Aku ingin membakar semua lemak yang ada di tubuhku. Kalau aku tidak menggunakan beban lagi dan mulai melakukan kardio saja, apa yang akan terjadi?

Dilihat 403 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

mengurangi lemak


Memilik lemak yang berlebih pada tubuh itu bisa membuat kita merasa tidak percaya diri, bukan? Karena itulah kita berusaha keras entah bagaimanapun caranya untuk membakar lemak tubuh tersebut. Lemak tubuh yang berlebih ini akan membuat tubuh kita berat dan bentuknya tidak ideal. Selain itu, kelebihan lemak adalah salah satu faktor yang menyebabkan banyak penyakit. 

Banyak cara yang kita lakukan tapi tidak berhasil, seperti diet makan, angkat beban, dll. Tapi, bagaimana kalau Anda mulai melakukan latihan kardio hari ini? Apa sih kardio itu?

Kardio adalah salah satu cara untuk memberikan kebugaran pada tubuh. Latihan kardio juga dikenal dengan nama aerobik. Untuk melakukannya pun tidak mahal.

Olahraga membakar lemak tubuh dengan kardio merupakan salah satu cara yang simpel, tapi apa saja sih yang sebenarnya terjadi saat kita melakukan kardio? Baca terus, ya! ^^


Nutrisi


menghilangkan lemak dengan cepat


Anda perlu tahu ini:

Nutrisi adalah hal yang paling penting dalam kebugaran, terutama dalam rutinitas pembakaran lemak. 

Jika Anda ingin membakar lemak. Anda harus mengurangi konsumsi kalori. Baik itu lari, berenang maupun powerlifting, jika Anda mengkonsumsi kalori lebih dari yang Anda bakar, Anda tidak akan mengurangi porsi lemak pada tubuh. Saran terbaik yang bisa saya berikan adalah seperti pada gambar: Makanlah dengan cukup, terutama sayuran. 


Peran Olahraga dalam Menghilangkan Lemak

Menjaga nutrisi yang Anda makan adalah kunci untuk mengurangi berat badan secara umum (dan juga lemak). Namun bagaimana olahraga bisa membantu?


Apa yang Terjadi Saat Anda Berolahraga? 

Saat Anda mulai berolahraga, apapun itu, tubuh Anda menggunakan berbagai macam sistem energi yang berbeda dan mengeluarkan sejumlah hormon. Angkat beban pada umumnya menggunakan energi via sistem anaerobik.dan menghasilkan ATP, ATP-CP, serta glikolisis anaerobik. Sistem ini digunakan untuk menghasilkan energi secara cepat dan bukan efisiensinya. ATP akan membuat Anda bertahan selama 10 detik. ATP-CP akan memberikan ekstra 10-20 detik, dan glikolisis anaerobik akan bekerja selama beberapa menit. Jika dikombinasikan, siklus Cori akan berjalan dan mengunakan laktase yang dihasilkan dari pembakaran tersebut, serta menghasilkan glukosa. Dengan kata lain, siklus ini akan justru memakan energi lebih. [Untuk detail nya lihat Apa yang terjadi pada tubuh Anda selama dan setelah berlari?

Saat Anda mengangkat beban, tubuh Anda mengeluarkan hormon pertumbuhan dan mengatur tubuh Anda untuk berada pada keadaan anabolik, atau tahap pembangunan selama beberapa jam setelah latihan tersebut. Pada waktu ini, tubuh akan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada saat Anda mengangkat beban. Tubuh akan menjadi lebih sensitif terhadap insulin sehingga penyerapan gizi pada tingkat sel meningkat dan mengurangi akumulasi trigliserida pada lemak. 


minuman untuk diet


Satu pon otot membakar 6 kalori setiap harinya saat istirahat, Mungkin ini tidak terlihat banyak, namun satu pon lemak hanya membakar 2 kalori. Dengan menambah massa otot, Anda akan membakar energi yang lebih banyak dari sebelumnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang Anda butuhkan untuk membangun kembali otot Anda, tubuh akan mulai menggunakan lemak untuk menggantikan persediaan glikogen melalui proses neoglukogenesis (dimana lemak akan diubah menjadi glukosa). Kemungkinan lainnya ialah tubuh Anda akan menggunakan lemak sebagai energi melalui proses ketosis. Sebenarnya angkat beban tidak membakar banyak kalori. Manfaatnya justru terletak pada proses selanjutnya. Jangan berharap untuk menurunkan berat badan dengan angkat beban, melainkan untuk membakar lemak dan membangun otot yang sehat, terutama jika Anda makan dengan benar dan sehat. 


Bagaimana dengan Kardio? 

Perbedaan utama pada kardio dan angkat beban adalah durasi dan intensitas dari gaya yang dikeluarkan. Pada umumnya, kardio bersifat kurang intens dari segi resistensi, tapi Anda akan menggunakan waktu yang lebih lama dari angkat beban. Angkat beban pada umumnya hanya memakan waktu 20-45 menit setiap latihannya. Dengan kardio, waktu yang Anda luangkan akan digunakan seutuhnya, 


metode kardio


Interaksi Sistem Energi

Yang dimaksud dengan istilah ini adalah waktu dimana sistem aerobik mulai bekerja. Setelah beberapa menit, sistem anaerobik yang kurang efektif akan melambat dan digantikan oleh sistem aerobik. Sistem aerobik bergantung pada ketersediaan oksigen untuk menghasilkan ATP. Energi yang dihasilkan bisa 16 kali lebih besar dari kondisi tanpa oksigen. Kendati begitu, faktor yang menjadi pembatas ialah proses pendistribusian oksigen ke sel-sel tubuh. Dengan melakukan kardio, jantung Anda menjadi lebih kuat, pembuluh darah Anda juga menjadi lebih kuat, Anda akan memproduksi lebih banyak pembuluh kapiler dan alveoli, serta tubuh Anda akan beradaptasi untuk mengangkut lebih banyak oksigen ke sel tubuh. 

Semakin lama Anda berlari, tubuh Anda akan menggunakan persediaan lemak sebagai bahan bakar. Setelah 2-3 jam, tubuh Anda akan bergantung secara total pada lemak untuk energi. Pada titik ini, Anda akan merasa kelelahan. Proses menggunakan lemak untuk energi akan menjadi lebih susah, sehingga energi yang tersedia menjadi lebih sedikit. Tubuh Anda perlu mempertahankan tingkat gula darah jadi pada saat ini, kapasitas tubuh Anda akan mulai menurun. Kardio membantu Anda untuk membakar kalori dalam jangka waktu pendek. Kalori bisa didapatkan dari bagian tubuh manapun, baik itu gula daran, persediaan glikogen, persediaan lemak, asam amnio, atau bahkan otot, meskipun kecil kemungkinanannya (kecuali Anda melakukan kardio terus menerus). 

Masalah utama dari kardio ialah respon dari kortisol saat berolahraga. Hal ini juga ditemukan pada angkat beban, namun hanya bersifat untuk meringankan inflamasi pada otot dan hanya terbatas. Beda halnya dengan berlari, dimana efek ini lebih ditunjukkan. Pada berlari, efek ini terjadi saat tingkat gula darah Anda rendah. Tubuh Anda akan melepaskan insulin, glukagon, dan kortisol. Insulin bertugas untuk memberikan asupan gula pada otot, glukagon mengaktivasi sel lemak untuk menyediakan bahan bakar, sedangkan kortisol akan mengangkut asam amino ke liver untuk produksi energi. Untuk mencegah kortisol membebani otot, minumlah minuman mengandung karbohidrat saat berolahraga. Pada angkat beban, hal ini akan membantu mengoptimalkan pembakaran lemak serta pembentukkan otot.


membakar lemak tubuh dengan kardio

Atau jika Anda hanya ingin fokus pada mengurangi porsi lemak, Anda bisa minum air dan membakar lemak lebih banyak. Namun Anda tidak akan membentuk otot secara signifikan. Olahraga membakar lemak tubuh dengan kardio sebenarnya tidak cukup ampuh. Karena kardio adalah latihan yang tidak banyak menggunakan otot kecuali Anda melakukannya secara berlebihan dan tidak makan dengan cukup. Melakukan keduanya adalah cara yang ideal, lebih baik angkat beban dahulu, lalu kardio. 

Intinya, semua ini tergantung dari nutrisi yang anda konsumsi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi karbohidrat dan protein setelah berolahraga. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat, dan makanlah dengan porsi yang lebih kecil untuk menghilangkan lemak. Kurangi porsi Anda, dan fokuskan pada sayuran. 


Baca juga:
Latihan Kardio Terbaik - Galena
Tips dan Trik Kardio untuk Hasil yang Baik - Galena

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang