Apa artinya kalau memiliki tekanan darah tinggi?

Dilihat 970 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hipertensi itu masalah paling umum yang kita temui sekarang ini. Sekitar 30% orang dewasa sekarang ini mengalami hipertensi. Tekanan darah tinggi itu lumayan gampang di kontrol. Sebelum menyarankan obat-obatan, lebih penting untuk lebih memahami apa itu tekanan darah tinggi dan penyebab utamanya. Seketika kita mengerti hal itu, yang perlu kita lakukan adalah membalikkan situasi. Aku tidak akan masuk ke istilah teknis pada anatomi, jadi semua orang bisa membacanya dengan lebih mudah.

Prehipertensi bisa di kontrol hanya dengan merubah gaya hidup, tetapi obat itu wajib dari tingkat 1 dan terpisah dari perubahan gaya makanan. Tekanan darah didefinisikan sebagai tekanan pada dinding arteri oleh aliran darah. Satu bacaan (sistolik) ketika jantung memompa darah, bacaan kedua (Diastolik) ketika jantung berelaksasi. Arteri melebar dan berkontraksi untuk mendorong darah maju dan hal ini membutuhkan elastisitas supaya bisa dilakukan.

Ada dua alasan utama untuk tekanan darah tinggi:

  1. Penyempitan arteri karena pembentukan plak dan menghalangi aliran darah
  2. Pengerasan arteri yang mencegah mereka supaya tidak berkontraksi dan melebar
Penyempitan arteri dapat terjadi karena penumpukan plak yang disebabkan oleh peningkatan kolesterol LDL atau beberapa penumpukan garam lain. Pengerasan arteri secara utama disebabkan oleh peningkatan asupan Sodium. Jumlah Sodium yang dibutuhkan per hari itu masih menjadi topik debat. Sodium secara alami ada didalam semua produk makanan dan cukup untuk aktivitas normal. Namun, kalau kamu benar-benar bekerja dengan keras dan berkeringat banyak atau kalau kamu itu atlet, berarti asupan Sodium harus sekitar 2000mg per hari. Karena setiap kita membutuhkan jumlah Sodium yang berbeda, aku akan menyarankanmu untuk mendapatkan tes Serum Sodium beberapa kali sampai kamu mengenal kecukupan asupan Sodiummu daripada tidak tahu apa-apa.

Sekarang, coba lihat seberapa gampangnya kita bisa menurunkan tekanan darah ke tingkat normal.

  1. Kurangi konsumpi Garam: Hindari makanan olahan karena semua makan itu mengandung banyak garam. Karena memang kita tidak bisa sepenuhnya menghindari makanan olahan, pastikan makananmu paling tidak mengandung 30% bahan mentah seperti buah-buahan, salda, kcambah, dll. Pastikan juga garamnya tidak lebih dari 2 gram yang mengandung 800mg Sodium, sisanya ada di makanan itu secara alami, kok. Mengurangi garam didalam semua makanan favorit kita mungkin susah, jadi mendingan lebih banyak buah-buahan, kecambah dan salad karena tidak perlu garam. Ngomong-ngomong, kamu hanya perlu latihan makan makanan rendah garam selama 10 hari, soalnya sel dalam kelenjar perasa akan melakukan refresh setiap 10 hari, dan sel yang baru nanti akan digunakan untuk makanan rendah garam dan kamu akan merasakan makanan tersebut lebih enak dari sebelumnya (tentunya dengan makanan yang garamnya lebih sedikit).
  2. Tingkatkan konsumsi air: Seseorang harus paling tidak minum 3 liter air per hari walau sebenarnya 4 liter itu yang paling tepat. Mulailah dengan minum 1 liter air di pagi hari dan secara rutin minum setiap 2 jam sampai jam 6 malam. Yep, kamu akan sangat sering mampir ke kamar cuci, tapi memang begitu caranya. Air dapat mengambil kelebihan garam dalam tubuhmu.
  3. Kurangi Kolesterol LDL: Sekarang, jawabanku malah jadi terlalu ilmiah, tetapi supaya lebih mudah dimengerti, makan lebih banyak sayuran.
  4. Jus sayur: Walaupun jus sayur mempunyai banyak nutrisi mikro, kandungan serat dalam jus sayur dapat membantu membersihkan dinding pembuluh darah. Pastikan juga masukkin labu berusuk, labu botol, labu ular dan tambahkan tomat, wortel, mentimun, akar bit sesuai pilihanmu dan tambahkan juga jus jeruk nipis dan madu. Minum paling tidak satu jam sebelum sarapan.

Ikutin cara ini untuk beberapa minggu dan lanjutkan obat-obatan medismu, kunjungi dokter buat sarannya kalau kamu dapat mengurangi dosis obatnya. Semuanya untuk yang terbaik.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang