Apa cara-cara yang baik untuk mengatasi insomnia?

Dilihat 2,72 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Aku akan menjawab pertanyaan yang kupercaya inilah yang kamu tanyakan [1] yaitu: bagaimana caranya supaya aku dapat menahan untuk tidak tidur dan tetap menghindari gejala-gejala kurang tidur? Tidak ada caranya.

Coba banding dengan satu contoh orang yang ingin turun berat badan. Dalam banyak kasus, gejala obesitas yang tidak nyaman biasanya diakibatkan oleh jangka waktu kebiasaan, dimana, bisa dikatakan baik; ini artinya kamu dapat memilih kebiasaan mana yang perlu diubah dan sampai sejauh mana. Kalau aku menolak untuk mengubah cara makanku karena aku suka pizza, berarti aku harus lari beberapa mil setiap harinya. Aku mengansumsikan kalau kita membatasi hal ini kalau kasusnya itu soal kurang tidur. Tidak ada kebiasaan yang dapat kamu tambahkan atau hilangkan untuk mengungai gejalanya, kecuali tidur cukup.

Tidur cukup itu satu-satunya cara untuk menghindari gejala kurang tidur. Berbicara dari pengalamanku sendiri sebagai burung hantu malam, tidak ada pengganti yang dapat memberimu kualitas tidur yang cukup untuk tubuhmu. Jadi, sejauh yang aku tahu, teknik untuk mengurangi gejala-gejala (terasa lelah, performa kerja yang lambat, laju metabolism yang berkurang, cepat lupa, dll) kurang tidur itu tidak ada sama sekali.

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah memutuskan kalau kamu mau tidur sesuai dengan apa yang tubuhmu butuhkan. Tanpa kemauan, pasti tidak ada jalan. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah mengoptimalkan kulitas tidurmu, jadi, dalam teori kamu hanya dapat menerima kualitas tidur selama 6 jam dan beroperasi paling banyak dan berat sesuai dengan 8 jam waktu tidur.

Ini bukan solusi untuk insomnia, tetapi kalau kamu ada kemauan untuk meningkatkan gaya hidupmu dan dapat kompromi beberapa jam waktu bangunmu, itu akan menjadi nilai yang bagus.

Beberapa cara untuk meningkatkan kualitas tidurmu: 

  • Temperatur Ruangan: dingin 
  • Suara/Kebisingan: diam 
  • Cahaya: tidak ada atau gelap 
  • Gunakan aplikasi f.lux di HP mu 
  • Konsumsi Melatonin 1.5 jam sebelum tidur (lihat: http://www.gwern.net/Melatonin
  • Gunakan aplikasi seperti Sleep Cycle untuk membangunkanmu ketika kamu dalam fase tidur teringan (yang ada dampak nyatanya dalam bagaimana kamu beristirahat dan ingin sekali bangun pada pagi hari) 
  • Kamu juga bisa lihat artikel ini untuk eksperimen tidur, data, dan wawasannya. 

[1] Kamu menyatakan kalau kamu mau cara untuk ‘berurusan’ dengan insomnia dan ‘kamu tidak mencoba menyembuhkannya’, tetapi hanya mau ‘mencari cara supaya tetap terbangun dan tetap terasa tidak apa-apa besoknya’.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang