Apa ada resep makanan yang simpel tapi enak dan sehat buat bayi?

Dilihat 653 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kalau kamu berencana untuk membuat makanan bayi buatanmu sendiri, jangan lakukan apa yang aku lakukan dan membeli buku resep. Itu buang-buang duit aja.

Hanya ada dua resep yang perlu kamu buat untuk makanan bayi:  

Satu untuk buah dan sayuran yang lebih keras, dan satu untuk sayuran yang lebih empuk. Tentu saja, makanan yang tidak perlu dimasak, seperti pisang, alpukat dan melon matang, hanya perlu dihaluskan dan dihidangkan.

Aku merekomendasikan satu alat:  

Penggiling makanan. Aku punya yang Oxo, yang memiliki tiga gilingan berbeda. Gunakan penggiling yang terbaik untuk makanan bayi. Penggiling makanan itu merupakan investasi yang baik, karena kamu dapat menggunakannya untuk membuat beraneka ragam bubur, makanan halus dan saus. Alat itu akan menyingkirkan biji-bijian dan kulit dan menghasilkan bubur yang lebih baik daripada prosesor makanan. Penggiling makanan membuat kentang halus yang sangat lembut! Alat ini juga bagus untuk membuat saus apel dan saus tomat.

Nampan es batu juga bagus untuk membekukan makanan bayi dalam porsi satu sendok makan. Aku suka nampan es batu silikon karena makanan beku akan keluar secara rapi dan tidak meninggalkan sisa makanan. Kamu dapat menggunakannya ulang untuk membekukan pesto, stok dan saus dalam porsi yang sedikit. 

​Buah dan Sayuran Keras 
Resep ini merupakan resep terbaik dengan menggunakan apel, pir, plum, persik, labu musim dingin, kentang dan kentang manis. 

  1. Kupas buahnya atau sayurnya.
  2. Bersihkan tengahnya dan/atau biji apapun. 
  3. Potong menjadi kotak-kotak kecil. 
  4. Tambahkan air secukupnya dan rebus airnya. 
  5. Kecilkan apinya dan didihkan hingga sangat empuk. 
  6. Kuras airnya. 
  7. Giling dengan penggiling makanan terbaik dan buat jadi bubur. 
​Sayuran Empuk​ 
Resep ini merupakan resep terbaik dengan menggunakan brokoli, bunga kol, mentimun Jepang (zucchini), kacang polong dan kacang ijo. 
  1. Potong makanan menjadi bentuk-bentuk kecil. 
  2. Kukus hingga menjadi sangat empuk. 
  3. Giling dengan pengiling makanan terbaik dan buat jadi bubur. 


Catatan: 

Asosiasi Amerika Pediatrik tidak menyarankan untuk menyiapkan wortel, bit, bayam dan sayuran hijau sendiri karena adanya potensi kandungan nitrat. Makanan bayi yang dipasarkan itu seharusnya telah diuji ada tidaknya nitrat.  Gunakan kebijaksanaanmu sendiri. Aku memang menyimpan beberapa makanan bayi yang telah disiapkan ketika aku tidak punya apapun untuk dibuat, jadi aku memilih untuk membeli makanan ini daripada membuatnya. 

Makanan bayi yang ditaruh dikulkas bertahan hingga 2 hari atau dibekukan hingga 2 bulan. Makanan bayi tidak perlu dipanaskan ulang, tetapi bayimu mungkin lebih suka makan makanan yang temperaturnya sama dengan ruangan. Kalau terlalu tebal, tipiskan dengan sedikit air, susu formula atau susu ibu (ASI).  Bayi hanya perlu diberi makan bubur sampai mereka bertumbuh dan dapat memakan makanan kecil. Kemudian kamu dapat memberinya makanan seukuran jari, seperti buah dan sayuran yang dipotong, tahu, pasta yang dimasak dengan baik, roti panggang, kue nasi dan pancake

Jadi, kamu hanya perlu berurusan dengan makanan bayi untuk beberapa bulan saja. (Ini adalah salah satu hal yang tidak aku tahu sebelum punya bayi.) Pas mereka mulai makan makanan seukuran jari, kupikir lebih baik memberi makan mereka versi kecil makanan apapun yang kamu makan, cukup tahan makanan berlemak, pedas dan gula dulu, dan lanjutkan untuk menghindari makanan alergi dan makanan asam sampai paling tidak mereka berumur 1 tahun.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang