Alat musik blues apakah yang paling sering digunakan oleh para musisi?

Dilihat 1,85 rb • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Irama musik blues memang cukup berbeda jika dibandingkan dengan musik - musik lainya, misalnya seperti musik pop. Mungkin itu sebabnya sebagian orang terkadang mempertanyakan alat musik apa yang digunakan dalam memainkan musik blues. Tapi sebenarnya alat musik yang digunakan dalam musik blues tidak jauh berbeda dengan alat musik yang digunakan dalam memainkan jenis musik lainnya.


Sama seperti hampir seluruh jenis musik lainnya, gitar yang awalnya merupakan alat musik tradisional Spanyol merupakan salah satu alat musik wajib dalam musik blues. Selain itu, harmonika yang merupakan alat musik tradisional Cina juga sering digunakan dalam memainkan musik blues. Pada dasarnya, tiga elemen terkuat dari musik blues adalah gitar, harmonika dan vokal.


musik blues


Selain kedua alat musik di atas, musik blues juga sering dimainkan dengan menggunakan alat musik lain seperti, terompet, saksofon, trombon, piano, dan drum. Dalam musik blues modern juga seringkali digunakan alat musik elektrikSebelum kita lanjutkan, saya ingin membahas sedikit mengenai musik blues itu sendiri. 


SEJARAH MUSIK BLUES


Musik blues pada awalnya merupakan musik spiritual yang sering dilantunkan oleh orang Afrika-Amerika di abas ke 19. Bagi saya sendiri hal yang cukup menarik terkait sejarah musik blues ini adalah bahwa musik blues berakar dari tradisi kamu Muslim. Mungkin hal ini agak sulit dipercaya. Pasalnya yang diketahui publik selama ini mengenai musik blues adalah bahwa musik ini berasal dari musik spiritual dan pujian yang dinyanyikan oleh bekas budak - budak di Amerika. 


Namun demikian, Sylviane Diouf, seorang ilmuwan, peneliti, dan penulis pada Schomburg Center for Research in Black Culture di New York telah membuktikan keterkaitan musik blues dengan tradisi kaum muslim. Para sejarawan mengatakan bahwa paling tidak 30% dari budak Afrika yang menjadi pekerja paksa di Amerika adalah Muslim. Komunitas kulit hitam Muslim juga memberikan pengaruh terhadap musik bule terkait dengan alat musik yang dimainkan. 


Pada jaman perbudakan di Amerika dulu, para budak kulit hitam dilarang untuk menabuh drum karena dikhawatirkan akan membangkitkan semangat perlawanan dari para budak. Meski demikian, mereka masih diperbolehkan untuk menggunakan alat musik gesek yang biasa dimainkan para umat Islam dari Afrika karena dianggap menyerupai biola. Nah, sekarang kita balik lagi ke penggunaan alat musik blues.


Meskipun saat ini kemajuan teknologi memungkinkan komputer menghasilkan suara seperti alat musik, tapi tentu saja keberadaan alat musik tidak dapat digantikan oleh komputer. Beg
itu pula hal nya dalam musik blues.Untuk penggunaan alat musik dalam musik blues sendiri, kadang alat musik yang dimainkan  juga tergantung dari jumlah orang yang memainkannya.


PENGGUNAAN ALAT MUSIK BLUES BERDASARKAN JUMLAH PEMAIN


  • 1 pemain : biasanya menggunakan gitar dan harmonika
  • 2 orang pemain : biasanya sama dengan 1 orang, tapi biasanya ada tambahan bass, drum, atau gitar kedua, atau mungkin piano.
  • 3 orang pemain : sama seperti 2 orang pemain, tapi dengan beberapa tambahan alat lainnya
  • 4 orang pemain : kombinasi dari semua alat musik di atas, mungkin ditambahkan juga dengan terompet / saksofon
alat musik blues

Salah seorang musisi blues adalah Shorty Ferguson yang merupakan seorang musisi asal New Orleans. Sebagian orang menyebut musiknya sebagai musik jazz, tapi musik yang dia mainkan juga dapat dikategorikan sebagai musik blues. Dia memainkan terompet dan memiliki band nya sendiri.


Band blues berpola dasar adalah band Muddy Waters yang dibentuk di Chicago pada awal tahun 1950an. 


band musik blues

Band ini bertanggung jawab atas staples meriam seperti "Hoochie Coochie Man," "I'm Ready," dan "I Just Want to Make Love to You." Semua band blues berikut sadar atas hal ini.

Barisannya terdiri dari:

  • Muddy Waters: gitar dan vokal
  • Walter Jacobs: harmonika 
  • Jimmy Rogers: gitar
  • Otis Spann: piano
  • Elgin Evans: drum
  • Pemain bass (Willie Dixon dalam banyak rekaman studio)

Saat pemain masuk dan keluar (banyak, seperti Little Walter yang pergi untuk membentuk band sendiri), intinya dia menjaga formasi ini. Jadi, walau kamu tidak memerlukan semua elemen ini, formasi inilah yang paling standar. Pemain terompet, atau terompet dengan 3 bagian, itu pilihan. Kepercayaan atas bagian terompet yang lebih besar dengan bagian orkestra dimulai untuk membawanya dari inti musik blues elektrik (lihat band BB King, rekaman Stax Albert King, atau Elmore James). 


Pada umumnya tidak ada perbedaan yang dibuat antara gitar ritme dan utama, karena pemain gitar blues mengharapkan keduanya. Namun, banyak vokalis (Muddy, BB, Albert, Freddie King) hanya memainkan gitar utama, yang bertentangan dengan musik rock, dimana gitaris/vokalis cenderung memainkan gitar ritme. Alat musik lain apapun itu dikatakan non-standar, tapi mungkin dapat diterima dalam konteks (biola Gatemouth Brown, perkusi tambahan seperti papan cuci, organ Hammond).


B.B King yang merupakan salah seorang musisi blues paling terkenal yang mendapatkan julukan "The King of the Blues" bahkan dapat menghadirkan musik blues yang sangat indah hanya dengan menggunakan gitar seperti yang dapat kamu lihat pada video di bawah ini.


 

Jadi pada dasarnya, alat musik yang biasa digunakan dalam musik blues itu sama seperti alat musik yang biasa dimainkan dalam jenis musik lainnya seperti gitar, drum serta piano. Satu - satunya alat musik blues yang tidak umum digunakan dalam memainkan jenis musik lain adalah harmonika. Sentuhan berbeda yang terasa dalam musik blues bukan berasal dari alat musik yang digunakan melainkan cara memainkannya. Kalau kamu tertarik untuk mendalami musik blues, kamu bisa belajar cara memainkan gitar dalam musik blues. Sering - seringlah berlatih agar teknik permainanmu semakin matang.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang