Apa bedanya masakan Indonesia dan masakan Malaysia?

Dilihat 586 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Masakan Indonesia terdiri dari bermacam macam ragam karena Indonesia mempunyai adat istiadat setiap daerah yang berbeda demikian juga halnya dengan masakan selera nusantara yang berbeda. Suku Jawa mempunyai masakannya yang punya ciri khas tersendiri demikian dengan Sumatera yang terkenal dengan masakan pedasnya, Kalimantan yang terkenal dengan ayam cincane, Sulawesi terkenal dengan coto Makasarnya, Bali terkenal dengan ayam betutu, dan Irian jaya terkenal dengan pepeda yaitu bubur sagu. Masakan Indonesia bisa diambil dari masakan setiap daerah. Misalnya resep masakan Indonesia sehari-hari yang sederhana adalah dikenal dengan nasi timbel, sayur asem dengan goreng ikan mas (bisa diganti dengan (ayam goreng), goreng tempe tahu di tambah sambal terasi dan lalapan ( daun kemagi,mentimun dan kol mentah). Wah nikamat sekali. Masakan ini bisa dijumpai di setiap daerah karena sudah familier sederhana dan merakyat. Rasa sayur asem yang khas dan juga sambal trasinya yang terkenal serta nasi timbelnya yang tidak dipunyai oleh negara lain.

 

    


Kita akan mencoba ulas lagi tentang resep masakan Indonesia sehari-hari, yaitu nasi rendang padang, sambal hijau, dan sayur nangka dilengkapi dengan daun singkong. masakan ini bisa kita jumpai disetiap sudut kota yang ada di Indonesia karena terkenal enaknya dan rasa pedas dari daging sapinya tak heran kalau masakan ini terkenal seluruh negara. 


nasi padang


Gado-gado juga resep masakan Indonesia sehari hari di setiap sudut kota yang ada di indonesia. Tampilan yang sederhana dan enak tak heran masakan ini sungguh nikmat, lontong yang dipadu dengan sayur mayur dan disiram dengan sambal kacangnya.


gado-gado


Nama masakan indonesia, seperti laksa, sate dan cendol. Meski demikian, masakan Indonesia dan Malaysia memiliki banyak perbedaan, terutama dari segi variasi dan rasa. Masakan Indonesia dikenal sangat lezat karena pada umumnya menggunakan banyak rempah.

               

Perbedaan Masakan Indonesia dengan Malaysia

Dari uraian diatas kita akan coba membahas masakan malaysia yang mempunyai cita rasa yang hampir sama dengan Indonesia. Apakah ada perbedaan antara masakan Indonesia dengan Malaysia? Sebagai negara tetangga yang masih satu rumpun, Indonesia dan Malaysia memang memiliki banyak kemiripan, termasuk dalam hal makanan. Bahkan kadang masakan Indonesia terdapat juga di Malaysia misalnya rendang, dan sate. Hal ini perlu adanya kejelasan karena Malaysia dan Indonesia sama-sama rumpun Melayu yang perbatasannya hanya dibatasi dengan Patok batu yang bisa dijumpai daerah perbatasan Malaysia dan Indonesia. Jadi perpedaannya hanya  pada cita rasa dan pemakaian rempahnya serta penampilannya misalnya rendang padang yang ada di Indonesia menggunakan rempah yang sangat banyak dan terkenal dengan pedasnya sedangkan di Malaysia rendangnya tidak begitu menyengat rasa bumbunya.

Tapi memang ada kemiripan antara masakan Indonesia dengan Malaysia

Kita mengenal bahwa masakan Malaysia bumbu rempahnya tidak sebanyak masakan Indonesia.  Masakan Indonesia cenderung lebih pedas dan rumit (misalnya: kencur, daun salam, lengkuas, ketumbar, kunyit, bawang merah, bawang putih, jeruk nipis.. semuanya dalam satu masakan!) dan memiliki lebih banyak macam dibanding masakan Malaysia.  Selain itu, orang Indonesia lebih suka menggunakan metode memasak tradisional, sehingga Indonesia merupakan salah satu negara yang orang - orangnya menghabiskan banyak waktu hanya untuk mempersiapkan makanan. Hal ini sangat bertolak belakang dengan orang malaysia yang cenderung lebih suka makan di luar atau memasak dengan cara yang sederhana.Ini akan lebih jelas terlihat perbedaan masakan Indonesia dengan masakan Malaysia.


Masakan Khas Malaysia

Masakan khas Malaysia ternyata ada banyak macamnya, misalnya nasi kandar, salah satu masakan khas Malaysia, meskipun terbuat dari beberapa macam rempah, namun memiliki rasa yang enak atau memiliki cita rasa tersendiri. Ini dia nasi kadar


nasi kadar

Setidaknya kita akan bahas beberapa masakan khas Malaysia yang perlu anda coba apabila berkunjung ke Malaysia salah satunya adalah nasi lemak yaitu nasi yang direndan dalam krim kelapa, ditambah dengan daun pandan dan sereh dan dikukus sampai matang, aromanya yang menggoda hidung membuat orang ingin mencoba mencicipinya. nasi ini dilengkapi dengan ayam goreng, rendang sapi, sambal sontong, dan tumis kangkung.


nasi lemak

Jadi lebih jelasnya perbedaan utama antara masakan Indonesia dan masakan Malaysia adalah terletak pada cita rasa yang berbeda, banyaknya rempah yang digunakan, serta bentuk dan penampilan yang berbeda. Semoga artikel ini bisa membantu.


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang