Apa bukti, jika ada, bahwa mengkonsumsi suplemen probiotik (baik dalam bentuk pil/kapsul atau melalui makanan) baik untuk kesehatan? Jika memang benar begitu, bagiamana cara kerjanya?

Dilihat 461 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Probiotik merupakan area yang luar biasa. Cukup menggoda bagi para dokter, pasien dan perusahaan unutk berpikir bahwa dengan melakukan perubsahan dengan lembut (atau tidak terlalu lembut) pada mikroflora (susunan dari bakteri di usus) kamu bisa dengan aman mengatur lingkungan usus dan mengobati sejumlah penyakit. Hal ini dianggap aman karena kamu tidak membuat tubuhmu terpapar obat - obatan. 


Bakteri - bakteri tersebut sudah berevolusi bersama kita selama jutaan tahun dan mereka secara terus - menerus menghadapi "pertemuran" kecilnya sendiri dalam tubuh kita untuk berkuasa. Misalnya, bakter - bakteri yang lebih lengket ke mukosa dapat mengeluarkan zat kimia yang meningkatkan sekresi dan mortalitas usus dan menyingkirkan saingannya yang lain.


Ada juga bukti bahwa bakteri di usus dapat berkomunikasi dengan sistem saraf pusat dan sistem kekebalan tubuh melalui mukosa usus yang dapat mempengaruhi berbagai hal seperti suasana hati dan kekebalan tubuh kita terhadap infeksi.  Saya suka melihat mikroflora di usus sebagai batu karang, sebuah lingkungan yang tenangd an damai ketika diamati sebentar, tapi seperti medan pertempuran untuk bertahan hidup ketika dilihat melalui lensa lainnya.


Probiotik dapat membantu menjaga ketenangan tersebut dan terdapat beberapa percobaan pengendalian  secara acak untuk mendukung kemanjurannya, tidak seperti kebanyakan suplemen makanan lainnya. Dosis merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam probiotik dan kalau kamu mengkonsumsi suplemen, pastikan bahwa di dalamnya terkandung jumlah organisme yang cukup tinggi untuk mencapai usus besar. 

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang