Aku punya batu ginjal seukuran 15mm. Apa bisa mengencerkannya dengan obat tanpa operasi?

Dilihat 432 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Lebih dari sembilan puluh persen tubuh manusia terdiri dari air, sehingga kekurangan cairan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa muncul jika Anda kurang minum adalah batu ginjal. Batu ginjal adalah sebuah kondisi di mana urin seseorang terkonsentrasi, sehingga asam garam dam mineral di dalamnya menyatu dan memadat menjadi batu ginjal. Pada dasarnya konsentrasi urin setiap orang berbeda-beda, hal ini membuat resiko terserang batu ginjal pun berbeda antar induvidu. Jika seseorang pada dasarnya memiliki urin yang cenderung berkonsentrasi, mereka bisa lebih mudah memiliki batu ginjal jika kurang minum. Kesibukan di era modern ini sering kali membuat seseorang melupakan hal-hal remeh seperti minum air putih. Hal ini tentu memicu peningkatan resiko batu ginjal pada manusia. Untuk menyembuhkan batu ginjal cara yang paling aman sudah pasti menemui dokter, namun yang tidak Anda ketahui adalah fakta bahwa ada obat batu ginjal alami yang bisa Anda dapatkan dengan cukup mudah bahannya.


Berikut saya akan mengulas mengenai cara menyembuhkan batu ginjal dengan obat batu ginjal tradisional.


Cara Pengobatan Batu Ginjal dengan Obat Batu Ginjal Alami dan Tradisional

Sangat perlu diperhatikan, sebelum Anda mencoba cara-cara pengobatan batu ginjal, Anda harus benar-benar memastikan apakah Anda sungguh memiliki batu ginjal atau tidak. Karena biasanya seseorang yang menderita penyakit ini tidak pernah menyadarinya dan tidak mengalami gejala apa pun hingga ia merasakan gerakan dari batu tersebut di dalam ginjal atau mengalami iritasi karena batu ginjal tersebut menemukan celah sempit dan masuk ke sana. Tak jarang batu ginjal bisa masuk ke saluran kemuh dan menyebabkan gejala-gejala khusus seperti rasa nyeri saat Anda buang air kecil, rasa sakit di area samping punggung, di bawah tulang rusuk, juga adanya perubahan warna pada air seni menjadi lebih pekat atau bahkan menjadi berwarna merah (berdarah). Rasa sakit ini biasa akan datang secara bergelombang dan semakin lama akan menjadi semakin parah. Intensitas buang air kecil Anda bisa menjadi lebih sering dan Anda mulai merasakan gejala lainnya seperti urin mengeruh dan berbau tidak sedap, namun jumlahnya sedikit, bahkan mengalami demam dan meriang. Apabila gejala yang Anda alami tergolong cukup parah, apalagi jika Anda melihat urin Anda berdarah, opsi terbaik adalah memeriksakan diri Anda ke dokter.



Upaya dengan obat-obat batu ginjal alami bisa bekerja dengan baik atau tidak tergantung dari posisi batu ginjal di dalam ginjal Anda dan juga besar ukurannya. Jikalau batunya berada di bawah, tidak mungkin melarutkan batu ginjal dengan aman menggunakan obat batu ginjal tradidional. Kalau batu ginjalnya berada di tengah atau di bagian atas, kamu bisa mencoba untuk melakukannya, walaupun saya tidak menyarankannya. Batu ginjal dengan ukuran paling besar 9 mm bisa dengan mudah keluar saat buang air setelah Anda mengkonsumsi obat. Namun, jika ukurannya lebih besar dari itu, kemungkinan besar batu tersebut akan tersumbat di saluran kencing, jadi sebaiknya Anda tidak melakukannya. Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya mereka bisa melakukan CT scan dan menentukan posisi batu ginjal tersebut karena perawatan medis yang memadai dan profesional mutlak dibutuhkan untuk menangani batu ginjal dengan ukuran lebih dari satu sentimeter.




Untuk mengobati batu ginjal secara tradisional Anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal salah satunya adalah daun keji beling. Tumbuhan ini merupakan tanaman perdu yang pertama kali ditemukan menyebar di Madagaskar, namun juga banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Biasa digunakan sebagai obat anti diabetes, antioksidan, anti-mikroba, dan anti sipilis, zat kalium yang dikandung oleh daun keji beling dipercaya dapat melarutkan garam oksalat, sehingga tak aneh jika daun ini biasa dijadikan salah satu alternatif obat batu ginjal alami dengan mengolahnya bersama daun kumis kucing, batang meniran, dan kunyit menjadi teh berkhasiat yang dikonsumsi tiga kali sehari.


Pengobatan herbal lainnya yang dipercaya dapat mengobati batu ginjal adalah daun dadap. Tanaman ini memang memiliki manfaat untuk memperbanyak produksi ASI jika dimasak menjadi sayuran lezat untuk ibu hamil, selain itu juga melancarkan haid dan dipercaya membuat tidur lebih nyenyak. Namun, siapa sangka jika daun dadap dikombinasikan dengan daun cocor bebek dan kunyit dapat mengobati batu ginjal. Dengan menumbuk ketiga bahan tersebut hingga halus, gunakan krim herbal alami tersebut pada are yang mengalami pembengkakan karena batu ginjal. Obat ini berfungsi sebagai pengobatan dari luar untuk membantu meredakan gejala.


Selain daun keji beling dan daun dadap, daun gempur batu juga diyakini sebagai obat batu ginjal alami yang manjur. Daun yang memiliki nama latin Borreria hispida Schum ini memiliki kandungan zat kalium yang bekerja dengan sangat baik untuk menghancurkan batu ginjal. Anda cukup merebus air dengan daun gempur batu, daun kembang buang, dan semanggi hitam hingga air hanya tersisa setengah dari jumlah semula. Setelah mendidih, saring air rebusan yang tersisa dan angkat ampas-ampasnya, lalu biarkan sejenak sampai tidak terlalu panas. Dengan meminum ramuan ini sebanyak dua kali sehari, batu ginjal Anda bisa larut sedikit demi sedikit dan hilang seutuhnya pada akhirnya.


Daun dadap, daun keji beling, dan daun gempur batu mungkin terdengar begitu asing di telinga Anda, karena ketiga tanaman herbal hampir tidak pernah digunakan dalam kehidupan sehari-hari kecuali sebagai obat-obatan tradisional untuk berbagai macam penyakit termasuk batu ginjal. Jika ternyata sangat sulit bagi Anda untuk menemukan dedaunan etrsebut, coba saja manfaatkan daun alpuat yang juga dipercaya memiliki fungsi untuk meluruhkan batu ginjal. Anda cukup membuat ramuan alami dengan menyeduh tujuh lembar daun alpukat dengan seratus mili air panas dan minumlah air seduhan tersebut sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore, niscaya batu ginjal Anda akan sembuh secara bertahap. Untuk mengatasi penyakit batu ginjal, tak hanya obat-obatan kimia yang bsia menjadi jawaban, obat-obatan tradisional pun bisa menjadi salah satu solusi alternatif jika kondisi batu ginjal Anda belum terlalu parah.




Kalau batu ginjal Anda berada di bagian tengah atau atas -yang kemungkinannya kecil karena ukuran batu ginjal Anda cukup besar- Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan di atas selama beberapa minggu dan kemudian kembali melakukan CT scan untuk mengecek ukurannya. Cara lain adalah dengan melakukan lithotripsy yang merupakan pengobatan non-invasif. Butuh waktu lebih dari satu bulan untuk menghancurkan batu ginjal yang berukuran lima belas milimeter melalui pengobatan secara herbal semacam ini. Anda tetap harus berhati-hati setelah melakukan pengobatan karena jika Anda tidak mengatur pola makan Anda batu ginjal bisa muncul lagi. Mengetahui jenis batu ginjal Anda dan mengatur pola makan akan membantu pemulihan berjalan lebih cepat. Untuk pencegahan terhadap batu ginjal, Anda bisa melihatnya di website ini. Semoga bermanfaat!

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang