Aku bangun dengan area kulit yang gatal-gatal baru-baru ini. Apa ini bukan hanya karena serangga tempat tidur?

Dilihat 470 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kulit gatal setelah berendam air hangat itu memang menjengkelkan dan memalukan. Gatal-gatal bisa meninggalkan bekas luka yang permanen pada tubuh dan hal itu bisa merusak kulitmu selamanya. Pruritus adalah istilah medis yang digunakan untuk mendeskripsikan rasa gatal-gatal pada kulit. Gatal-gatal setelah mandi bisa terjadi diseluruh tubuh atau bisa dibatasi sampai ke area tertentu saja. Ini beberapa tips dan cara yang berguna yang pastinya bisa membantumu menyelesaikan masalah gatal-gatal kulit ini setelah mandi.

Penyebab-penyebabnya

  1. Mengubah Sabun dan Shampoo
    Mengubah sabun dan shampoo dengan sangat sering itu tidak bagus untuk kulitmu. Bahkan bisa mengiritasi kulit yang tipis. Nyatanya, jangan jatuh kedalam iklan dan mencoba variasi sabun dan shampoo yang baru, apapun tipe kulitmu. Kalau kamu punya masalah kulit, berarti kamu harus tetap memakai sabun yang tradisional, ringan dan bebas bahan kimia.

  2. Iritasi
    Cek kandungan sabun mandi cair, sabun batangan, krim cukur, shampoo dan conditioner yang kamu gunakan saat mandi. Natrium lauril sulfat, bahan kimia yang berasal dari kelapa, yang digunakan di hampir semua produk yang memicu kulit gatal-gatal setelah mandi. Merupakan bahan berbusa. Bahan-bahan kimia yang digunakan pada kosmetik dan peerlengkapan mandi bisa membuat kulit menjadi gatal-gatal dan beruam.

  3. Mandi Air Hangat
    Mandi air hangat biasanya mnyebabkan kulit menjadi sangat kering. Inilah salah satu penyebab utama kulit gatal setelah mandi air hangat.

  4. Air Keras
    Air keras bisa meninggalkan lapisan halus pada kulitmu yang memicu rasa gatal-gatal. Air keras mengandung kalsium yang membuat kulitmu kering dan gatal-gatal.

  5. Makanan Tidak Seimbang
    Makan makanan yang tidak seimbang, kurang akan kandungan elemen nutrisi penting tidak dapat membantu mengembalikan kelembaban kulit. Kulit kering, yang dihasilkan dari nutrisi buruk, sering memicu rasa gatal pada kulit.

  6. Panas yang Sangat Tinggi
    Mandi dengan air hangat langsung setelah kulitmu terkena sinar matahari dapat meningkatkan kekeringan kulitmu. Ini bisa menyebabkan kegatalan pada seluruh tubuhmu. Kamu akan merasa gelisah karena peningkatan rasa gatal tersebut.

  7. Alergi
    Kulitmu mungkin alergi terhadap produk tertentu. Ketika kulitmu terkena kontak dengan alergennya, rasa gatal akan terpicu. Mungkin akan berakhir setelah beberapa menit atau beberapa jam. Bahan kimia yang digunakan pada kain di handuk atau sprei juga bisa menyebabkan dan meningkatkan alergi dan akhirnya diikuti dengan rasa gatal pada kulit.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang