Apa cara terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah secara alami dalam tubuh manusia?

Dilihat 538 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

God is amazing! Tuhan sangat luar biasa. Dengan maha karya-Nya menciptakan tubuh manusia sedemikian rupa. Kemudian melalui ilmu sains, manusia dapat mengetahui dan mempelajari berbagai bagian luar biasa tersebut beserta fungsinya masing-masing, salah satunya adalah darah.


Darah terdiri atas dua komponen utama, yaitu plasma darah dan sel-sel darah. Plasma darah merupakan bagian yang cair, teridi atas serum dan fibrinogen sedangkan pada Sel-Sel darah merupakan bagian yang padat dikarenakan Sel-Sel darah terdiri atas sel darah merah, sel darah putih, dan keping-keping darah.


Fungsi sel darah memainkan peranan yang sangat penting pada tubuh manusia. Sel darah merah memiliki peranan yang penting yaitu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sel darah putih ialah bagian yang sangat penting dalam sistem imun tubuh. Bagian tubuh ini melindungi kita dari bakteri, virus, sel kanker, penyakit infeksi berbahaya dan material asing yang masuk ke tubuh. Sedangkan keping darah membantu dalam proses pembekuan darah. Ketika kita terluka, maka keping darah berperan untuk membekukan darah, sehingga darah tidak mengalir terus dan kita tidak kehabisan darah.


Sedemikian pentingnya sel darah pada manusia. Jika seseorang mengalami Kondisi kurangan sel darah dapat mengalami  beberapa efek yang merugikan bagi kesehatan. Menderita kekurangan sel darah tidak dapat dianggap sepele, sebab menurunkan produktifitas penderitanya, hal tersebut  juga dapat menjadi pertanda munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti penyakit gagal ginjal, hepatitis, demam berdarah, thalasemia, leukemia, dan sebagainya.



Apa Sajakah Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Jumlah Sel Darah di Tubuh Manusia?


Dengan mengetahui cara menambah darah yang baik, kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit kekurangan darah. Cara yang paling aman dan alami untuk menambah darah adalah melalui makanan alami penambah darah yang dapat dikonsumsi. Berikut paparannya:



A. Meningkatkan Sel  Darah Merah



Sel darah merah yang berada di bawah normal disebut Anemia. Akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekurangan oksigen guna menghasilkan energi dan rentan akan infeksi. Kadar hemoglobin yang rendah dan jumlah sel darah merah yang rendah adalah dua dari tanda-tanda malnutrisi, kekurangan gizi, dan dalam beberapa kasus, penyakit berbahaya seperti leukemia.


Jika anda mengalami anemia, beberapa jenis makanan penambah darah yang memiliki zat dan kandungan yang akan membantu tubuh anda meningkatkan produksi sel darah merah tubuh anda adalah sebagai berikut:

  1. Besi. Makanan yang kaya akan besi bisa membantu tubuh membangun ulang apa yang sudah hilang. Miju-miju dan kacang-kacangan merupakan cara yang sangat baik untuk mendapatkan besi yang diperlukan.
  2. Tembaga. Mineral penting ini bisa ditemukan dalam banyak makanan, seperti kerang-kerangan, daging unggas, hati, gandum utuh, kacang-kacangan, ceri, coklat dan kacang polong.
  3. Asam Folat. Sudah diketahui sejak lama sebagai bantuan yang sangat baik untuk ibu hamil dan ibu menyusui, makanan yang mengandung asam folat adalah miju-miju, sayuran berdaun hijau gelap, kacang mata hitam dan sereal yang mengandung asam folat.
  4. Vitamin A. Vitamin yang sangat penting ini bisa ditemukan di banyak buah-buahan, seperti anggur, mangga, semangka, plum, melon dan aprikot.
  5. Vitamin B12. Daging, telur dan sereal.
  6. Vitamin B6. Vitamin ini ditemukan dalam variasi makanan yang luas, seperti daging, gandum utuh, kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan, sayuran dan tumbuhan polong.


B. Meningkatkan Sel Darah Putih  


            sel darah putih


Sel darah putih atau leukosit sangatlah penting bagi tubuh kita. Mengingat sel darah putih memainkan perannya sebagai penjaga sistem daya tahan tubuh manusia sehingga penyakit tak mudah menyerang. Berkurangnya sel darah putih di dalam tubuh tak hanya memicu mudahnya terserang penyakit, tapi juga akan memperlambat dari proses penyembuhan penyakit-penyakit yang disbabkan oleh kekurangan sel darah putih, seperti: sistem kekebalan tubuh melemah, kanker darah, tifus, campak.


Menjaga leukosit pada tingkat yang baik sangat penting untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan untuk mencapai ini, Anda dapat memasukkan makanan penambah darah yang akan meningkatkan sel darah putih dalam menu makanan harian anda, seperti:

  1. Makan makanan kaya akan zinc atau seng. Sereal yang yang diperkaya seperti gandum, biji-bijian, dan sereal multigrain yang mengandung jumlah seng yang tinggi.
  2. Biji wijen itu kaya akan mineral, seng adalah salah satunya. Mau dimakan langsung, dipanggang atau digiling menjadi mentega tahini, 100 hidangan biji wijen mengandung sekitar 10 mg seng.
  3. Buah-buahan umumnya tidak mengandung seng yang berlimpah, tapi ada buah-buahan tertentu yang mengandung sumber mineral seng terkaya. Buah delima adalah buah nomor satu yang dengan satu buah delima segar memberikan 1 mg seng.
  4. Sayur-sayuran penambah darah tertentu juga merupakan sumber seng yang baik. Misalnya kacang kedelai, kacang lima dan kacang polong
  5. Sayur bayam adalah makanan super yang kaya akan setiap nutrisi dan seng tanpa terkecuali.
  6. Di antara semua sayur-sayuran, jamur juga bisa dikatakan spesial karena kandungan sengnya yang tinggi.
  7. Makanan kaya akan asam folat: asparagus, brokoli, kacang-kacangan, kacang polong dan miju-miju, alpukat, bunga kol, jagung, wortel.


C. Cara Meningkatkan Keping Darah




Peran trombosit adalah menyumbat pembuluh darah yang rusak untuk mencegah kehilangan darah. Ketika pembuluh darah pecah, trombosit berkumpul di daerah luka dan membantu menutup kebocoran. Jika kadar trombosit rendah maka pembekuan yang terjadi ketika pendarahan juga akan lambat. Hal ini akan berdampak buruk apabila pendarahan yang terjadi sangat serius. 

Berikut ini cara menambah darah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah trombosit darah, antara lain:

  1. Konsumsi Makanan yang Tinggi Vitamin B12 dan Asam Folat. Ketika kadar atau jumlah trombosit anda mengalami penurunan sebaiknya konsumsilah makanan yang tinggi akan vitamin B12 dan asam folat untuk mengembalikan jumlah trombosit kembali normal. Jenis makanan yang tinggi kandungan vitamin B12, antara lain: telur, susu, keju, hati, dan daging kambing. Sedangkan jenis makanan yang kaya akan kandungan asam folat, yaitu: bayam, buah jeruk, dan kacang kering. Untuk menjaga kandungan di dalamnya, sebaiknya kita juga memperhatikan cara pengolahannya juga.
  2. Bawang Putih. Selain baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, mengonsumsi bawang putih juga mampu menambah keping darah dalam tubuh. Oleh karena itu jangan buang bawang putih yang biasanya muncul di dalam masakan Anda.
  3. Gandum Utuh. Konsumsi gandum utuh lebih baik daripada mengkonsumsi nasi sebagai asupan karbohidrat Anda saat sakit. Sebab gandum kaya akan serat, nutrisi, mineral, vitamin yang baik untuk meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh.

Begitulah pemaparan beberapa cara yang dapat digunakan untuk menambah darah pada tubuh. Sebagai bentuk wujud syukur kepada Tuhan atas kesehatan yang kita miliki, tentunya menjaga kesehatan adalah lebih baik daripada mengobati. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat!!


Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang