Apa ada cara untuk menghilangkan bekas luka jerawat?

Dilihat 637 • Ditanyakan 12 bulan lalu
2 Jawaban 2

Ini beberapa ramuan yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Dibawah ini adalah 5 pengobatan yang dipahami efektif dalam mengeliminasi bekas jerawat yang bisa kamu coba dirumah.

  1. Madu
    Madu adalah pelembab alami yang dapat bekerja dengan baik untuk bekas luka jerawat. Madu mengandung bahan anti-bakteri yang membantu mengeliminasi sumber jerawat. Gunakan sebagai masker dan alami penghidrasian dan penyembuhan yang dilakukan madu untuk kulitmu.

  2. Jus Lemon
    Jus lemon dapat mengurangi bekas luka dan noda lain pada kulit karena pencahayaan rumah. Perlu juga memakai jus pada kulit yang bersin dengan kapas dan biarkan kulit menyerap jusnya sebelum membersihkanya.

  3. Tomat
    Tomat itu kaya akan vitamin A yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan membantu menghindari bahaya dari jerawat dengan mengkontrol produksi sebum. Sebum adalah ('minyak kulit') yang berperan sebagai anti-air, penjaga dan menghidrasi kulit. Untuk menggunakan tomat, cukup potong menjadi potongan kemudian letakkan diwajah.

  4. Minyak Zaitun
    Minyak zaitun itu dikenal untuk meringankan luka bekas jerawat. Minyak ini merupakan pelembab kulit yang efisien dan bekerja dengan merelaksasikan struktur kulit. Cukup pijat minyak zaitun ke bekas luka jerawat.

  5. Mayones
    Obat ajaib ini bisa agak berantakan, tapi keuntungannya itu sangat baik. Mayones dikatakan sebagai pelembab alami. Kandungan cuka didalamnya membuat mayones sangat baik untuk kulit. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10-30 menit dan kemudian bersihkan. Mayones Miracle Whip dikatakan merupakan mayones yang paling efektif.

Terjawab 8 bulan lalu

Tak dapat dipungkiri jerawat memang menjadi masalah bagi kita terutama para wanita yang sangat memperhatikan tampilan wajahnya. Apalagi wajah merupakan daerah paling sensitif daripada daerah kulit lainnya. Para wanita tentu ingin tampil menarik dan menawan di depan semua orang, sehingga jika ada sedikit nodapun terutama yang ada di area wajah seperti jerawat, flek, komedo, dan sebagainya membuat para wanita cemas dan ingin segera mengatasinya. Berbagai cara mereka lakukan untuk mengatasinya seperti perawatan di rumah dengan bahan-bahan alami bahkan rela merogoh uang yang cukup banyak untuk perawatan di salon atau dokter kecantikan demi mengatasi masalah-masalah tersebut.


Ada beberapa faktor timbulnya jerawat di antaranya tidak mencuci wajah setelah bepergian atau memakai make up, tidak mengenakan masker penutup wajah saat mengendarai motor, sering memegang wajah ketika tangan dalam keadaan tidak bersih, dan sebagainya. Sehingga bakteripun hinggap di wajah kita dan tumbuh menjadi jerawat. Untuk menjaga kesehatan kulit, kita perlu mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap harinya. Selain itu, kita juga sangat dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air putih, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu.


menghilangkan jerawat


Hal yang sangat menyebalkan bahwa tidak jarang jerawat meninggalkan bekas pada kulit, bekas luka akibat jerawat biasanya terjadi karena ada kulit luka yang menutup pori-pori yang mengantikan kulit setelah kulit tersebut hancur karena luka. Atau juga disebabkan karena naiknya kadar pigmen di kulit karena pernah terjadi peradangan. Namun anda jangan khawatir karena saya akan berbagi tips untuk menghilangkan bekas jerawat dan mengembalikan pesona wajah anda menjadi cantik dan mulus alami tanpa harus menghabiskan biaya yang sangat mahal.



Cara Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat


Berikut 5 pengobatan yang efektif dan cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa anda coba di rumah:


1. Madu


menghilangkan jerawat dengan madu


Sejak zaman dahulu, madu dipercaya memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Seiring perkembangan zaman, kini madu tidak hanya dipercaya berperan dalam kesehatan tetapi juga dapat mempercantik bagian tubuh seperti kulit dan rambut. Bagi kulit, madu berkhasiat melembabkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, madu terkenal digunakan untuk menyembuhkan jerawat secara alami.


Madu merupakan pelembab alami yang dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan bekas luka jerawat. Madu mengandung bahan anti-bakteri yang  membantu mengeliminasi sumber jerawat. Gunakan madu sebagai masker alami penghidrasian dan penyembuhan yang dihasilkan madu untuk kulit anda. Teksturnya yang lembut dan aromanya yang manis membuat wajah kita terasa nyaman. Namun pastikan madu yang digunakan adalah madu asli, biasanya madu asli tidak ada tanggal kadaluwarsanya. Cara lain untuk mengetahui madu asli atau tidak yakni dengan menuangkan madu ke dalam air di dalam gelas. Jika madu tenggelam ke dasar gelas, itu berarti madu tersebut asli. Sebaliknya jika bercampur dengan air, maka madu tersebut bisa jadi telah dioplos (ditambahkan) air.


2. Jus Lemon


menghilangkan jerawat dengan lemon


Jus lemon, buah yang berwarna cerah dan menarik satu ini mengandung anti-bakteri dan antimikroba yang dapat membantu memerangi bakteri penyebab jerawat sekaligus meningkatkan sistem imun Anda untuk menghindari datangnya jerawat kembali di kemudian hari.

Asam sitrat yang terkandung pada lemon bertindak sebagai zat exfoliant yang dapat menghilangkan sel mati (yang menutupi pori-pori dan sering menyebabkan infeksi dan iritasi) pada lapisan luar kulit. Zat ini juga berfungsi sebagai kandungan alami untuk menghilangkan jerawat.

Lemon juga mengandung astrigent alami yang dapat membantu mengecilkan dan mengerutkan pori-pori. Zat ini bekerja dengan mendorong minyak dan debu dari pori-pori dan mengecilkannya supaya tidak ada lagi debu atau bakteri yang akan menyumbat pori-pori kulit dan menutupnya. Selain itu lemon dapat mengurangi bekas luka dan noda lain pada kulit karena pencahayaan rumah.


Untuk melakukan pengobatan jerawat dan bekasnya, caranya cukup mudah, anda bisa minum air hangat yang sudah diberi perasan lemon tiap pagi hari. Air lemon bisa mengeluarkan toksin serta banyak kotoran dari dalam darah dan tubuh. Selain itu, kadar vitamin C yang tinggi juga bisa meningkatkan sistem imun dan membentengi tubuh dari penyakit. Mengonsumsi air lemon secara berkala akan membuat stamina terjaga. Tubuh yang gak gampang sakit pun juga tidak akan terserang jerawat dengan mudah.


3. Tomat

menghilangkan jerawat dengan tomat
    


Buah yang sering kita jumpai ini memiliki beberapa manfaat di antaranya dapat menyeimbangkan kadar pH di kulit anda, sehingga kulit anda menjadi tidak terlalu berminyak dan juga tidak terlalu kering. Kulit yang terlalu berminyak dan terlalu kering akan sangat rentan terkena jerawat. Tomat juga mengandung potassium, zat besi, dan mineral lainnya yang dapat menyehatkan kulit secara umum dan menyamarkan bekas jerawat. Selain itu tomat juga kaya akan vitamin A yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan membantu menghindari bahaya dari jerawat dengan mengkontrol produksi sebum. Sebum adalah ('minyak kulit') yang berperan sebagai anti-air, penjaga dan menghidrasi kulit. Dan masih banyak manfaat tomat yang lainnya.

Untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan tomat berikut caranya:

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan 1 buah tomat, kemudian letakkan tomat tersebut ke dalam blender. Kemudian, campurkan sedikti air ke dalam blender tersebut dan blender hingga campuran masker tomat tersebut lembut dan cocok untuk digunakan sebagai masker di kulit anda.
  • Setelah itu, oleskan masker tomat tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat, biarkan masker tersebut meresap di kulit anda selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Setelah itu, segera bilas kulit anda dengan menggunakan air bersih, kemudian segera keringkan dengan handuk. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker tomat ini setidaknya sehari sekali secara rutin.
  • Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan masker tomat ini dengan memotong tomat menjadi beberapa iris, kemudian anda tinggal menempelkan irisan tomat tersebut ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat.

4.  Minyak Zaitun


                    manfaat minyak zaitun



Minyak zaitun  yang berasal dari buah asal Timur tengah ini dikenal dapat meringankan bahkan menghilangkan bekas jerawat. Minyak ini merupakan pelembab kulit yang efisien dan bekerja dengan merelaksasikan struktur kulit. Cukup oleskan minyak zaitun ke bekas luka jerawat dan pijat dengan lembut. Selain itu anda juga dapat menghilangkan bekas jerawat menggunakan minyak zaitun dengan cara penguapan. Caranya yaitu campurkan 20-50 ml pada air sebanyak 1 liter lalu direbus ketika mendidih dekatkan wajah anda sekitar 18 inchi dari air. Berhati-hatilah jangan terlalu dekat, karena hal ini akan terasa panas, dan anda bisa menyesuaikan sendiri. Lakukan secara rutin dan lihatlah hasilnya.


5. Mayonaise

cara alami menghilangkan jerawat


Obat ajaib ini bisa sedikit berantakan dan membuat tidak nyaman pada kulit, namun keuntungannya sangat baik.

Mayonaise dikatakan sebagai pelembab alami. Kandungan cuka didalamnya membuat mayones sangat baik untuk kulit. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10-30 menit dan kemudian bersihkan. Mayonaise Miracle Whip dikatakan merupakan mayonais yang paling efektif.


Untuk menghilangkan bekas jerawat dan mendapatkan wajah mulus dan cantik seperti sedia kala tentunya diperlukan perawatan khusus dan kesabaran dalam mengatasinya. Itulah beberapa bahan yang dapat anda coba di rumah untuk pengobatan alami dan cara menghilangkan bekas jerawat tanpa menghabiskan biaya yang cukup besar. Selamat Mencoba :)

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang