Apa sajakah cara-cara terbaik untuk dapat tertidur dengan cepat?

Dilihat 15,4 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1


Di film A Beautiful Mind, seorang profesor matematika muda yang diperankan oleh Russell Crowe, memasuki ruang kelas yang ramai dan menulis sebuah persamaan di papan tulis. Kemudian setelah seorang wanita muda, yang diperankan oleh Jennifer Connoly, mengatasi masalah keramaian di kelas tersebut, sang profesor berkata:  

"Dalam kalkulus multivariabel, sering ada sejumlah solusi untuk setiap masalah/soal yang diberikan." 

Kemudian profesor tersebut melanjutkan dan mengatakan:  

"Bagi sebagian dari anda memecahkan masalah ini akan mengambil waktu hingga berbulan-bulan, dan bagi yang lainnya, akan mengambil waktu untuk seluruh perjalanan hidupnya".

Pernyataan ini ada benarnya untuk kualitas tidur. Tidur yang nyenyak bisa menjadi hal yang alami bagi sebagian orang, namun bagi sebagian yang lain mereka bisa menghabiskan waktu sepanjang hidupnya untuk berusaha mencapai tidur yang berkualitas dan tidak pernah berhasil. Jadi, apa rahasianya agar dapat tertidur dengan cepat dan juga berkualitas? Baca lebih lanjut ya, saya akan memberikan beberapa tips yang sangat berharga untuk membantu membimbing anda memiliki cara cepat tidur serta mencapai tidur yang berkualitas!



Cara Untuk Tidur Cepat

 

Belajar dari para dokter gigi 

Anda mungkin berpengalaman bagaimana cara menghindari gigi anda agar terhindar dari kerusakan serta terhindar dari berkumpulnya berbagai jenis calculus yang biasa dikenal dengan istilah plak gigi.

Caranya sederhana bukan? Anda harus menjaga kebersihan gigi yang baik seperti menyikat gigi dan menggunakan benang gigi dapat mencegah kerusakan pada gigi anda. 

Kita semua mengetahui cara-cara umum untuk menjaga gigi kita tetap sehat. Kita telah belajar tentang kesehatan gigi dari waktu usia kita muda. Anak yang berumur 3 tahun pun bisa memberitahu kepada anda tentang ini. Apa yang mungkin anda kurang pahami, dan mungkin anda belum pernah mendengarnya sama sekali, adalah tentang sleep hygiene (tidur yang higenis).

Jika anda serius ingin mengetahui bagaimana cara tidur cepat dan berkualitas, anda harus mengenal sleep hygiene dengan baik.


   tidur

 

Sleep Hygiene (Tidur Yang Higenis)


Sleep hygiene adalah berbagai praktek yang diperlukan untuk mengoptimalkan tidur dan menjaga kita tetap fokus pada siang hari. Sleep hygiene juga merupakan cara tidur cepat. Praktek sleep hygiene adalah sebagai berikut:

  1. Pola tidur yang teratur -  Hal yang paling penting adalah menjaga pola tidur yang teratur. Sama pentingnya seperti anda menyikat gigi setiap malam, tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari dalam seminggu adalah hal yang penting juga. Dimulai dari menghabiskan waktu yang tepat untuk tidur, tidak kurang atau tidak berlebih. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tidur bervariasi bagi setiap orang. Jika anda sering mengantuk di siang hari, setidaknya tidur 7,5 jam itu cukup. Jika anda menderita insomnia, membatasi tidur anda selama 7 jam mungkin adalah ide yang lebih baik.
  2. Jangan tidur siang
  3. Jangan ada “tin” – Seperti nikotin atau kafein sebelum tidur. Ingat, cokelat mengandung kafein di dalamnya!
  4. Jangan minum alkohol sebelum tidur -  Mungkin alkohol dapat membantu anda tertidur, akan tetapi alkohol juga dapat mencegah anda ke tahapan tidur yang lebih dalam serta ke tahapan tidur REM (Rapid Eye Movement, tidur dengan gerak mata cepat) yang justru menyegarkan tubuh anda. Dengan kata lain, alkohol dapat mengganggu kualitas tidur anda.
  5. Olah raga bisa berdampak baik ataupun buruk -  Yoga atau latihan relaksasi merupakan salah satu cara cepat tidur. Olah raga dengan intensitas yang sangat tinggi justru dapat memiliki efek sebaliknya dan mungkin lebih baik anda melakukan olah raga beberapa jam sebelum tidur atau pada saat pagi hari.
  6. Makan makanan yang ringan sebelum tidur -  Makan makanan yang berat sebelum tidur dapat membuat anda terus terjaga.
  7. Cahaya matahari itu baik -  Terkena cahaya matahari dapat menjaga ritme sirkadian anda tetap selaras.
  8. Tempat tidur anda gunakan hanya untuk Tidur -   Hindari membuat suasana untuk tetap terjaga dengan menonton TV, membaca, bekerja, mengirim SMS, mengecek telepon atau menggunakan komputer di kasur.
  9. Jaga agar suasana kamar tidur anda tenang, gelap, dan nyaman -  Terlalu panas atau terlalu dingin bukanlah ide yang bagus. Anda membutuhkan kenyamanan saat anda tidur.
  10. Rutinitas santai -  Gunakan waktu sebelum tidur untuk melepas stress, relaks dan lupakan tentang kejadian-kejadian yang membuat anda stress sepanjang hari. Hindari melakukan apapun yang membuat anda stress pada waktu ini. 


Sleep hygiene untuk segala usia 

        

Sleep hygiene tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa . Jika anda adalah orang yang tidur nyenyak sepanjang malam dan tidak mengantuk di siang hari, maka mungkin anda telah memiliki sleep hygiene yang baik. Namun, jika anda mengalami masalah dengan tidur anda, menerapkan sleep hygiene yang baik bisa membantu. 

Bahkan jika anda sudah memiliki tidur yang nyenyak, menerapkan sleep hygiene dapat mencegah masalah di masa yang akan datang yang berkaitan dengan tidur anda. 



Gangguan Tidur 

Jika anda tetap mengantuk meski sudah melakukan sleep hygiene yang baik dan anda dinyatakan sehat, maka bisa jadi ganguan tidur adalah penyebabnya. Jika anda sering mendengkur saat tidur, sering mengantuk, insomnia kronis, atau perasaan kaki yang tidak nyaman yang merasa “gelisah”, berkunjung ke dokter spesialis mungkin dapat membantu anda.

                        insomnia


Itulah langkah-langkah cara tidur cepat yang bisa kita praktekan. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidur yang nyenyak merupakan hal yang alami untuk sebagian orang, namun untuk sebagian orang lainnya perlu menerapkan teknik sleep hygiene ini, karena dengan menerapkan teknik cara cepat tidur diatas dapat dipastikan mereka akan bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sebaliknya jika mereka tidak menerapkan hal tersebut, mereka bisa menghabiskan seumur hidupnya mencoba mencapai tidur yang berkualitas namun tidak pernah berhasil.

 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang