Apa cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah?

Dilihat 1,42 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sirkulasi darah yang lancar merupakan tanda kalau tubuh kita itu sehat, jika sirkulasi darah kita lancar, maka semua fungsi organ didalam tubuh kan bekerja dengan lancar dan sempurna yang meminimalisirkan timbulnya suatu penyakit. Sirkulasi darah melalui nutrisi, mineral dan oksigen bisa ditransfer ke berbagai bagian tubuh. Juga, sirkulasi yang tepat mendorong pertumbuhan sel dan fungsi organ. 

Hal yang harus anda ketahui :

Penyakit-penyakit seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi itu biasanya disebabkan sirkulasi darah dalam tubuh kita yang terhambat. Jadi, kalau sirkulasi darah terhambat, sistem kerja tubuh kita pasti terganggu.

Karena itu, penting lho membuat sirkulasi darah kita tetap lancar! Pasti ingin tahu kan bagaimana cara terbaik meningkatkan sirkulasi darah supaya tubuh anda sehat terus? 

Oke, langsung saja baca artikel yang saya tulis ini sampai akhir ^^



Cara Meningkatkan Sirkulasi Darah


Meningkatkan Aktifitas Fisik


cara meningkatkan sirkulasi darah

  1. Berjalan secara rutin. Berjalan-jalan setelah makan bisa membantu meningkatkan sirkulasi dan membantu sistem pencernaan anda. Disarankan untuk berjalan setidaknya selama 30 menit setiap hari.

  2. Olahraga kapanpun anda bisa. Apapun itu yang membantu kebugaran tubuh anda bisa meningkatkan sirkulasi darah anda. Saat anda berolahraga, cobalah keduanya: Latihan Kardiovaskuler. Berenang, bersepeda, berlari, bermain bola, dll. Aktifitas aerobik akan menyehatkan jantung anda dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Latihan Kekuatan. Latihan beban (mengangkat beban) akan membentuk otot anda, yang pada akhirnya meningkatkan efektifitas kardiovaskuler dan sirkulasi getah bening. Setiap jam, bangkit berdiri dan cobalah selama 3-5 menit peregangan otot atau olahraga ringan. Hal ini mudah dilakukan terutama jika anda duduk di meja kerja anda seharian dan tak sempat untuk berjalan-jalan ke sekeliling. Cobalah untuk membuat lingkaran dengan lengan anda, menyentuh jari kaki, menendang-nendang kaki, atau melakukan jumping-jack secara perlahan (cukup untuk meningkatkan denyut jantung anda)

  3. Lakukan pijat. Dipijat, sama seperti berolahraga, meningkatkan sirkulasi lokal dengan menstimulasi aliran darah dalam jaringan yang lunak. Banyak penelitian mengarah pada efektifitas dari pemijatan dalam penyembuhan stimulasi.

  4. Angkat kaki anda. Mengangkat kaki anda adalah cara yang baik untuk meningkatkan sirkulasi dan sekaligus relaksasi secara bersamaan. Hal itu juga mengurangi risiko varises, yang disebabkan tekanan darah tinggi atau berdiri untuk jangka waktu yang lama.

Membuat Perubahan Gaya Hidup
makanan bergizi

  1.  Makan makanan sehat dan hindari yang tak menyehatkan. Makanlah buah-buahan, sayuran, gandum, protein rendah lemak dan lemak yang sehat (ada di minyak ikan, minyak olive, kacang, dan biji-bijian). Hindari makanan yang diolah secara berlebihan, yang mengandung banyak gula atau garam, dan makanan yang mengandung lemak tak sehat (jenuh dan lemak trans).

  2. Minum cukup. Minum air yang cukup sepanjang hari supaya organ-organ anda tak harus bekerja keras menghasilkan energi dan melakukan fungsinya sehari-hari. Anda tak harus minum seliter demi seliter dalam sehari, tapi anda harus minum air saat haus. Cobalah minum air hangat, karena air dingin diketahui dapat menyumbat pembuluh darah anda. Kurangi kafein. Jika anda tak bisa hidup tanpanya, setidaknya minimalisir porsinya. Contohnya, jika anda biasa minum dua cangkir kopi di pagi hari, minum satu cangkir saja. Atau jika anda membeli kopi dari kafe atau dimanapun berada, coba mengganti dengan kopi bebas kafein atau mengurangi jumlah kopinya hanya satu saja. Hindari alkohol dan minuman mengandung gula lainnya. Soda dan minuman yang terlalu manis tidak meningkatkan sirkulasi anda, dan justru memiliki efek merusak bagi kesehatan.

  3. Coba mandi air panas atau lakukan perawatan panas lainnya. Berhenti sejenak untuk melakukan mandi air hangat yang nyaman (bisa menggunakan atau tanpa menggunakan garam Epsom, yang merupakan garam mineral penyembuh) dan rileks selama 20 hingga 30 menit. Isi botol dengan air panas, bila perlu lindungi kulit anda supaya tidak terbakar, dan letakkan panas-panas untuk meningkatkan alirah darah.

  4. Berhenti merokok, jika mampu. Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan anda, itu juga mempengaruhi sirkulasi anda. Penggunaan nikotin termasuk salah satu penyebab masalah sirkulasi.

  5. Cari outlet-outlet yang menyehatkan bagi stress anda. Stress bisa berefek negatif pada sirkulasi tubuh. Cari cara yang mudah, dan menyehatkan untuk meredakan stress, seperti olahraga rutin, teknik meditasi, dan psikoterapi. 

Tahu Kapan Pergi Ke Dokter :


manfaat konsultasi ke dokter

  1. Ketahuilah jika kondisinya parah. Kenali saat tubuh anda mengalami masalah memompa darahnya. Tanda-tanda jika sirkulasi anda kurang ideal antara lain: rasa geli di kaki dan tangan, rasa dingin yang ekstrim (jari tangan dan kaki), kulit kebiruan, luka yang lama sembuhnya.

  2. Konsultasi ke dokter untuk kemungkinan meningkatkan sirkulasi darah menggunakan suplemen. Dokter anda bisa meresepkan atau mengarahkan anda pada suplemen tertentu, yang dalam dosis menyehatkan, bisa meningkatkan sirkulasi darah. Sebuah studi menyarankan bahwa kombinasi suplemen yang terdiri dari teh hijau, astralagus, ekstrak goji berry, Lactobaciluus fermentum, asam ellagic antioksidan, dan vitamin lainnya, yang tersedia di toko-toko, membantu meningkatkan keseluruhan tingkat sel induk hematopoietic.

Yak, dan itulah cara-cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah anda!


Nah, sekarang sudah tahu kan betapa pentingnya sirkulasi darah yang lancar untuk tubuh kita? Maka dari itu, ubahlah gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang sehat dan bahagia! :D

Selamat mencoba~

Terjawab hampir 3 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang