Apa saja alat kesehatan tercanggih dan terbaru saat ini?

Dilihat 854 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kita mungkin merasa tercegang akan kemajuan teknologi yang semakin maju dan canggih. Bahkan sekarang semua aspek kehidupan manusia selalu dipenuhi dan dibantu dengan beberapa alat teknologi yang modern. Hal ini tentu membuat pekerjaan manusia menjadi lebih praktis dan mudah. 


Jika dibandingkan dengan berbagai sistem tradisional yang lebih banyak memakan waktu dan tenaga, sekarang dengan berbagai alat berbasis teknologi kita bisa menghemat waktu dan juga tenaga. 


Kemajuan teknologi juga terlihat dalam bidang kedokteran karena sekarang tenaga medis telah dibantu dengan berbagai teknologi alat kesehatan yang lebih efektif dan bisa bekerja secara akurat. 


Bahkan salah satunya bisa mendeteksi penyakit pasien hanya dengan menangkap sensor dari tubuh pasien. Ada juga beberapa teknologi kesehatan yang bisa mendeteksi jenis penyakit kulit, termasuk kanker kulit.


Teknologi alat kesehatan


Perkembangan Alat Kesehatan di Indonesia


Alat kesehatan dalam dunia medis memang dianggap sebagai regulator utama dalam bidang kesehatan. Hal ini karena alat kesehatan menyangkut keselamatan dan kesehatan orang banyak. Untuk itu, perkembangan alat kesehatan medis sangat erat hubungannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju saat ini. 


Di zaman modern ini semua aspek kehidupan manusia dipenuhi dengan berbagai kemajuan teknologi yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar lebih praktis dan efisien. 


Begitu juga dengan alat kesehatan yang terus berkembang dan hingga kini selalu saja ada penemuan alat kesehatan berbasis teknologi terbaru yang diciptakan oleh orang-orang ahli dibidangnya. 


Ini merujuk pada manfaat teknologi yang juga berpengaruh pada berbagai macam alat kesehatan dalam bidang medis dengan harapan agar dunia medis bisa lebih efisien dalam hal menyelamatkan dan merawat pasiennya. 


Inovasi alat kesehatan ciptaan generasi Indonesia


Sama halnya dengan negara lain, Indonesia juga sudah melakukan beberapa upaya untuk pengembangan kesehatan berbasis teknologi. Beberapa ahli yang merupakan warga negara Indonesia juga sudah mampu menyumbangkan penemuannya dalam bidang teknologi kesehatan. 


Hal ini didukung dengan prestasi Indonesia yang meduduki peringkat ke-46 dalam kemajuan teknologi di tahun 2012. Salah satu inovasi alat kesehatan terbaik diciptakan oleh tiga mahasiswa ITB yang menciptakan sebuah alat pegirim sinyal otak untuk menggerakkan sebuah robot tangan. 


Alat ini sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita stroke yang tidak bisa menggerakkan jaringan tubuhnya. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan sebagai alat yang bisa membantu pasien yang menderita lumpuh total sebagai sarana komunikasinya. 


Kecanggihan alat kesehatan kini


Alat Kesehatan Tercanggih


Kita bisa membayangkan, di Indonesia yang merupakan sebuah negara berkembang saja, sudah banyak para generasinya yang mulai menciptakan berbagai macam alat kesehatan berbasis teknologi yang sangat bermanfaat. Apalagi negara lainnya yang memang sudah lebih dulu unggul dalam hal mencipatakan inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi kesehatan.

 

Bahkan saat ini, banyak sekali alat kedokteran yang inovatif yang sering digabungkan dengan teknologi smartphone sehingga memungkinkan tenaga medis bisa memantau kesehatan pasien dari jarak jauh sekalipun. 


Alat kesehatan MelaFind


Berikut ini adalah beberapa alat kesehatan yang sedang ramai diperbincangkan karena kecanggihannya:

1. MelaFind


MelaFind adalah alat kesehatan berupa scanner yang bisa mendeteksi kanker kulit dengan bantuan gelombang elektromagnetik. 


Alat ini bisa membedakan jenis penyakit kulit seperti membedakan mana tahi lalat yang berbahaya atau melanoma yaitu sejenis kanker kulit yang menyerupai tahi lalat, dengan tahi lalat yang tidak berbahaya. Pemeriksaan melanoma ini biasanya menggunakan sample jaringan atau sering disebut dengen pemeriksaan biopsi. 


Teknologi ini diciptakan mengingat melanoma atau kanker kulit kini banyak diderita masyarakat di dunia. Walaupun fakta menunjukkan bahwa penyakit kulit dan melanoma menunjukkan angka kematian yang rendah namun tetap kita harus waspada dengan penyakit ini. 


MelaFind ini memanfaatkan teknologi fotografi dengan berbagai jenis panjang gelombang elektromagnetik. Kemudian data yang diperoleh dari pemeriksaan akan dicocokkan dengan database melanoma yang telah tersedia. 



2. Aspirin Elektrik


Aspirin adalah obat yang bisa meredakan sakit kepala atau migrain. Kini telah hadir jenis aspirin yang berupa elektrik sebagai perkembangan perangkat kesehatan canggih yang mampu mengatasi rasa sakit yang diakibatkan oleh rasa sakit kepala ataupun migrain. 


Aspirin elektrik ini berbentuk seperti pemancar sinyal listrik yang berukuran kecil yang digunakan dengan cara diimplankan pada karnial atau tengkorak pasien. Alat ini bekerja dengan memancarkan impuls listrik yang akan memblokir sinyal sakit kepala yang dipancarkan oleh sistem syaraf yang disebut dengan sphenopalatine ganglion (SPG).


Alat check up RoboDoc

3. RoboDoc 


RoboDoc adalah teknologi alat kesehatan canggih berupa robot yang mampu melakukan check up atau mendeteksi kesehatan pasien. Alat kesehatan canggih ini dikembangkan oleh dua perusahaan iRobot Corp yang merupakan perusahaan robotik InTouch Health. 


RoboDoc ini diberi nama RP-VITA Remote Presence Robot. Alat ini memiliki kemampuan untuk memonitor indikator vitalitas pasien dalam waktu singkat dengan tanpa gangguan (intervensi) yang akan sangat berguna jika kondisi rumah sakit dalam keadaan penuh. 



4. Plester Anti Diabetes


Tes darah secara berkala memang sangat penting bagi penderita diabetes melitus atau kencing manis untuk mengontrol kadar glukosa dan gula darahnya. Dalam melakukan tes terkadang penderita diabetes diselimuti oleh ketakutan akan terinfeksi berbagai jenis virus dan mikroba, sehingga tes darah harus dilakukan dengan hati-hati. 


Sebuah perusahaan penyedia alat-alat kesehatan telah menciptakan sebuah inovasi untuk masalah ini, yaitu dengan menciptakan sebuah plester anti diabetes. Plester tersebut bisa ditempelkan pada kulit pasien kemudian biosensornya akan mendeteksi perubahan biokimiawi pada kulit akibat fluktuasi kadar gula darah. 


Informasi tersebut dikirimkan secara nirkabel pada monitor khusus untuk menyampaikan hasil analisis alat canggih ini. 

Kini, anda tidak perlu lagi berkorban membuka luka baru untuk melakukan tes darah.


Kateter sapiens untuk membantu operasi jantung

5. Kateter Sapiens 


Alat ini digunakan sebagai alat operasi dan tambal katup jantung. Alat ini sangat berguna dalam melakukan proses operasi jantung dan pemasangan katup jantung pada pasien dalam kondisi darurat dimana pasien tidak mampu melewati fase rigor saat operasi. 


Alat ini juga disebut sebagai alat yang bisa mengurangi angka kematian pasien penderita gangguan jantung untuk dapat bertahan saat menjalani operasi. Kateter Sapiens bekerja dengan cara memasangkan katup jantung melalui arteri femoral menuju katup jantung pasien yang rusak dan menambalnya dengan sempurna. 



6. Operasi Bariatrik


Operasi Bariatrik adalah operasi yang bertujuan untuk menurunkan berat badan pada penderita obesitas. Operasi ini dinilai sebagai inovasi terbaik karena bukan hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga bisa mengontrol gejala diabetes tipe 2 yang banyak dialami oleh orang obesitas. Selama bertahun-tahun operasi ini berhasil menyingkirkan obesitas dan mengurangi resiko gejala awal diabetes tipe 2


Operasi Bariatrik banyak dilakukan di Amerika Serikat untuk mengatasi masalah peningkatan penderita diabetes yang saat ini meningkat sebanyak 3 kali lipat terutama diabetes tipe 2. 


-


Itulah beberapa teknologi alat kesehatan yang kini mulai mendominasi peralatan medis untuk lebih mengefisienkan kinerja dokter untuk keselamatan dan kesehatan pasien. Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia medis kini membutuhkan inovasi alat kesehatan canggih yang merupakan pengaruh dari perkembangan teknologi. Inovasi teknologi pada alat kesehatan merupakan suatu bentuk kemajuan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. 


Apalagi di negera berkembang seperti Indonesia, kemajuan peralatan medis merupakan ujung tombak untuk membangun Indonesia menjadi lebih sejahtera dan sehat. Teknologi kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam kepentingan orang banyak, terutama dalam hal meningkatkan daya saing kita khususnya untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam bidang kesehatan. 


Semoga para generasi bangsa bisa terus menghasilkan teknologi terbaru dan menyumbangkan peranannya dalam menciptakan alat kesehatan canggih demi kepentingan manusia. 

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang