Apa cara terbaik untuk mengurangi lemak perut pada pria?

Dilihat 590 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki tubuh ideal bukan hanya dambaan kaum Hawa, tubuh ideal juga merupakan salah satu keinginan besar kaum pria, sehingga tidak sedikit kaum Adam pun berlomba mendapatkan perut six pack. Sebab dengan memiliki tubuh ideal akan membuat tubuh terasa lebih nyaman dan sehat. Selain itu tubuh ideal akan membuat kaum pria senantiasa percaya diri. Betuk tubuh ideal yang menjadi dambaan setiap pria merupakan bentuk tubuh yang pas dan tepat, tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk. Tubuh ideal adalah tubuh  sehat dan berisi  tanpa timbunan lemak apalagi perut bucit.




Fenomena “perut buncit” sering dijumpai pada pria maupun wanita yang memiliki pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Orang dewasa baik pria maupun wanita yang memiliki pencernaan (usus) tidak sehat, cenderung memiliki timbunan lemak berlebih di area perutnya. Timbunan lemak tersebut lambat laun membuat perut menjadi buncit.

Namun sayangnya tidak sedikit pria yang merasa kesulitan untuk memiliki tubuh ideal dan sehat, apalagi untuk medapatkan perut yang rata dan bebas lemak. Kesulitan di sini terkait degan cara maupun biaya. Maka pada kesempatan ini kami sajikan tips mengecilkan perut untuk pria  serta cara menghilangkan lemak di perut secara cepat dan aman. Dengan menggunakan metode ini, impian anda sebagai pria yang memiliki tubuh ideal dan sehat akan tercapai dengan aman tanpa menimbulkan  fek samping dikemudian hari, simak artikel berikut


Cara Mengurangi  Lemak di Perut pada Pria

Di bawah ini merupakan beberapa cara terbaik untuk  mengurangi  lemak di perut pada pria secara alami yang dapat  anda lakukan di rumah.

  • Lakukan  Diet Sehat.

Tidak ada cara yang ajaib untuk  menghilangkan lemak di perut tanpa memperhatikan program diet. Saat ini banyak orang yang tidak tahu apa itu diet atau arti diet yang sesungguhnya. Pada dasarnya diet  sama sekali tidak ada hubungannya dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang  lebih sedikit, seperti pemikiran orang pada umumnya  Makna diet yang sebenarnya tidak demikian, diet merupakan sebuah proses untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat serta terjadinya perubahan pada bentuk tubuh. Diet adalah sebuah kata untuk menggambarkan  (kombinasi dari) pengaturan pola makan, baik jenis, porsi, ukuran,  maupun kandungan gizinya   untuk tujuan tertentu seperti :  menurunkan atau menambah berat badan, membantu penyembuhan penyakit atau maksud lainnya.



Tidak makan bukanlah gaya yang sehat sebagai cara menghilangkan lemak di perut. Makan secara teratur dengan porsi kecil dapat membantu anda mengatasi masalah kelebihan lemak pada tubuh anda.   Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat untuk diet penghilang lemak  di perut :  beberapa jenis buah  (apel,  alpukat, semangka), sayuran segar, dada ayam dan ikan salmon, almond

Jagalah pola makan anda, batasi sumber protein yang berlemak tinggi, ganti sumber karbo menjadi karbo kompleks (misalkan nasi merah atau oatmeal). Mulailah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng. Isi perut anda dengan makanan rendah kalori namun kaya nutrisi. Selain itu komsumsi juga makanan berserat tinggi, makanan berserat dapat membatu melacarkan kinerja usus serta melarutkan lemak agar tidak tertimbun di perut secara berlebihan. Memperbanyak makan sayur dan buah bisa menjadi langkah awal “pembersihan” pola makan Anda.


  • Olahraga Pembakar  Lemak
           

Jika ingin memperkuat otot perut maka fitness center adalah tempat yang cocok untuk anda namun  fitness center kuranglah efektif sebagai cara menghilangkan lemak di perut. Bagaimana dengan Sit up, apakah sit up adalah cara yang tepat untuk membuang perut buncit anda ? Perut buncit terjadi akibat timbunan lemak berlebih, sementara sit up tidak ampuh untuk membakar lemak.  Jika anda melakukan beberapa kali sit up atau latihan perut setiap hari,  hal tersebut tidak akan dapat  meratakan perut buncit anda. Berbicara tentang olahraga sebagai cara menghilangkan lemak di perut,  gunakan tenaga dan waktu anda untuk membakar lemak melalui olahraga kardio  (jogging, bersepeda, berenang, berlari, jalan cepat) sekitar 45-50 menit 4-6 kali dalam seminggu. Bila dilakukan degan rutin dan intensitas yang tepat, kegiatan fisik ini dapat membakar lemak berlebih sekaligus melatih jantung anda. Yang harus diperhatikan yakni anda harus melakukan aktivitas ini secara  konsisten.

  • Minum Banyak Air Putih.


Jangan pernah remehkan air putih. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi air secara konsisten sepanjang hari dapat meningkatkan  metabolisme  Minum lebih banyak air juga membantu tubuh menghalangi racun yang masuk dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Minumlah segelas air putih 8 kali dalam sehari. Siapkan botol air putih kemanapun anda pergi dan minum setiap kali anda merasa haus. Anda juga tidak boleh mengkonsumsi alkohol, kurangi konsumsi minuman manis, soda dan minuman berkarbonasi. Trik lain adalah minumlah  air putih sebelum sarapan atau sebelum makan, hal ini bertujuan untuk mengendalikan rasa lapar dan makan yang berlebihan.

  • Meminum Teh Hijau.

Teh hijau memang mempunyai banyak manfaat yang tidak perlu diragukan lagi. Antioksidan jenis polifenol yang terkandung dalam teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, rambut, kulit dan menghambat tumbuhnya sel-sel kanker. Selain antioksidan yang bagus, teh hijau juga mengandung jenis katekin yang bernama epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. EGCG berfungsi mempercepat tingkat oksidasi pada lemak serta mengubahnya menjadi kalori. Teh hijau juga berkhasiat untuk menekan nafsu makan secara berlebihan dan mendetoksifikasi tubuh, sehingga digunakan sebagai cara menghilangkan lemak di perut  dan pelangsing tubuh. Anda dapat rutin mengkonsumsi teh hijau setiap harinya sebagai makanan pendamping menu diet anda.


  • Mengkonsumsi Vitamin C


Penelitian menunjukkan orang yang kurang mengkonsumsi vitamin C sulit untuk mengurangi lemak dalam tubuhnya dibandingkan dengan  orang yang  megkonsumsi vitamin C. Asupan vitamin C yang rendah mengakibatkan meningkatnya berat badan serta ukuran pinggang. Vitamin C mampu membentuk karnitin. Karnitin adalah suatu senyawa yang mampu mengubah lemak menjadi energi untuk tubuh, sehingga penumpukan lemak di perut dapat teruraikan. Vitamin C juga berkhasiat sebagai makanan pendamping untuk anda yang sedang rutin berolahraga. Karena berolahraga saja tidak mampu memetabolismekan lemak tanpa asupan vitamin C yang memadai. Dengan mengkonsumsi vitamic C, anda membantu pembakaran lemak yang diproses dalam olahraga.


  • Hitung kalori                                                                                               Cara menguragi lemak pada  perut  pria yang ketujuh adalah dengan   menghitung kalori. Kalori sesungguhnya sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Kesadaran  akan asupan kalori harian ini akan membantu anda untuk menyingkirkan lemak berlebih. Bagaimanapun cara diet tidak terlepas dari menghitung kalori harian, kenapa? Karena hal ini akan menentukan target seberapa besar hasil dan waktu yang diperlukan untuk  menurunkan atau menaikan berat badan anda. Nah, agar anda dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh, cari tahu terlebih dahulu kebutuhan akan kalori harian anda.
  • Istirahat Yang Cukup
Imbangi aktivitas anda dengan istirahat yang cukup untuk pemulihan stamina tubuh. Anda membutuhkan waktu setidaknya 7-8 jam setiap hari untuk tidur agar tubuh menjadi sehat dan bugar. Penelitian menunjukkan orang yang menyisihkan waktunya  7 jam sehari untuk tidur dapat mengendalikan lemak yang berlebih pada tubuh. Kurang tidur akan mengganggu fungsi hormonal, khususnya yang berhubugan dengan nafsu makan. Ketika anda tidak cukup tidur,  terjadi peningkatan hormon ghrelin pada tubuh, yakni hormon yang meningkatkan nafsu makan. Secara bersamaan tubuh anda juga mengalami penurunan hormon leptin, sehingga sulit untuk merasa kenyang terhadap ukuran atau porsi makanan yang anda biasa konsumsi. Oleh karena itu berikanlah porsi yang cukup untuk tidur, sebagai salah satu tips mengecilkan perut anda.




Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai  keberhasilan program menghilangkan lemak dan pegecilan perut anda serta menjaga hasilnya maka anda harus memiliki motivasi yang kuat, menjaga pola makan dan atur porsi makan. Karena anda adalah apa yang anda makan. Semakin banyak anda makan dengan sedikit aktivitas, maka timbunan lemak dalam tubuh anda juga akan semakin banyak. Imbangin apa yang anda konsumsi dengan olahraga yang teratur. Lakukan diet sehat secara perlahan, mulailah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan memperbanyak aktivitas fisik, motivasi diri anda, catat setiap kemajuan, dan hargai usaha anda sendiri. Menghilangkan lemak di perut dan mengecilkan perut bukan untuk terlihat seksi, tapi menjadi sehat. Dengan tubuh yang sehat, hati juga akan merasa senang, sehingga hidup menjadi lebih berarti. Perut rata bahkan six pack bukan lagi impian melainkan tujuan. Sudah siap melangkah untuk meraih perut idaman?


Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang