Apa ada saran untuk nama merk resep makanan untuk pemula?

Dilihat 418 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Sebuah merk dagang yang efektif bagi sebuah usaha sangatlah penting, terutama dalam pemasaran dan penjualan. Merk dagang merupakan sebuah identitas produk yang memudahkan konsumen untuk mengingatnya. Merk dagang sangat berpengaruh besar pada proses pemasaran produk dagang kepada konsumen. Pemasaran dan penjualan produk dagang anda akan berjalan relatif lebih lancar jika merek dagang anda menarik bagi para pelanggan.


Berbagai jenis produk bahan pelengkap masakan sangat beredar luas di pasar nasional. Kebutuhan masyarakat akan resep yang praktis telah berubah menjadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi berbagai perusahaan. Oleh karenanya di masa sekarang sangat mudah ditemui berbagai macam merk dagang resep makanan yang terdapat dipasaran. Bahkan setiap tahunnya pasti ada jenis baru dari merk dagang lain yang siap bersaing melawan merk dagang lama yang sudah beredar dipasaran.


Di Indonesia sendiri berbagai merk resep makanan ditelurkan oleh daftar nama perusahaan yang bagus seperti Bango, Blue Band, Ajinomoto, Royco,  Bogasari, ABC, Masako, dan lainnya. Merk dagang tersebut sangat mudah kita jumpai dan mudah diingat oleh masyarakat sebagai konsumen. Selain itu, dibalik beberapa merek dagang tersebut juga mengandung sebuah resep khusus yang mengandung cirihas dari setiap merk. Resep yang diluncurkan sangat bermacam-macam mulai dari penyedap rasa, bumbu praktis baik yang kering maupun basah, sampai makanan instan pun juga tak ketinggalan.


       merk-merk resep makanan


Pada umumnya orang Indonesia sendiri sebenarnya lebih menyukai sesuatu yang unik, fresh, baru dan dapat menarik perhatian hanya dalam sekali lihat. Masyarakat seringkali merasa penasaran dengan berbagai macam hal baru yang belum pernah mereka coba. Sehingga dewasa ini, untuk menarik peminat pembeli, para pengusaha dituntut untuk lebih kreatif agar tidak tergeser dengan perusahaan pesaingnya. Buntutnya, nama brand unik makanan pun menjamur di mana-mana.


Tingkat keunikan sebuah merk dagang menjadi salah satu faktor penentu pemasaran. Nama unik dari sebuah merk dagang sangat memudahkan konsumen untuk mengingatnya dan membuat para konsumen baru merasa penasaran pada produk tersebut. Didorong dengan rasa penasaran yang tingi terhadap suatu produk, konsumen selalu ingin mencoba setiap produk baru yang memiliki cirihas sendiri dalam resepnya.


Produk-produk makanan dengan merk yang sangat lucu banyak ditemui baik di layar televisi maupun media cetak. Sebut saja  Beras Naruto, Beras Barcelona, Kecap Begal, Mie Remux Patah Hati, Saus Homo dan nama brand unik kocak lainnya. Beragam reaksi bermunculan dari masyarakat mengenai merk dagang yang unik tersebut. Ada yang menilai aneh, kontroversi, sensasional, apapun itu bisa jadi ada unsur kesengajaan atau tidak sengaja. Tapi yang jelas nama-nama tersebut akhirnya menjadi brand keunggulan mereka dalam menjual popularitas


MERK RESEP MAKANAN YANG DISARANKAN UNTUK PEMULA



Seiring berjalannya waktu dan kebutuhan masakan dari masyarakat yang terus meningkat, banyak sekali pilihan merk resep dari daftar nama perusahaan yang bagus di bidang pangan. Inilah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan merk dagang yang efektif bagi usaha anda :


  • Pilih nama yang berdaya pembeda.

Nama yang terdengar mirip dengan kompetitor Anda yang sudah eksis dalam bidang usaha yang Anda tekuni tidak akan efektif dalam mendongkrak popularitas usaha dan merek dagang anda. Nama akan menjadi sebuah standar penilaian sebuah produk ketika sudah beredar di masyarakat. Ingatlah bahwa semakin berbeda merek dagang Anda dari para pesaing, maka akan semakin besar peluang usaha Anda untuk maju dan berkembang di kancah perekonomian. Oleh karenanya pilihlah nama yang unik dan belum pernah ada di pasaran. Agar para konsumen baru menjadi tertarik dan para konsumen lama menjadi mudah mengingat produk anda.


  • Pilih yang tidak membingungkan.

Meskipun harus terdengar unik dan berbeda, bukan berarti anda harus membuat sesuatu yang terlalu aneh dan di luar jangkauan pengetahuan orang. Penamaan sebuah produk yang terlalu aneh membuat konsumen merasa kebingungan terhadap produk anda. Selain itu, nama produk yang terlalu aneh bahkan bisa membuat konsumen merasa risih dan tidak nyaman. Sehingga tidak jadi mencoba produk yang anda buat. Oleh karenanya buatlah nama yang unik namun tetap dipahami oleh khalayak ramai dan bisa diterima oleh konsumen.


  • Gunakan kata-kata temuan.

Kata-kata temuan adalah kata-kata yang tidak dapat kita jumpai di kamus bahasa mana pun dan diciptakan secara kreatif oleh manusia. Kata-kata temuan seringkali dibuat menyerupai istilah sesuatu yang menggambarkan produk tersebut. Kata temuan ini sering dijadikan sebagai pengistilahan bentuk yang merepresentasikan keunggulan dari produk tersebut, contohnya Verizon, Spandex, Exxon dan Kodak.


  • Pertimbangkan nama tumbuhan atau hewan. 

Nama hewan atau tumbuhan yang mencerminkan sifat atau karakteristik tertentu yang sesuai dengan produk anda. Penamaan produk dengan nama hewan tersebut menjadikannya akanlebih mudah diingat dan menarik bagi masyarakat luas. Sehingga proses pemasaran dari produk tersebut akan lebih mudah karena nama produk yang anda buat sudah familiar di ingatan para masyarakat yang menjadi konsumen.


                   merk resep makanan dari nama hewan


  • Hindari kata-kata yang bersifat deskriptif

Kata-kata deskriptif misalnya adalah "Gula Pasir", "Deterjen bubuk", atau "Kecap Manis". Semua kata-kata tersebut menggambarkan karakteristik yang melekat pada benda tertentu. Jika kata-kata seperti ini didaftarkan, kemungkinan besar Anda akan ditolak karena persetujuan terhadap merek dagang seperti itu hanya akan membuat banyak orang harus menghindari pemakaian istilah "Deterjen Bubuk" dalam kemasan deterjen mereka. Padahal itu semestinya adalah istilah yang umum dan bisa digunakan siapa saja tanpa harus mendapatkan izin.


  • Gunakan akronim atau singkatan

Nama yang pendek sejatinya lebih mudah diingat daripada nama yang panjang. Dalam sebuah merk dagang seringkali kita jumpai nama barang yang diambil dari sebuah Akronim (singkatan) Akronim biasanya sangat mudah diingat karena simple dan dan unik. Banyak merek atau nama perusahaan yang menggunakan akronim seperti ABC, IBM, dan ATT. Dengan menggunakan akronim, nama produk yang semestinya panjang bisa menjadi lebih ringkas dan mudah dikenang oleh masyarakat.


Pada beberapa perusahaan pemula biasanya masih sangat mengacu kepada merk-merk yang kurang menarik sehingga perlu adanya inovasi, sebagai bentuk identitas daripada produk yang akan diperkenalkan nantinya. Pembaharuan inovasi dari segi nama, kemasan dan juga kualitas nantinya akan sangat berpengaruh pada pasar. Seunik apapun nama dan sebaik apapun kemasan sebuah produk jika tidak diimbangi dengan kualitas yang baik pasti tidak akan menjadikan citra yang positif pada produk tersebut dikemudian hari.


Itulah beberapa masukan yang bisa anda gunakan dalam menemukan merk makanan yang baru. Anda bisa berkreasi sekreatif mungkin dalam menemukan nama yang unik dan menjual. Nama yang unik akan terkenang di dalam benak konsumen dan akan menjadi barang pertama yang mereka cari, tentu saja hal ini akan memberikan keuntungan bagi anda. Selain itu peningkatan kualitas produk akan menjadi faktor penentu bertahannya sebuah produk di pasaran. Semoga bermanfaat...!!!!

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang