Apa bedanya Kamera DSLR dengan kamera digital SLR?

Dilihat 278 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ada banyak desain kamera . Ada jenis yang melihat citra dari 1 lensa dan melalui suatu cermin dan lalu ke fokus . lalu film nya turun dan merekam citra tersebut . Kelamahan kamera ini , anda tidak bisa melihat foto selafi kamera merekam foto . Lalu kamera lain didesain menggunakan 2 lensa , jadi pemotret bisa memotret sambil meilhat hasil foto yang ia dapatkan . Kamera ini bagus di gunakan untuk memotret objek yang bergerak dengan cepat , tapi tidak cukup baik untuk memotret citra yang membutuhkan akurasi yang baik.

Jadi kamera SLR menggunakan cermin untuk memantulakan citra dari lensa ke lubang lihatnya , dan saat foto di ambil , cermin tersebut akan ketarik dan citra akan direkam ke film foto.jadi kamera ini bisa menangkap foto jarak jauh maupun dekat tanpa masalah

Bedanya kamera DSLR dan SLR hanyalah masalah digital atau menggunakan film foto . Kamera SLR ini punya 1 kelemaan yaitu saat merekam foto dari sebuah olahraga , Saat mengambil foto seri , misalnya 10 kali . maka anda tidak akan bisa melihat citra di kamera selama 10 kali dalam wktu 1 detik .Jadi biasanya anda akan kelewatan aksi .

Kamera yang menyelesaikan masalah ini yang pertama kali saya ketahui adalah Canon EOS 1V . Jadi tidak seperti kamera lain yang menghilangkan semua cermin saat merekam foto . Tapi kamera ini , hanya mengalihkan beberapa cahaya ke lubang lihat kamera.

kelemahan kamera ini adalah , saat kamera mengambil foto di cahaya yang rendah karena mengalihkan cahaya berarti mengurangi kejelasan untuk si fotografer dan hasil foto.

Jadi kamera SLR adalah kamera  yang paling fleksibel dan bisa di pakai di berbagai macam kondisi. Namun kamera DSLR bisa memberikan preview tentang foto yang akan di dapat sebelum di potret , tapi kamera SLR melihat fotonya lewat cermin ,jadi itu hanyalah refleksi dari benda atau objek asli. jadi berhati hati dengan cahaya background karena kamera ini tidak begitu bisa mengatur banyak nya cahaya yang masuk . Jadi hasil foto yang tercetak tidak begitu baik. Tapi kamera SLR bisa mentolerir banyak cahaya yang masuk , jika anda menambahkan banyak cahaya ke film negatif , anda masih tetap akan mendapat hasil foto yang baik ketimbang foto dari DSLR.

Kamera SLR mempunyai warna yang asli di rekam dari objek tersendiri . Tapi kamera DSLR membutuhkan beberapa pengaturan untuk foto yang di ambil , karena warna yang di dapat dari DSLR merupakan hasil dari komputer.Semakin tinggi setting ISO sebuah kamera , semakin baik hasil foto yang di hasilkan .

Kamera digital juga bisa mengatur lama nya cahaya yang masuk ke film untuk di proses , sendangkan kamera SLR hanya bisa mengganti lamanya terbuka film , selama seberapa panjang film fotonya . Biasanya paling lama selama 36 .

Dengan DSLR anda hanya perlu mengatur cahaya putih lewat komputer , tapi dengan SLR anda harus mengatur nya dengan menggunakan jel filter.

Kamera SLR membutuhkan lebih banyak tenaga untuk beroperasi , tapi kamera DSlR hanya menggunakan sedikit listrik untuk beroperasi

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang