnya sistem pemerintahan negara federal itu sendiri.


Apakah negara federal itu?

Sistem negara federal adalah sistem pemerintahan dengan kekuasaan terdesentralisasi ke daerah-daerah. Ini merupakan pengertian dan ciri umum negara federalDengan demikian pusat memiliki pengaruh yang lebih kecil atas aktivitas ekonomi, sosial dan juga tentunya terkait kebijakan-kebijakan seperti investasi, pengelolaan sumberdaya dan lain sebagainya. Diharapkan dengan sistem ini kemakmuran akan lebih merata, tidak hanya menumpuk di pusat saja.



federal 5



Dengan sistem ini persaingan antara pemerintah daerah atau negara bagian kalau menurut sistem federal akan semakin kondusif. Oleh karena itu kompetisi antara pemda dibutuhkan untuk mencapai pemerintahan yang dapat dipercaya. Ciri-ciri negara federal antara lain terdiri dari pemda-pemda, menjalankan perda terhadap warganya masing-masing. Negara federal membolehkan warga negaranya untuk menjalani hidup sesuai caranya sendiri. Pada masyarakat modern, pilihan sangat banyak dan gaya hidup juga banyak.

Lalu mungkin Anda bertanya-tanya, seandainya Indonesia menjadi negara federal, jika dibandingkan dengan India, apakah Indonesia dapat menyeimbangi PDB India dalam waktu 10 tahun mendatang? Selain itu, jika memang Indonesia menjadi negara federal, maka pemerintah daerah memiliki kebebasan lebih dalam mengatur hal tertentu, termasuk tingkat gaji dan peluang investasi. Jika demikian, apakah hal ini artinya membuka banyak lowongan pekerjaan baru? Jika iya, pekerjaan apa saja yang bisa saya dapatkan di Indonesia yang berubah menganut sistem negara federal seperti itu? Namun sebaiknya Anda bersabar dulu, karena pertanyaan-pertanyaan tersebut masih membutuhkan proses untuk memperoleh jawabannya, karena saat ini Indonesia masih menganut negara kesatuan, yaitu NKRI.


federal 1


Ada lagi yang berpendapat bahwa negara federal adalah negara dengan kekuasaan dibagi pada beberapa negara bagian yang secara bebas mengatur bidang-bidang tertentu. Hal-hal yang tidak bisa dicampuri oleh kekuasaan pusat adalah soal kebudayaan, kesehatan dan penyelenggaraan ekonomi pada tingkat tertentu. Jadi negara federal itu tidak sepenuhnya bebas juga tidak sepenuhnya terikat. Untuk hal-hal seperti hubungan internasional dan pencetakan mata uang, sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah pusat. Di dunia ini ada sejumlah negara yang menganut sistem negara federal. Untuk daftar negara-negara federal di dunia Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di internet. Jadi saya di sini tidak akan mencantumkan daftar tersebut. 



federal 3




Ciri-ciri negara federasi atau federal



Di negara yang menganut sistem federal, kedaulatan dipegang oleh pemerintah federal. Ciri-ciri negara federal antara lain bisa disebutkan sebagai berikut:

  • Kepala negara federal dipilih oleh rakyat dan oleh karena itu bertanggungjawab secara langsung kepada rakyat.
  • Setiap negara di dalam federasi memiliki kekuasaan tapi kedaulatannya tidak bisa disebut sebagai kedaulatan sejati.
  • Kepala negara federal diberi hak veto berdasarkan usulan DPR.
  • Setiap negara di dalam federasi bisa menyusun konstitusi sendiri selama tidak bertentangan dengan pemerintah pusat.


US



Karena negara federal adalah sistem pemerintahan negara yang sangat mengakui kekuasaan regional atau daerah, maka jika diterapkan di Indonesia, keuntungannya adalah pemerataan ekonomi dan kemakmuran lebih cepat terlaksana daripada sistem pemerintahan terpusat pada negara kesatuan. Namun, yang menjadi kekhawatiran banyak pihak adalah apabila Indonesia menerapkan sistem federal maka perpecahan akan terjadi dan memberikan ancaman yang tidak kecil bagi seluruh kesatuan negara Indonesia. Sedangkan Indonesia sendiri sejak awal telah dirumuskan dan ditetapkan menjadi sebuah negara kesatuan, yaitu NKRI. Terkait dengan perpecahan, maka Indonesia harus memiliki angkatan bersenjata yang benar-benar kuat demi menjaga keutuhan negara. Jadi upaya Indonesia untuk meningkatkan angkatan laut dan udaranya menjadi lebih kuat lagi menjadi suatu keharusan untuk menjaga keutuhan negara, baik menganut sistem negara federal maupun negara kesatuan.



indonesia



Keuntungan Menjadi Negara Federal

  • Kegiatan perekonomian, budaya dan sosial politik akan lebih dinamis sehingga berpeluang memberi kemakmuran yang lebih cepat kepada seluruh kawasan.
  • Persaingan antara daerah atau negara bagian akan semakin sehat dan kondusif sehingga turut mendukung stabilitas nasional secara keseluruhan.
  • Pemerataan dan keadilan sosial lebih mudah diwujudkan.

Kerugian Menjadi Negara Federal

  • Apabila diterapkan di Indonesia, kemungkinan disintegrasi yang negatif akan meningkat. 
  • Musuh dari luar akan lebih mudah menyusupi dan mengadu domba karena setiap daerah dipisahkan oleh pulau-pulau dan lautan.

Jadi, berdasarkan ciri-ciri negara federal di atas, bagaimana menurut Anda jika Indonesia menjadi negara federal? Apakah Indonesia lebih bagus menjadi negara kesatuan atau negara federal?

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang