Aku memiliki ketombe, kulit merah yang gatal, kejang usus, dan masalah pencernaan. Apa yang menjadi masalahku dan bagaimana aku bisa menyembuhkan penyakit-penyakit ini?

Dilihat 522 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dimana kamu tinggal, etnisitas, umur? "Masalah pencernaan" dan kejang usus, apa maksudmu? Kram, gas, perut kembung, kram di perutmu, diare tak berdarah dalam waktu 2 jam setelah makan tanpa kehilangan berat badan? Kalau begitu, pertimbangkan memiliki ketidaktoleran terhadap laktosa, yang mempengaruhi >90% Asian, Amerika Asli, >70% Latin dan orang berkulit Hitam, tapi hanya 5 sampai 20% Kaukasus (walaupun 80%nya di pertengahan Itali). Kalau doktermu itu orang Kaukasus, mungkin dia belum berpikir tentang itu. Aku sebagai orang Asia memilikinya sendiri, dan didiagnosa dengan banyak pasien dimana dokter "putih" mereka tidak berpikir tentang diagnosa tersebut terutama karena di Belanda hanya 0.5 sampai 1% populasi berkulit putih yang memilikinya, jadi mereka tidak begitu kenal dengan masalahnya.

Lakukan tes toleransi laktosa sendiri: coba minum 4 gelas susu asli (bukan yang almond, kedelai, nasi) dan lihat kalau gejala yang kusebutkan diatas terjadi apa tidak, kalau terjadi, kamu mempunyai ketidaktoleransian terhadap Laktosa dan perlu makan makanan yang rendah kandungan laktosanya, lihat Diet Rendah Laktosa - Petunjuk Perawatan. Beberapa orang mendapatkan keuntungan dari mengkonsumsi banyak Laktase yang dikandung dalam tablem yang bisa kamu beli di konter klinik dengan makanan yang mengandung beberapa laktosa (semua produk susu kecuali keju keras dan yogurt, jangan lupa kue, susu dalam kopi dan teh, dan juga banyak daging yang diproses seperti sosis [baca labelnya]) kamu harus hindari.

Atau kamu mengalami sembelit? Kalau kamu mengkonsumsi 2 sampai 4 sendul penuh biji rami/benih lenan, campur dengan yogurt atau jus buah, bahkan air, aduk dan minum, jangan lupa minum paling tidak 2 liter air supaya kotoranmu tetap halus. Memiliki kotoran yang lebih halus sering kali akan "menyembuhkan" penyakitmu.

Ketombe tidak ada hubungannya dengan yang lain itu, kulit merah yang gatal kalau sudah dilihat dan dinyatakan biasa saja oleh dematologis bisa menjadi bagian dari itu, kamu bisa beli shampoo anti-ketombe di toko obat. Aku hanya tahu kondisi kulit yang agak langka, yaitu memiliki  lepuhan dan kemerahan, yang disebut sebagai Dematitis herpetiformis yang sering ditemukan pada orang-orang dengan penyakit celiac, coba lihat http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/celiac-disease/basics/definition/con-20030410 untuk tes darah mana yang ada. Kalau kamu sudah putus asa, minta doktermu melakukan tes untuk itu, tapi pertama-tama konsultasikan dengan dermatologis kalau kulitmu memperlihatkan masalah seperti yang kusebutkan diatas. Terakhir, orang-orang memiliki gejala ang tidak berhubungan disaat yang bersamaan bisa dikarenakan masalah emosional, sering kali dengan tegas dibantah, tapi sering juga terlihat.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang