Apa sajakah 10 film action terbaik yang wajib anda tonton?

Dilihat 4,57 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

    


Berbicara tentang film action memang tidak akan ada habisnya. Di setiap tahun, bahkan disetiap bulan akan ada film action terbaru yang akan di rilis. Dari berbagai macam genre atau jenis film yang dibuat, film action terbaik banyak digemari penonton, karena film action memiliki jalan cerita yang cukup menarik dan seru.


Bagi saya, yang juga termasuk film-film action yaitu, film-film yang bergenre thriller, horor, sci-fi, dan campuran 2 genre film tersebut atau lebih. Sama halnya untuk beberapa jenis horor dapat diklasifikasikan dengan beberapa genre yang berbeda-beda, genre yang lebih luas bisa memiliki sejumlah kelas yang berbeda. 


Sebagai contoh, mari kita lihat film-film yang berdasarkan komik. Anda bisa melihat novel grafis nya Frank Miller dalam film seperti Sin City, 300, atau seri The Dark Knight sebagai film action, tetapi mereka juga merupakan kategori film fantasi gelap (Dark fantasy). 


Banyaknya film action terbaik yang sudah di rilis di setiap tahunnya terkadang membuat para pecinta film action kebingungan. Namun jika anda sudah membaca artikel ini, akan membuat anda lebih mudah dalam memilih film action terbaik mana yang seharusnya (wajib) anda tonton. 


Untuk lebih detailnya, berikut kumpulan film action terbaik dari masa ke masa. Namun perlu dicatat, poin-poin pada daftar berikut ini menurut saya termasuk film action, akan tetapi mungkin dipandang oleh beberapa orang bukanlah film action atau sebagai sesuatu yang lain.


Bagi anda penggemar film action penasaran kan? Yuk, terus simak artikel ini!



Film Action Terbaik yang Wajib Ditonton


  • Seri The Dark Knight: Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008) dan The Dark Knight Rises (2012)

Batman, 1989 versi Tim Burton dengan bintangnya Jack Nicholson dan Michael Keaton, secara mengejutkan adalah film yang bagus, tetapi film tersebut memang bukan termasuk film yang wajib ditonton. Sekuel berikutnya lebih terasa seperti kelanjutan dari aktor tua Adam West. Namun Dark Knight nya Frank Miller adalah inkarnasi terbaik dari film Batman yang pernah dibuat. 


Karakter "Joker" yang diperankan Heath Ledger begitu menggertak, dan juga penampilannya memberikan sesuatu yang lebih baik dibandingkan Jack Nicholson saat berperan sebagai Joker. Gaya monolitik dari "Bane" (diperankan oleh Tom Hardy yang juga bermain di Mad Max: Fury Road) menjadikannya lawan yang bagus untuk kelincahan 'Batman', dan juga Liam Neeson benar-benar hebat memerankan "Raz Al Ghul". 


  • Death Race 2000 (1975)


David Carradine saat itu sedang menyelesaikan serial Kung Fu saat dia diberi saran untuk melakukan sesuatu yang benar-benar berbeda agar terhindar dari stereotipe. Dia menanggapi ini dengan serius dan bergabung dalam casting film action sci-fi berbudget rendah buatan veteran horor Roger Corman, Death Race 2000. Dalam cerita film tersebut, dia berperan sebagai "Frankenstein" yang melawan bintang pendatang baru (saat itu) Sylvester Stalone yang berperan sebagai "Machine Gun Joe",  dalam sebuah balapan antar benua yang mana diberikan poin untuk kendaraan pembunuh. 


Film ini terlalu berlebihan (lucu), dengan mobil-mobil yang dihias murahan dengan kostum yang lebih baik daripada para karakternya, namun setiap pemeran bermain dengan bagus. Versi tahun 2008 lebih dianggap sebagai sebuah prekuel, namun lebih serius, tanpa kepribadian dari aslinya. 


  • James Bond - Skyfall (2012)


Saya penggemar setia James Bond, tetapi beberapa episode yang diperankan Roger Moore terasa sangat kuno. Lantas kemudian Daniel Craig menggantikannya dan menghidupkan kembali cerita lama. Casino Royale tidak pernah menjadi film action yang sungguhan, sedangkan Quantum of Solace cukup bagus, tetapi lebih kepada cerita balas dendam. Skyfall adalah James Bond versi Daniel Craig yang berdiri sendiri. Dia beradu acting dengan Javier Bardem (pemeran utama dalam film No Country For Old Men ) dimana Javier berperan sebagai "mantan agen rahasia dengan sebuah agenda", penampilan akhirnya sangat memuaskan, tidak seperti kebanyakan film action yang gagal di klimaksnya. Di film ini Judy Dench secara mengejutkan adalah pilihan yang tepat dalam memerankan karakter "M".


  • Pirates Of The Caribbean, Curse Of The Black Pearl (2003)


Film-film Disney jarang sekali menjadi film action yang bagus. Mereka cenderung berorientasi cerita keluarga, dan biasanya itu berarti “action-nya” sangat kurang intens. Namun, di film Pirates Of The Caribbean pertama, terinspirasi dari wahana klasik di taman hiburan Disney, dan dibintangi oleh Geoffrey Rush, Keira Knightley dan Johnny Depp, adalah sebuah pengecualian. Meskipun action-nya masih dalam tingkat yang sedang-sedang saja, namun humor yang menyertainya cerdas dan tidak dibuat-buat. Depp berperan sangat baik sebagai "Kapten Jack Sparrow", begitu juga dengan Keith Richards (yang bermain dalam sekuel film tersebut), keduanya bermain dengan sempurna. 


Spesial efeknya luar biasa, dan akting para pemerannya sangat “terasa” seakan-akan mereka memiliki sebuah ledakan dalam bermain di film Pirates tersebut. Sayangnya, sekuelnya terasa lebih dibuat-buat, yang membuat film tersebut jadi kurang ditonton.


  • Run Lola, Run (1998)


Lola mendapat telepon dari kekasihnya, yang membutuhkan bantuannya dia untuk datang dengan membawa 100.000 Deutschmark dalam waktu 20 menit. Film besutan produser Jerman yang bagus ini bercerita tentang cara berpikir Lola yang kritis (unik) dalam merencanakan berbagai cara untuk mendapatkan uang tersebut, yang mana cara-cara tersebut selalu berdampak pada kematian dirinya atau pacarnya. Sebuah film action thriller yang luar biasa dengan akhir yang tidak bisa ditebak dan mengejutkan (twist ending)


  • Lucky Number Slevin (2006)


Slevin (Josh Hartnet) merupakan korban salah tangkap antara dua bos kriminal (Morgan Freeman dan Ben Kingsley). Namun, tidak semua terlihat sebagaimana mestinya. Adegan di luar dugaan (twist) di penghujung film adalah salah satu momen "WOW!" terbaik sepanjang sejarah perfilman. Bruce Willis juga turut membintangi film ini. 


  • The Terminator (1984)


Bercerita tentang robot pembunuh yang kejam dari masa depan, dibintangi oleh Arnold. Tidak perlu berkata lebih, karena film ini luar biasa. 



  • Trilogi Dollar milik Sergio Leone: A Fistful of Dollars (1964), For A Few Dollars More (1965) dan The Good, The Bad And The Ugly (1965)

Ketiga film "Spaghetti Western (Koboi Italia)" ini bisa dibilang membuat Clint Eastwood menjadi seorang superstar. Trilogi cerita barat buatan Italia ini lebih berani dan lebih gelap ketimbang film-film sebelumnya. Saya tidak bosan menonton Eli Wallach yang berperan sebagai "Tuco" dalam The Good, The Bad And The Ugly berulang kali. 


Film ini tidak pernah direncanakan untuk dibuat menjadi sebuah trilogi, tetapi karena ada karakter "Pria Tanpa Nama" yang diperankan oleh Eastwood, maka terciptalah karakter-karakter baru di film berikutnya. 


  • You're Next (2013)


Berkisah tentang sebuah pembunuhan masal yang dilakukan oleh para pembunuh bertopeng terhadap sebuah keluarga besar yang sedang mengadakan reuni keluarga, dan salah satu korbannya memiliki rahasia tersendiri. Saya mengelompokkan film ini sebagai sebuah film yang bergenre slasher, tetapi film ini juga bisa dianggap sebagai film action. Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi tentang film ini, karena menurut saya memang sangat bagus.



Nah itulah kumpulan film action terbaik dari masa ke masa yang wajib anda tonton. Dengan semakin majunya teknologi special effect dan keahlian para stuntman, bisa jadi ke depannya akan lebih banyak film-film action yang lebih dahsyat dari film-flim tersebut diatas. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selamat menonton! (Baca: Apa film-film action terbaik era 1990-an?)


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang