Apa benar "serangan keras ke payudara (dipukul)" bisa menyebabkan kanker payudara?

Dilihat 705 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara.Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya jauh lebih kecil. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi. 

Sel-sel dalam tubuh kita biasanya tumbuh dan berkembang biak secara teratur. Sel-sel baru hanya terbentuk saat dibutuhkan. Tetapi proses dalam tubuh pengidap kanker akan berbeda. Kanker payudara sendiri, memiliki banyak penyebabnya, salah satunya adalah "fat necrosis" dan mutasi gen.

Disini, saya akan menjawab pertanyaan anda mengenai kanker payudara beserta fakta payudara bagi kesehatan, baca terus sampai akhir, ya!


 kanker payudara


Apakah Kanker Payudara Dikarenakan Pukulan Keras?

Kemungkinan anda berpikir tentang "fat necrosis" atau lemak mati pada payudara yang menjadi penyebab kanker payudara. 

Anda tidak akan percaya ini :

Pukulan keras bisa menjadi penyebab kanker payudara, walau tidak langsung. Dengan terbentuknya massa padat yang bertahan selama berbulan-bulan lamanya. Dari sini, terdapat perubahan dari "mungkinkah ini kanker" menjadi "ini mungkin kanker," dengan bahasa yang lebih dimengerti oleh orang-orang nonmedis. Orang cenderung untuk berhenti mendengarkan saat kata "kanker" disebutkan dan saat gosip beredar maka kanker menjadi ketakutan semua orang.

  ciri-ciri kanker payudara

Jika anda tidak mau mendengarkan pertanyaan "mungkinkah" dan pergi begitu saja, maka anda tidak akan sampai pada kata "itu mungkin." Oleh karena itu perhatikan baik-baik apa yang doktermu katakan bukan yang dikatakan oleh dokter tetangga, saudara dan penata rambutmu.


Addendum: 
Ini adalah artikel yang menjelaskan bagaimana lemak mati ("fat necrosis") pada payudara dapat menyerupai kanker. Perlu dicatat bahwa salah satu penyebabnya yang disebutkan adalah trauma mendadak ("incidental trauma"). Inilah yang ketiga. Tidak ada artikel yang membahas hubungan antara trauma dengan payudara dan lemak mati, bagaimana itu dapat terlihat menyerupai kanker dan bagaimana itu tidak dikategorikan sebagain kanker payudara. 

Untuk memperjelas, itu disebabkan oleh pernyataan seperti "saya pernah terkena pukulan pada bagian payudara tapi saya tidak mengidap kanker payudara" dan "banyak sekali petarung bela diri yang berkemungkinan mengalami kanker" merupakan alasan dikembangkannya penetilitan ilmiah menyangkut "fat necrosis." 

Selain itu apa anda tahu, kalau stress bisa menyebabkan kanker payudara


penyebab kanker payudara


Fakta-Fakta Payudara Bagi Kesehatan

Seperti yang saya katakan diawal tadi, saya akan menuliskan beberapa fakta mengenai payudara yang berhubungan dengan kesehatan:

  • Tidak banyak yang tahu apa yang menyebabkan payudara pada wanita bisa tumbuh dan bagaimana payudara bisa tumbuh pada masa pubertas. Tumbuhnya payudara sebenarnya dipicu oleh rangkaian hormon pertumbuhan yang bertemu hormon estrogen yang sedang mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan berkembangnya payudara.

  • Payudara wanita memiliki dua ukuran yang sedikit berbeda. Payudara sebelah kiri biasanya umumnya sedikit lebih besar dibandingkan dengan payudara sisi kanan. Perbedaannya bisa hingga sekitar 20 persen. Hal ini disebabkan pada fase pertumbuhan payudara (thelarche), kecepatan perkembangan payudara kanan dan kiri berbeda. Namun, jika ukuran payudara di rasa sangat berbeda dan Anda merasa khawatir, cobalah untuk mengonsultasikannya ke dokter dan bicarakan langkah apa yang perlu diambil.

  • Fakta tentang payudara selanjutnya adalah menyusui. Ya, menyusui atau memberikan ASI eksklusif bisa membuat wanita terlindungi dari kanker payudara. Jangan takut payudara menjadi kendur atau turun karena terlalu lama menyusui. Menyusui memberikan manfaat yang sangat baik bagi anak dan kesehatan ibunya.

  • Tidak hanya pada wanita, pria juga bisa terkena kanker payudara. Meski penyebabnya masih belum jelas, namun ada beberapa hal yang diduga bisa menyebabkan munculnya kanker payudara pada pria, yaitu obesitas, usia dan gen.

  • Mungkin Anda pernah merasakan payudara terasa penuh dan terkadang terasa lebih mengendur ketika menggunakan bra. Disadari atau tidak, hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon selama siklus menstruasi. Naik turunnya beberapa hormon selama siklus menstruasi menyebabkan ukuran payudara berubah.

  • Selain karena proses penuaan, perubahan kadar hormon dan kehamilan, merokok diduga dapat menyebabkan kekenduran pada payudara. Sebuah studi menemukan bahwa merokok bisa merusak protein yang dibutuhkan untuk payudara, yaitu elastin, sehingga payudara menjadi kendur.

Nah, itulah fakta-fakta menarik mengenai payudara bagi kesehatan. Payudara bagi wanita merupakan bagian tubuh yang penting. Karena itu, jaga terus kesehatan serta keindahan payudara anda dengan menjauhi hal-hal yang bisa mengganggu kesehatan payudara. :)

Oh ya, satu lagi, kalau anda memiliki luka nyeri yang ekstrim, itu belum tentu kanker payudara, lho!

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang