Saya ingin menjual Honda CBR 150 dan membeli All New Apache 200 4V, apakah itu ide yang bagus?

Dilihat 1,67 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Membeli sepeda motor memang membutuhkan banyak pertimbangan dan persiapan. Baik ketika membeli sepeda motor baru ataupun bekas. Mencari tahu mengenai motor apa yang bagus dan memiliki kualitas yang sangat baik akan sangat berguna karena akan memberikan anda masukkan mengenai motor yang ingin anda beli, misalnya kenyamanan ketika menikung, suara yang dihasilkan atau akselerasi awalnya.

Pertimbangkan kebutuhan anda saat akan membeli sepeda motor, untuk apa dan mengapa anda ingin membelinya. Apakah anda akan berkendara menembus kemacetan setiap hari? Atau mungkin anda akan riding jarak jauh menuju lokasi beraktivitas? 

Saat anda ingin membeli motor yang anda sukai janganlah terlalu bernapsu. Biasanya rasa ini akan hinggap di dalam benak orang-orang yang terlalu gembira saat akan membeli sepeda motor. Memang wajar kalau anda jatuh cinta kepada motor yang akan anda beli, namun disarankan untuk membaca berbagai literatur dan mempertimbangkan semua faktor. Seperti faktor ekonomis, kepraktisan, performanya, kenyamanan, hingga layanan purna jual. Karena pembelian sepeda motor akan cukup menguras tabungan anda, jadi tidak ada salahnya jika mengumpulkan informasi tersebut sebelum membeli

Nah untuk menjawab pertanyaan diatas, apakah keputusan anda untuk mengganti Honda CBR 150 dengan All new apache 200 4v adalah ide yang bagus, lebih baik lihat terlebih dahulu perbandingan antara kedua motor tersebut. Dijamin setelah membaca artikel ini, anda tidak akan ragu lagi untuk mengambil keputusan. Yuk, terus gulir kebawah dan baca sampai selesai!


Honda CBR 150


Bagi para pencinta motor sport, Honda CBR 150 dianggap sebagai motor sport yang ekonomis. Sebutan tersebut memang sesuai ditujukan oleh motor sport pabrikan Honda ini, karena CBR 150 memang dibanderol dengan nominal harga yang terbilang terjangkau, yaitu berkisar antara 25 juta hingga 30 jutaan rupiah, tergantung pada tipe atau jenis yang dimilikinya. Namun, nominal harga tersebut sesuai dengan kualitas, spesifikasi dan kemampuan yang dimiliki oleh motor ini.

Adapun sepesifikasi Motor Honda CBR 150 yaitu :

  • Mengusung dimensi panjang 1.992 mm x lebar 711 mm x tinggi 1.117 mm. Dengan ukuran yang lebih panjang dan lebih tinggi membuat tampilannya menjadi semakin terlihat begitu menawan dan sporty.
  •  Dilengkapi dengan rangka jenis Diamond Truss Frame
  • Untuk suspensi bagian belakang telah dilengkapi dengan suspensi tunggal Monoshock yang memiliki sistem Suspensi Pro-Link
  • Untuk suspensi bagian depan dilengkapi dengan suspensi teleskopik.
  • Performa motor ini telah dipercayakan dengan senjata mesin berkapasitas 148,5 cc yang sudah dilengkapi dengan teknologi DOHC, 4 tak, 4 katup bersilinder tunggal dan memiliki sistem pendingin cairan. Dengan adanya senjata mesin tersebut, motor ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 12,6 KW dalam putaran 10.500 rpm dan mampu menghasilkan torsi maksimal hingga 13 Nm dalam putaran 7.500 rpm. 

(baca: Modifkasi apa yang cocok untuk Motor CBR-150R?) 


All New Apache 200 4v


TVS Apache RTR 200 4V sendiri dihadirkan untuk segmentasi motor sport entry level 150-200cc. Motor sport dengan konsep naked street fighter ini menawarkan mesin powerful dan tenaga yang cukup gahar.

Harga TVS Apache RTR 200 4V sendiri pun bisa di bilang cukup terjangkau bila di lihat dari kelasnya. Harga TVS Apache RTR 200 4V yang mencapai 20 jutaan, memang tak terlepas dari adanya beragam teknologi mumpuni dan menarik yang di sematkan pabrikan motor India ini didalamnya. Apalagi dengan membawa lekuk tubuh yang lebih sporty dan lebih aggresive motor street fighter ini juga sudah di lengkapi dengan beberapa teknologi mesin terbar dengan kapasitas 200 cc yang setidaknya jauh lebih mampu memberikan tenaga yang cukup tinggi

Setara dengan harga TVS Apache RTR 200 4V yang cukup tinggi, pada sisi tampang kendaraan terbaru dari TVS ini patut kita acungi jempol, pasalnya motor ini memiliki spesifikasi sebgai berikut:

  • Dibuat menggunakan rangka yang kokoh dan kuat dengan membawa panjang 2050 mm, lebar 790 mm serta tinggi 1015 mm, membuat motor yang satu ini datang dengan bobot yang cukup berat karena mencapai 148,5 kg. Meski demikian tampang agresif yang di milikinya akan semakin tampil dengan hadirnya Beast-Headlamps yang dibuat dengan tampang yang lebih elegan dari generasi Apache sebelumnya
  •  Motor ini sudah dibekali sebuah mesin berteknologi SOHC 197,75 cc dengan satu silinder empat katup, dan sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi dari BOSCH
  • Hadirnya mesin bertenaga yang dibuat dengan kemampuan menghasilkan power hingga 20,23 PS pada 8.500 rpm dan torsi 18,1 Nm pada 7.000 rpm. Kemampuan inilah yang patut untuk kita coba disaat mengenakan motor TVS baru ini 

Perbedaan CBR 150 R dan Apache 200

Secara garis besar perbedaan Honda CBR 150R dengan Apache 200 yaitu :  

  • Ada perbedaan tenaga sebanyak 3.2hp antara motor CBR 150R dan motor Apache 200.
  • Torsi yang selisih jauh, Torsi CBR 150R: 13.x Nm sedangkan Torsi Apache 200: 18.x Nm.
  • Motor CBR 150R mengusung mesin DOHC 4 katup sedangkan RTR 200 mengusung mesin SOHC 4 katup 

Karena perbedaan tenaga dan selisih torsi yang jauh antara CBR 150 dan Apache 200, jadi dapat disimpulkan memang motor CBR 150 sedikit kurang bertenaga ketika anda memuntir throttle (gas spontan) dengan mendadak, dan pastinya ya, motor RTR 200 lebih baik dalam hal ini. 

Selain itu motor CBR 150R mengusung mesin DOHC 4 katup dengan power-band lebar, dimana untuk mendapatkan akselerasi maksimal anda harus memicu kendaraan anda sampai dengan lebih dari 8000RPM. Mungkin jika anda berkendara didaerah perkotaan, maka pilihan power-band seperti ini rasanya kurang cocok, lebih baik menggunakan motor Apache RTR 200. 

Motor CBR 150R didesain untuk digunakan pada jalan yang bebas hambatan seperti jalanan yang memanjakan trek lurus atau sirkuit balap, dimana anda bisa mencapai rentang RPM tertinggi dengan mudah.

         


Itulah sedikit gambaran yang bisa saya berikan, semoga anda dapat mempertimbangkannya. Sekali lagi, sebelum membeli pertimbangkan dahulu apa kebutuhan anda sebenarnya. Jadi saat mengambil keputusan, pilihlah motor mana yang benar-benar nyaman untuk anda dan juga benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda. Dan tentu saja dengan berpikir matang sebelum memutuskan dijamin tidak ada penyesalan di kemudian hari. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang