Apa cara mengobati psoriasis selain obat allopathic?

Dilihat 278 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kronis yang terjadi pada kulit. Pada kulit normal, pergantian kulit biasanya berlangsung selama sekitar 28 hari, namun proses pergantian kulit pada orang yang hidup dengan Psoriasis (ODPA) berlangsung lebih cepat yaitu sekitar 2 hari (bahkan bisa terjadi lebih cepat) serta pergantian sel kulit lebih banyak dan menebal.

Umumnya gejala psoriasis dapat dilihat dari kulit yang memerah, terasa tebal, kering, bersisik, pecah-pecah, bahkan berdarah. Tanda-tanda tersebut juga terkadang disertai rasa gatal atau perih. Semua bagian tubuh bisa terserang gejala psoriasis. Namun, kondisi ini biasanya muncul pada lutut, punggung bagian bawah, siku, atau kulit kepala.



Meskipun tidak menular, namun penyakit ini memiliki sifat hilang-timbul. Sehingga sampai saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit psoriasis secara total. Pengobatan psoriasis yang ada hanya untuk menekan gejala Psoriasis ini, memperbaiki keadaan kulit, mengurangi rasa gatalnya. 

Berbagai macam usaha pengobatan psoriasis pun dilakukan oleh para ahli, seperti pengobatan medis konvensional atau biasa disebut Allopathic, yakni obat atau bahan obat yang  diresepkan dokter kepada pasien untuk mengobati psosiaris. Bentuknya bermacam-macam, bisa tablet, kapsul, salep atau sirup.


Adakah Alternatif untuk Mengobati Psoriasis selain Obat Allopathic?


Meskipun dokter merekomendasikan bahwa obat-obat  sangat efektif untuk menangani penyakit psoriasis, namun ada solusi lain yang lebih alami yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan gejala kondisi penyakit ini. Beberapa obat psoriasis alami yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan gejala kondisi penyakit ini adalah:


1. Minyak ikan




Minyak ikan kaya asam lemak omega 3, sehingga sangat bagus untuk mengatasi kondisi kulit kering dengan cara membuatnya menjadi segar dan bersemangat. Dalam hal psoriasis, EPA yang terdapat dalam minyak ikan akan membatasi pertumbuhan agen pro inflamasi dengan memproduksi asam arakidonat. Konsumsi obat ini untuk mengurangi pembengkakan.

2. Yoga 




Selain mampu memperlancar aliran darah, yoga juga dipercaya dapat meremajakan kulit. Masalah-masalah kulit apa saja dapat diatasi dengan melakukan yoga secara rutin. Yoga adalah pengurang stres yang baik. Mengurangi stres bisa membantu menenangkan sakit dan gatal dari plak psoriasis.


3. Makanan bebas gula

Kelebihan asupan gula tidak hanya meningkatkan peradangan, juga bertanggung jawab memicu pembengkakan psoriasis. Bacalah tabel komposisi makanan. Dan jauhi makanan yang tinggi akan gula. 


4. Daging Rendah Lemak

Daging rendah lemak juga merupakan obat psoriasis yang ampuh. Jika makan daging, pilih jenis lemak rendah seperti ayam. Beberapa orang dengan psoriasis melaporkan bahwa kondisi mereka membaik dengan mengurangi konsumsi daging merah.


5. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh ini banyak digunakan sebagai anti-inflamasi (anti peradangan), yang dapat membantu mengobati psoriasis, pada kaki, jamur kuku, dan jerawat. Selain itu, Minyak pohon teh membantu kan mengatasi infeksi dan mengatasi sel mati yang kering.


6. Baking Soda
Sifat anti-jamur membuat baking soda efektif untuk mengobati gatal akibat psoriasis, serta mengobati luka bakar. Anda bisa mencampur 1 sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta, yang dapat dioleskan ke daerah yang terkena psoriasis.



Itulah pemaparan pengobatan untuk penyakit psoriasis. Jagalah kesehatan Anda. Hindari hal- hal yang dapat menimbulkan tumbuhnya pemicu psoriaris. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, tubuh rentan akan masuknya penyakit. Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Semoga bermanfaat!

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang