Aku mengalami demam tipes selama 15 hari. Aku telah mengonsumsi obat dan aku masih memiliki gejala tipesnya. Apa yang harus aku lakukan sekarang?

Dilihat 512 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Penyakit tipes tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tipes adalah penyakit yang umum terjadi di negara berkembang seperti Indonesia. Meskipun bukan tergolong penyakit mematikan, namun jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi pada usus yang akan berakibat fatal. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gejala tipes serta cara menanganinya.


Penyebab Tipes

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri ini masuk ke dalam usus melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dan kemudian berkembang di saluran pencernaan. Di negara berkembang seperti Indonesia, biasanya bakteri Salmonella Typhi menyebar melalui air yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut. Selain itu, jika seseorang yang sudah terinfeksi bakteri ini menyentuh atau mengolah makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, orang lain yang mengkonsumsi makanan tersebut juga dapat terinfeksi.

penularan tipes


Beberapa situasi juga dapat menyebabkan terjadinya penyebaran penyakit tipes. Mengkonsumsi makanan laut dari air yang terkontaminasi tinja atau urin yang terinfeksi atau mengkonsumsi sayuran yang menggunakan pupuk yang terdiri dari kotoran manusia yang sudah terinfeksi juga dapat menyebabkan penyakit tipes. Selain itu, jika kamu menggunakan toilet yang terinfeksi bakteri kemudian kamu menyentuh mulut sebelum mencuci tangan, maka kamu juga dapat terkenan penyakit tipes. Oleh mencuci tangan setelah buang air merupakan hal yang sangat penting.


Gejala-gejala Tipes

Seseorang yang telah terinfeksi bakteri Salmonella Thyphi akan mulai menunjukkan beberapa gejala tipes. Biasanya masa inkubasi bakteri ini adalah 7-14 hari. Namun terkadang bisa juga hanya 3 hari atau justru sebaliknya, bisa mencapai 30 hari. Setelah masa tersebut, orang yang terinfeksi akan mulai mengalami gejala-gejala tipes.

Berikut adalah beberapa gejala tipes yang umum terjadi setelah kamu mulai terinfeksi :

  • Demam
  • Sakit kepala 
  • Nyeri otot
  • Sakit perut
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kelelahan
  • Sering berkeringat
  • Penurunan berat badan

Gejala tipes sendiri dapat mengalami perkembangan dari minggu ke minggu.

Gejala Pada Minggu Pertama

Gejala awal dari penyakit tipes adalah demam. Awalnya demam yang dialami memang tidak tinggi, namum kemudian akan meningkat menjadi 39°C-40°C. Suhu tubuh dapat naik atau turun pada minggu pertama ini. Selain itu gejala lain yang mungkin timbul antara lain sakit kepala, lemas, batuk kering, dan mimisan.


Gejala Pada Minggu Kedua

Jika tidak segera ditangani dengan tepat, kamu akan memasuki tahap selanjutnya dan akan merasakan gejala - gejala antara lain, demam tipes akan tetap tinggi dan akan terus berlanjut, perut kembung yang terjadi akibat pembengkakan hati dan empedu,sakit perut dan diare atau sembelit. Pada tahap ini umumnya warna tinja akan berubah menjadi kehijauan.


Gejala Pada Minggu Ketiga

Pada akhir minggu ketiga, biasanya suhu tubuh akan mulai mengalami penurunan. Namun jika kondisi tidak segera ditangani, maka pada tahap ini penyakit tipes dapat menyebabkan komplikasi seperti pendarahan pada usus dan pecahnya usus.


Gejala Pada Minggu Keempat

Pada minggu keempat demam akan menurun secara perlahan dan suhu tubuh akan kembali normal dalam waktu 1-10 hari. Meski demikian, gejala-gejala tersebut muncul kembali dua minggu setelah demam mereda.


Penanganan dan Pencegahan Penyakit Tipes

Terkait dengan kasus yang kamu alami, apakah kamu mengalami gejala tipes seperti yang aku sebutkan di atas? Jika iya, berati kami masih mengalami tipes dan kalau tidak, minta doktermu untuk melakukan tes darah lagi. Mungkin saja bakteri Salmonella Typhi bersembunyi didalam kandung empedumu. 

Bakteri Salmonella Typhi dapat berada di dalam kantung empedu selama lebih dari setahun. Jika bakteri tersebut ada didalam kandung empedu, berarti kamu berada dalam kondisi yang serius. Penyakit tipes akan mencapai keadaan terakhirnya dengan bersembunyi di sana dan sistem imunmu masih tidak dapat melawan infeksi apapun. Oleh karena itu kamu harus berkonsultasi dengan dokter dan memberitahu kepadanya mengenai kondisi yang kamu alami.

Kamu juga sebaiknya waspada jika kamu berada di daerah yang padat penduduk. Sebaiknya kamu menjauh dari orang lain karena kamu bisa faktor pembawa Salmonella Typhi. Hindarilah makanan yang pedas-pedas selama 15 hari kedepan dan kalau kamu juga menderita diare, kamu harus makan pepaya dan beberapa makanan lain yang seratnya tidak banyak dan bisa dengan mudah dicerna. Konsumsi vitamin A, B dan C itu adalah cara terbaik.




Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang menyebar melalui air yang terkontaminasi oleh kotoran orang yang terinfeksi. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta memperhatikan makanan yang kita konsumsi. 

Cara terbaik mencegah tipes adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga secara teratur serta beristirahat dengan cukup. Selain itu, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang tidak higienis seperti jajanan di pinggir jalan. Karena kamu sudah pernah terkena penyakit tipes, untuk kedepannya jangan melakukan pekerjaan yang terlalu melelahkan karena orang yang pernah terkena tipes akan lebih rentan untuk terkena penyakit ini lagi dibandingkan mereka yang belum pernah mengalaminya. Satu hal lagi yang sangat penting namun seringkali terlupakan adalah, jangan lupa mencuci tangan sebelum makan. Itulah saran-saran yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantumu dalam mengatasi kondisimu dan mencegah kamu terkena gejala tipes lagi di kemudian hari. Semoga beruntung.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang