Anjing (peliharaan): Apa cara yang paling efektif untuk membangun ikatan kesetiaan antara anjing dan pemiliknya?

Dilihat 1,8 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pelajarilah tentang anjing dan bagaimana mereka berpikir dan belajar agar kamu bisa memahami anjingmu dan perilakunya. Seringkali manusia menghubungkan keinginan mereka terhadap anjing, terutama ketika mereka melakukan suatu hal yang 'buruk' - 'dia kencing di dalam rumah untuk membalas saya karena keluar', 'dia marah ke saya ketika saya mencoba meminta mainan darinya', 'dia nakal dengan sengaja'.


Segala hal tersebut dapat menghalangi hubungan baik dengan anjingmu karena hal - hal tersebut membuatmu marah dan frustrasi terhadapnya tanpa alasan yang baik. Anjing hanya memikirkan saat ini, walaupun mereka juga makhluk yang emosional, tapi mereka emosi dan 'motif' mereka jauh lebih sederhana dibandingkan kita.


Anjing memiliki tiga motif utama dalam perilakunya:

  • ketakutan/kecemsan
  • kebutuhan/bertahan hidup
  • bersenang-senang/bermain
Mereka kencing di dalam rumah? Hal itu bisa disebabkan karena rasa takut - anjing merupakan hewan sosial dan tanpa seseorang yang paling berharga baginya (kamu!) tentu saja dia akan menjadi stress. Atau itu merupakan kebutuhan - kamu meninggalkan rumah untuk waktu yang lama, jadi dia tidak bisa menahannya lagi.

Anjingmu tidak mau memberikan mainannya? Hal itu bisa jadi karena rasa takurt - dia takut kamu mengambil sesuatu yang berharga baginya - atau bermain - dia ingin kamu mengejarnya mengelilingi rumah untuk mengambil mainan itu darinya.


Saat anjingmu "berulah" dan kamu merasa frustrasi karena kamu melihat perilakunya berdasarkan standar manusia, ambil waktu sejenak untuk mengambil nafas dalam - dalam dan pikirkan apa yang sebenarnya anjingmu coba untuk lakukan?

Apakah dia melarikan diri dari sesuatu yang menakutkan baginya? Apakah dia melakukan hal tersebtu karena hal itu merupakan satu - satunya pilihan? Atau karena hal tersebtu menyenangkan? Lalu tanyakan pada dirimu, bukan "Bagaimana saya bisa membuatnya berhenti", tapi "Apa yang saya ingin agar dia lakukan?".


Ketika kita berusaha untuk "menghentikannya", kita cenderung mulai memberikan hukuman. Kita menghukumnya, kita "memberikan dia pelajaran", kita "menunjukkan kepadanya siapa bosnya"..


Terlepas dari kenyataan bahwa seringkali hukuman tidak berjalan dengan baik. Hukuman harus diberikan pada waktu yang tepat yang sesuai dengan perilakunya ketika hal tersebut terjadi dan harus diberikan setiap kali perilaku tersebut terjadi untuk menghindari kebingungan atau secara tidak sengaja memberikan hadiah bagi perilaku tersebut (tidak adanya hukuman dari menjadi bentuk hadiah dan hukuman juga harus segera dihentikan ketika anjing mulai menunjukkan perilaku yang diharapkan.


Tapi hukuman tidak benar - benar mengajarkan anjing untuk mengubah perilakunya seperti yang kita harapkan! Seringkali hukuman membuat anjing bingung mengenai apa yang seharusnya mereka lakukan. Selain itu perilaku buruk juga hanya akan berhenti kalau kamu ada di sekitarnya untuk memberikan hukuman. Dan yang paling penting, hal tersebut merusak hubunganmu dengan anjingmu/

Hukuman mengajari anjingmu untuk takut terhadap konsekuensi dari tidak mendengarkanmu, bukannya membuat mereka ingin mendengarkanmu. Hukuman membuatmu menjadi sumber dari pengalaman buruk dan salah satu efek samping yang dapat terjadi adalah hal tersebut mengajarkan kepada mereka bahwa kamu adalah sesuatu yang harus dihindari sebisa mungkin.

Kalau kamu menginginkan hubungan yang baik dengan anjingmu dan seekor anjing yang mau mendengar, merespon latihan yang kamu berikan dengan antusias dan menuruti segala perkataan dan sikapmu, maka ajarkan mereka perilaku yang kamu harapkan dengan menggunakan penguatan positif (misalnya, memberikan hadiah yang dia sukai).


Bedakan perilaku 'buruk' dengan perilaku baik yang tidak sesuai dengan perilaku tersebut. Misalnya: Anjingmu melompat ke tamu? Latihlah dia untuk duduk, buatlah dia lebih menikmati duduk dibanding melompat dengan tidak memberikan dia perhatian sampai dia duduk. Dia tidak bisa melompat dan duduk pada saat yang bersamaan.

Anjingmu menarik rantainya? Berikan dia hadiah untuk berada di sisimu, dengan rantai yang longgar. Berhentilah berjalan ketika dia menarik - narik dan berikan dia hadiah ketika dia kembali kepadamu dengan melanjutkan berjalan. Dia tidak bisa menarik rantainya dan berjalan di sisimu secara bersamaan.

Kalau kamu benar - benar ingin membantu anjingmu, ciptakan ikatan yang hebat dan bertahan lama berdasarkan kesenangan dan penghargaan yang timbal - balik, lalu baca tulisan dari pelatih yang terkemuka seperti Dr. Sophia Yin, Dr. Ian Dunbar dan Karen Pryor. Mereka bertiga sangat terkenal dalam melatih hewan peliharaan dengan baik dengan metode yang tanpa paksaa yang membantumu membangun ikatan dan kepercayaan dengan anjingmu.


Kamu juga bisa mengecek video tutorial untuk latihan anjing dari youtuber seperti 'Kikopup' dan 'Training Positive'. Mereka juga menggunakan metode tanpa paksaan dan memandumu dengan langkah - langkah melalui latihan kepatuhan dasar (seperti duduk, diam, menyentuh) dan latihan tambahan yang berguna (seperti 'latihan pembatasan" unutk menghentikan anjingmu berlari melewati halaman ke arah jalan untuk mengejar bolanya) dan trik - trik yang lebih rumit (seperti handstand).

Sejujurnya, kamu mungkin sudah bisa melatih anjingmu sepenuhnya hanya dengan menonton video - video mereka. Tapi saya tetap menyarankan agar kamu menbaca jadi kamu tahu teori - teori dibadi teknik yang mereka ajarkan. Jadi kalau ada masalah kamu dapat memecahkannya sendiri dan menyesuaikan latihan yang kamu berikan dengan kebutuhan anjingmu.

Terjawab sekitar 3 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang