Apa benar jus jeruk tidak bagus untuk asam urat?

Dilihat 939 • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Secara teori memang benar, tapi hal itu tergantung berapa banyak jus jeruk yang kamu minum. Sebenarnya bukan hanya jus dan minuman ringan - tapi semua jenis minuman yang mengandung gula buatan. Asupan fruktosa erat kaitannya dengan asam urat. Pada kenyataannya, kasus asam usat di Amerika mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya konsumsi fruktosa (yang dikenal dengan sirup jagung tinggi fruktosa) sejak tahun 1970. 


Dalam sebuah studu yang melibatkan 46,000 pria, para penelitin menemukan bahwa meminum 2 atau lebih minum dengan pemanis dalam sehari dapat meningkatkan resiko asam urat sebesar 85%. Sebagian besar orang yang sudah minum minuman ringan serta makan yang manis memiliki resiko terkena asam urat sama seperti jika mengkonsumsi tiga sampai 5 botol alkohol. Sayangnya, para peneliti tidak menganalisa mengenai riwayat asam urat yang ada di keluarga.


Hal yang menarik dari semua ini adalah bahwa ternyata minuman ringan tidak secara khusus mengandung purin. Yang diduga sebagai "biang keladi" terhadap meningkatnya resiko asam urat adlah fruktosa. Fruktosa diduga memiliki mekanisme yang sama seperti alkohol.: fruktosa mempercepat kerusakan nukleotida yang mengandung purin seperti ATP. Hal tersebut pada akhirnya akan meningkatkan level asam urat. Di sisi lain, glukosa dan jenis gula sederhana lainnya tidak memiliki pengaruh terhadap asam urat. Masih belum jelas apakah benar bahwa peningkatan asam urat disebabkan oleh fruktosa atau karena adanya hal lain, misalnya obesitas.


Bagaimanapun juga, konsumsi gula yang berlebihan tampaknya memiliki peran dalam peningkatan asam urat oleh karena itu sebaiknya dihindari. Terlebih lagi gula tidak mengandung gizi apapun. Kalau kamu memang mau mengkonsumsi sesuatu yang mani, diet sift drink tidak mempengaruhi asam urat dan sajauh ini masih cukup aman. Yang perlu kamu tahu adalah beberapa jenis pemanis buatan bisa mempengaruhi bakteri di usus dan bukan merupakan pilihan yang benar - benar sehat. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang