Apa benar meditasi bisa menurunkan tekanan darah?

Dilihat 263 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Meditasipastinya akan menyebabkan pengurangan tekanan darah sementara bagi banyak orang. Secara anekdot, aku pernah mengalaminya sementara, walau lebih ke marjinal, pengurangan tekanan darah dengan mengikuti meditasi "pikiran", dan juga berdiri dengan bentuk meditasi Tai Chi dan Chikung, tetapi semua cara ini tidak ada yang menurunkan tekanan darahkan sampai tingkat aman. 

Penelitian baru-baru ini telah memperlihatkan kalau meditasi itu TIDAK seefektif obat medis dalam mengurangi tekanan darah secara menyeluruh. Studi yang baru menemukan kalau delapan minggu meditasi pikiran tidak memberi efek apapun pada orang yang tingkat tekanan darahnya naik sedikit yang belum mengkonsumsi obat apapun. "Bukan artinya meditasi itu buruk. Hanya saja, meditasi tidak menurunkan tekanan darah," kata penulis senior Dr. Sheldon Tobe dari Sunnybrook Health Sciences Centre di Toronto. Coba lihat http://www.reuters.com/article/2013/10/04/us-meditation-idUSBRE9930XU20131004

Sudah umum kalau berpikir meditasi itu bisa mengurangi tekanan darah. Coba lihat meditasi Google dan penelitian terhadap tekanan darah untuk informasi lebih lanjut -- namun: kebanyakan yang muncul dari situs itu biasanya jasa-jasa yang menjual instruksi meditasi. Pastinya duduk dengan tenang untuk beberapa waktu akan menurunkan tekanan darahmu. Hal ini nyata bagi mereka yang memperhatikan tekanan darah mereka di rumah. Kalau kamu coba cek tekanan darahmu, kemudian duduk diam untuk beberapa menit, tekanan darahmu pasti akan turun. Penurunannya itu TIDAK permanen. Nantinya dia akan naik lagi ketika kamu melanjutkan aktivitas normalmu. 

Meditasi itu memang cara untuk memaksa dirimu untuk duduk tenang dalam beberapa waktu, dan aku telah berlatih beberapa teknik meditasi (Tai Chi, meditasi "pikiran", dan hanya duduk diam diruang gelap, dll). Dalam kasusku, walaupun telah melakukan beberapa aktivitas ini secara rutin dengan beragam regangan dalam hidupku, tekanan darahku, secara keseluruhan, akhirnya naik ke tingkat yang berbaya yang membutuhkan obat medis. Tidak ada jumlah ketenangan yang duduk dalam bentuk apapun, atau melafalkan kata-kata Zen Koan di ruang gelap, yang dapat mengurangi tekanan darahku ke tingkat yang aman.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang