Apa artinnya untuk memiliki predisposisi genetik terhaap penyakit?

Dilihat 2,2 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hal tersebut berarti kamu memiliki sebuah versi dari sebuah gen (atau beberapa versi dari beberapa gen), hal tersebut membuatmu lebih rentan terkena penyakit tertentu dibanding rata - rata orang. Istilah ini paling sering digunakan dalam konteks penyakit kompleks yang dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti kanker, penyakit jantung, atau diabetes.


Siapapun dapat terkena penyakit - penyakit tesebut, tapi beberapa orang memiliki variasi genetik yang membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit - penyakit tersebut. Misalnya, sebagian orang mewarisi gen yang cacat yang biasany membantu dalam mengatur perkembangan dan pembelahan sel, membuat mereka memiliki resiko yang lebih tinggi terkena beberapa jenis kanker dibanding kebanyakan orang. (misalnya mutasi gen BRCA yang membuat Angelina Jolie memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap kanker payudara dan ovarium, dia memutuskan untuk melakukan mastektom untuk mengurangi resiko tambahan tersebut).


Sebagian orang mewarisi gen yang mengubah cara tubuh mereka memproses gula, atau lemak, membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskular atau diabetes dibanding orang - orang yang memiliki pola makan dan gaya hidup yang serupa tapi dengan versi gen yang berbeda. Memiliki predisposisi genetik terhadap penyakit tidak berarti bahwa kamu pasti terkena penyakit tersebut; tidak ada mutasi gen sebanyak itu yang dapat menyebabkan penetrasi 100% (100% orang - orang yang memiliki mutasi tersebut memiliki penyakit).


Jika kamu mengetahui bahwa kamu memiliki predisposisi genetik, kamu bisa melakukan langkah - langkah pencegahan seperti mengubah pola makan, dan faktor gaya hidup lainnya untuk mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung, atau melakukan pemeriksaan kanker secara berkala atau melakukan operasi pencegahan jika kamu memiliki resiko tinggi terkena jenis kanker tertentu.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang