Apa bedanya Diare sama gak bisa tahan BAB?

Dilihat 298 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Diare merupakan kondisi dimana kamu merasakan paling tidak 3 kali buang - buang air setiap harinya. Diare biasanya berlangsung selama beberapa hari dan dapat mengakibatkan dehidrasi karena banyaknya cairan tubuh yang terbuang. Dehidrasi ditandai dengan hilangnya keelastisan kulit dan perubahan tingkah laku. Hal tersebut bisa berlanjut menjadi buang air kecil yang semakin sedikit, warna kulit memucat, detak jantung semakin kencang, dan respon yang menurun seiring dengan dehidrasi yang bertambah parah. Buang - buang air, tapi bukan buang air yang dialami bayi yang sedang menyusu, hal tersebut masih normal.


Penyebab paling umum dari diare adalah infeksi pada usus yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit, sebuah kondisi yang disebut gastroenteritis. Infeksi ini biasanya berasal dari makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan kotoran atau dari orang lain yang juga terinfeksi. 


Diare dibagi menjadi tiga jenis : diare air durasi pendek, diare berdarah durasi pendek, dan yang terakhir diare persisten yang berlangsung lebih dari dua minggu. Diare air durasi pendek dapat terjadi karena infeksi kolera. Kalau terdapat darah di dalam kotoran, maka dikenal juga dengan disentri. Beberapa penyebab selain infeksi juga dapat mengakibatkan diare, misalnya hipertiroidisme, intoleransi laktosa, penyakit radang usus, beberapa jenis obat, dan sindrom iritasi usus besar. Pada kebanyakan kasus, penyebabnya tidak harus diidentifikasi. Jadi pada dasarnya tidak ada bedanya!

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang