Aku adalah seorang pria remaja dari Indonesia, dan rambutku mulai menjadi putih. Apa yang harus kulakukan untuk menghilangkannya?

Dilihat 579 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Salah satu tanda penuaan pada rambut adalah timbulnya uban. Uban atau rambut putih di kepala adalah salah satu tanda usia sudah mulai tua. Umumnya rambut memutih pada usia 30an, dan pada kebanyakan orang di usia 50an. Sehingga tak jarang kita melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang mewarnai rambutnya sebagai salah satu cara menghilangkan uban. Namun bagaimana dengan fenomena tumbuhnya uban pada seorang yang masih belia?


Tumbuhnya uban pada remaja bahkan anak- anak, dapat disebabkan berbagai  alasan sehingga diperlukan cara mengatasi uban yang tepat. Ada berbagai penyebab yang membuat munculnya uban pada anak-anak. Berikut ini beberapa penyebabnya seperti: kekurangan vitamin B12, ketidakseimbangan hormon , dan menopause dini. Namun bisa juga dikarenakan gaya hidup yang salah seperti merokok, diet yang salah, stres dan metode perawatan rambut yang salah.


Mengatasi uban pada usia belia memang gampang- gampang susah. Anggaplah yang paling gampang adalah dengan menggunakan semir rambut. Padahal kita tahu semir rambut memiliki zat- zat kimia yang kita tidak tahu kandungannya. Salah- salah bukan malah mengatasi uban, namun membuat rambut menjadi kusut, gatal, bercabang, dan rusak.



Cara Menghilangkan Uban Pada Remaja


Berikut beberapa cara menghilangkan uban pada usia muda secara alami yang bertujuan untuk mencegah timbulnya uban baru:


1. Melakukan perawatan rambut alami



Untuk menghindari munculnya uban baru, maka perawatan secara alami adalah wajib. Anda bisa menggunakan bahan- bahan alami untuk dioleskan secara teratur kepada rambut. Seperti: ampas teh, putih telur, yoghurt, kemiri, dan minyak kelapa.


2. Menghindari pewarnaan rambut yang tidak alami



Cat rambut yang bagus ialah cat rambut yang fungsinya tidak hanya untuk mewarnai rambut saja, akan tetapi juga dapat menutrisi rambut sehingga pigmen rambut tidak menjadi rusak.  Jika memang terpaksa menggunakan pewarnaan rambut untuk menutupi uban, usahakan memakai pewarnaan rambut yang alami. Cat rambut yang bagus yaitu pewarna yang menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya saja yang dijual dalam bentuk kemasan seperti henna. Jika Anda ingin membuat sendiri, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan dari lingkungan rumah. Seperti, membuat pewarna rambut sendiri dari teh, bunga sepatu, dan kunyit.



3. Pijat Rambut



Uban yang muncul dapat diatasi dengan teknik pijat. Teknik pijat dapat memperbaiki kinerja ginjal dan paru- paru. Kerja ginjal dan paru- paru yang optimal akan mencegah munculnya uban baru di kepala.



4. Menjaga kebersihan kulit kepala




Ketombe di rambut adalah salah satu penyebab munculnya uban. Sehingga menjaga kebersihan kulit kepala adalah penting. Karena dengan kulit kepala yang bersih, maka rambut pun terhindar dari ketombe. Anda dapat menjaga kebersihan kulit kepala Anda dengan mencuci bersih secara teratur .


Semoga bermanfaat!!


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang