Saya berusia 14 tahun. Apakah ada kemungkinan bagi saya untuk mengalami diabetes? Apa saja gejalanya?

Dilihat 1,48 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Banyak orang mengabaikan gaya hidup sehat, sehingga seringkali hal tersebut menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan. Berbagai penyakit tersebut muncul dengan berbagai macam faktor dan salah satu faktor penyebabnya adalah karena asupan makanan yang tidak seimbang atau berlebihan. Memang segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan bagus bagi kesehatan tubuh. Karena pada intinya, semua makanan yang hendak dimasukkan ke dalam tubuh seharusnya di kontrol serta dijaga jumlah atau kuantitasnya.

Salah satu asupan makanan yang harus kita kontrol dan dijaga saat mengkonsumsinya yaitu gula. Meskipun gula merupakan sumber energi yang sangat diperlukan oleh tubuh dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak, akan tetapi mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat sangat merugikan bagi kesehatan

Konsumsi gula berlebih dapat membuat seseorang menderita penyakit gula atau dalam istilah lain juga disebut dengan penyakit diabetes. Penyakit diabetes atau gula merupakan salah satu penyakit yang menyerang tubuh manusia yang kerap dialami oleh banyak orang berapapun usianya. Penyebab penyakit tersebut antara lain dari faktor keturunan dan juga kebiasaan hidup sehari-hari yang mungkin kurang seimbang.

Nah, jadi apa sih sebenarnya penyakit diabetes itu? Bagaimana gejala diabetes? Mungkin pertanyaan tersebut sering muncul di benak anda. Jadi ikuti terus sampai habis ya, di sini saya akan mengulas secara singkat tentang penyakit diabetes dan gejalanya. Mari kita simak :)


Apa itu Diabetes?

Penyakit diabetes yang dikenal juga sebagai penyakit kencing manis adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.


Tipe Diabetes

Ada 2 jenis tipe utama dalam Diabetes yaitu:

  • Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 yaitu suatu keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya.

Penyebab kurangnya produksi insulin oleh pankreas pada penderita diabetes tipe 1 belum diketahui sampai saat ini sehingga belum bisa disimpulkan bagaimana cara mencegahnya. Diabetes tipe ini dapat timbul pada usia berapa pun, umumnya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun, khususnya anak-anak. Terkadang dikenal dengan istilah diabetes ‘remaja’ .

Diabetes tipe 1 (ketergantungan insulin) merupakan tipe diabetes yang relatif jarang terjadi, namun jika anda menunjukkan gejala-gelaja maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. 

Pada diabetes tipe 1, seandainya anda memilikinya berarti anda telah terjebak di dalamnya dan anda harus belajar bagaimana mengelola kondisi jangka panjang untuk diri anda.


        


  • Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga. Akan tetapi sekarang jumlah penderita diabetes tipe 2 pada anak-anak juga mulai meningkat.

Diabetes tipe 2 lebih sering terjadi, terutama pada orang-orang yang banyak sekali mengkonsumsi gula atau karbohidrat dalam pola makannya (seperti minuman bersoda, coklat, keripik kentang dan lainnya) 

Hal ini terjadi pada diri saya, dimana tahun lalu saya tidak terlalu memperhatikan pola makan. Berat badan saya menjadi berlebih akibat saya tidak mengatur pola makan saya tersebut,. Saat itu saya makan hanya untuk kepuasan dan kemudahan. Saya mulai menyadari gejala-gejalanya setelah beberapa minggu dan langsung memeriksakan diri.

Sejak saat itu saya mulai merubah pola makan saya, berolah raga secara teratur hingga akhirnya berat badan saya berkurang sekitar 18 kg, dan menjadi lebih sehat.

Walaupun begitu, diabetes tipe 2 selalu mengintai. Terlalu memanjakan diri, malas, serta rendahnya penghargaan terhadap diri sendiri bisa berujung pada kembalinya kebiasaan lama dan semua resikonya. Karena pada diabetes tipe 2, ada hal yang dapat dipilih, dalam arti walaupun diabetes tidak dapat sembuh, tetapi gula darah dapat dikontrol dalam batas normal.




Gejala Diabetes

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan banyak penderita diabetes tipe 2 yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

  • Sering merasa haus.
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Rasa lapar yang ekstrem.
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Berkurangnya massa otot.
  • Terdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.
  • Kelelahan. 
  • Pandangan yang kabur. 
  • Luka yang lama sembuh. 
  • Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih. 

Apabila anda mengalami gejala diabetes tersebut, segera periksakan diri anda ke dokter. Pendeteksian sedini mungkin memungkinkan kita untuk mencegah bertambah parahnya kondisi diabetes kita.


Itulah penjelasan singkat mengenai penyakit diabetes serta gejalanya. Menderita diabetes bukan berarti menghentikan anda untuk melakukan hal-hal yang anda inginkan - diabetis bukan berarti cacat - (bahkan di Amerika terdapat kelompok bersepeda yang terdiri dari penderita diabetes) akan tetapi, dibetes merupakan kondisi serius  dimana dibutuhkan proses adaptasi agar penderita tetap selalu sehat.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang