Alat pull up seperti apa yang bisa digunakan di rumah?

Dilihat 11,4 rb • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kebugaran fisik menjadi hal yang sangat penting agar kita terhindar dari masalah kesehatan. Salah satunya adalah dengan menyediakan alat olahraga di rumah yang praktis dan efisien untuk dipakai. 


Jadi, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar orang tidak harus selalu mendatangi tempat fitness atau kebugaran fisik. Ada banyak alat fitness dan kegunaannya yang bisa kita hadirkan di dalam rumah, salah satunya adalah alat olahraga pull up.


Pull up adalah olahraga yang ideal untuk membentuk dan menguatkan otot tubuh. Dengan pull up seluruh beban tubuh terangkat dan ini sangat bagus bagi kekuatan otot-otot lengan. Kekuatan serat kontrol terhadap tubuh bagian atas terletak pada kemampuan menarik seluruh berat badan secara berulang. 


Pada awalnya, berlatih pull up terasa sangat sulit tapi jika sudah terbiasa maka Anda akan merasakan nyaman dan bahkan tertantang untuk menambah gerakan dan juga variasi gerakan. 


Oleh karena itu, cara meningkatkan olahraga pull up secara perlahan perlu Anda perhatikan secara teliti guna memaksimalkan hasil olahraga Anda. 

alat pull up


Langkah-langkah Melakukan Pull Up


1. Dead Hang


Ini merupakan latihan dasar dalam melakukan pull up. Disebut dead hang karena gerakannya menggantung di tiang pull up. Dengan latihan ini genggaman tangan akan meningkat kekuatannya. 


Caranya cukup gampang, yaitu pegang tiang pull up kemudian angkat kaki sampai tidak menyentuh lantai. Lalu tahan selama mungkin. Jika berhasil menahan lebih dari 10 detik maka silakan berlanjut ke langkah berikutnya.



2. Flex Hang


Langkah selanjutnya disebut flex hang, yaitu gerakan menahan di posisi finishnya pull up. Tahan tubuh pada posisi seperti di gerakan finish pull up di mana dagu melewati tiang pull up. Jika Anda berhasil menahan dalam waktu lewat dari 10 detik, silakan lanjut ke langkah ketiga.


alat pull up untuk di rumah


3. Negative Pull Up


Disebut negative pull up karena memang gerakannya kebalikan dari pull up. Turunkan tubuh perlahan-lahan dari posisi flex hang ke dead hang. Lakukan selama mungkin dan jika melewati 10 detik Anda bisa berlanjut ke langkah keempat.


4. Body Row


Body row merupakan gerakan pada tiang pull up serendah pinggang. Gerakan ini dilakukan pada posisi kaki lurus dan tumit menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini sebanyak mungkin dan jika Anda sudah melewati 10 kali maka Anda bisa melakukan gerakan yang terakhir.


5. Pull Up


Pull up merupakan langkah terakhir yaitu dengan memegang tiang pull up menggunakan overhand dan di mulai pada posisi dead hang untuk menarik tubuh ke atas sampai pada posisi flex hang. Pastikan dagu melewati tiang pull up. 


Lakukan secara perlahan dan berkali-kali untuk mendapatkan hasil maksimal. Ada beberapa gaya yang dapat dilakukan saat melakukan chin up atau pull up terakhir ini. Namun yang pasti, lakukan aktivitas latihan ini secara sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil maksimal.


cara melakukan pull up yang benar

Beberapa langkah di atas adalah panduan dasar tentang Bagaimana cara latihan yang baik untuk melakukan pull up sehingga tubuh Anda menjadi sehat dan berotot berkat latihan dengan alat olahraga yang Anda miliki di rumah.



Memilih Alat Pull Up yang Baik



Memiliki alat olahraga di rumah tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Aktivitas di rumah bisa bertambah misalnya dengan adanya sebuah fitness center kecil. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, aktivitas olahraga di rumah juga menjadi saat-saat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. 


Pull up adalah adalah olahraga yang menggunakan alat berbentuk tongkat dan saat ini sangat populer di pasaran. Dengan alat ini otot-otot tubuh bisa latih sesuai dengan keinginan. Alat ini praktis digunakan dan juga mudah disimpan.


Lalu kira-kira seperti apa tongkat pull up yang bagus? 


Umumnya peralatan olah raga disyaratkan untuk memiliki kekuatan dan daya tahan tertentu mengingat peralatan seperti ini biasa dipakai dalam frekuensi yang cukup sering. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah Anda harus menyediakan tempat yang kekokohan dan kekuatannya terjamin di rumah untuk dipasangi tongkat pull up. 


Pastikan juga Anda bisa bergerak dengan mudah menggunakan alat pull up yang Anda pasang.


manfaat pull up


Bagian rumah yang lebih longgar dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang bagus merupakan tempat yang ideal untuk memasang pull up. Kemudian, bagian yang akan dipasang pull up juga harus kokoh dan kuat agar tidak mudah rusak sehingga membahayakan aktivitas berolah raga Anda. 


Sebenarnya, pull up adalah alat olahraga yang tidak membutuhkan terlalu banyak ruang. Yang penting, Anda bisa leluasa bergerak dalam menggunakannya. Selain itu Anda memiliki variasi cara melakukan lebih banyak pull up, sehingga tujuan olahraga Anda pun tercapai secara maksimal.


Banyak produk alat olahraga di rumah diiklankan di televisi sekaligus diperagakan cara pemakaiannya. Tak jarang juga muncul review atau testimoni dari para konsumen atau para ahli tentang kualitas produk yang ditawarkan. Alat pull up termasuk salah satu alat olah raga yang cukup populer di masyarakat. Sedangkan untuk diameter ketebalan alat pull up yang baik bagi kita tergantung pada kenyamanan genggaman tangan kita saat melakukan aktivitas pull up. 


Saran terbaik yang bisa diberikan adalah jangan membeli produk pull up yang terlalu murah. Meskipun memiliki penampilan yang cukup menarik, biasanya barang yang harganya sangat murah tidak memiliki standar keuletan dan kekuatan yang diperlukan.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang