Aku pernah ditipu, bagaimana cara terbaik menawar mobil bekas di showroom?

Dilihat 910 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

tips membeli mobil bekas


Membeli mobil memang bukan perkara mudah, terutama apabila dana yang kita miliki benar-benar pas-pasan dan kita sangat membutuhkan kendaraan pribadi untuk menunjang aktifitas sehari-hari. 


Karena harga mobil baru produksi ternama cukup mahal, maka mobil bekas biasanya menjadi pilihan utama karena harganya yang bisa jatuh hingga setengahnya. Selain itu, jika Anda jeli dalam memilih, Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan mesin, interior, dan cat yang terawat.


Namun, harga mobil bekas yang sesuai tidak akan Anda dapatkan dengan mudah. Anda harus memilik kemampuan dalam menawar, mengetahui harga pasaran, dan setidaknya kemampuan dasar dalam hal otomotif agar tidak tertipu oleh showroom ataupun penjual lainnya.


Nah, jika Anda ingin mengetahui tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu (lagi), maka Anda berada di tempat yang tepat. 

Berikut ini, saya akan menjelaskan beberapa hal yang harus Anda diperhatikan ketika membeli mobil bekas dan beberapa tips membeli mobil bekas di showroom.



tips membeli mobil bekas


Aspek yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Bekas



Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan seorang penjual mobil bekas yang juga seorang pecinta mobil, yang benar-benar tahu bagaimana cara merawat dan menjaga mesin mobil. Bisa dijamin bahwa mobil yang dijualnya juga pasti dalam kondisi baik dan tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.


Namun, itu jika Anda beruntung.


Kenyataannya, sebagian besar orang justru ingin menjual mobilnya karena telah habis masa pakai, rusak, atau tidak mengerti bagaimana cara merawatnya. Saya banyak bertemu anak muda yang sering gonta-ganti mobil karena ogah mengurusinya. Lebih mudah jual saja dan beli baru, kata mereka.


Untuk menghindarkan Anda dari pembelian mobil bekas yang tidak terawat itulah, simak tips membeli mobil bekas secara umum di bawah ini:



1. Periksa keadaan luar mobil secara mendetail


Periksa mulai dari kerangka, cat dan pernis mobil, pastikan tidak ada karat di engsel-engselnya (juga di knalpot, jendela, sisi pintu, dan atap mobil), pastikan bahwa Anda tidak menemukan goresan yang terlalu mencolok di manapun. Ingat, jangan pernah beli mobil dengan kerangka yang tidak sempurna.



2. Periksa kap mobil


Bukalah kap mobil dan cek apakah semuanya masih dalam kondisi baik, seperti: tidak ada bekas noda oil, tidak ada bekas karat di bagian-bagian tertentu, tidak ada bekas kemasukan air karena keretakan atau lubang, dan oli masih berada dalam batas aman. Kondisi kap mobil ini sudah bisa menunjukkan bagaimana penggunaan mobil ini di tangan pemilik sebelumnya.



3. Periksa bagian bawah mobil


Jika keadaannya memungkinkan (dan harus diusahakan), Anda harus memeriksa begian bawah mobil dan memastikan bahwa semua rem masih berfungsi dengan baik, tidak ada kebocoran dan kerusakan pada tabung dan garis rem, serta tidak ada kebocoran, keretakan dan suara nyaring yang ditimbulkan oleh pegas,


tips membeli mobil bekas

4. Periksa bagian dalam mobil


Tips membeli mobil bekas yang selanjutnya adalah dengan melihat semua bangku dan pastikan bahwa Anda tidak menemukan goresan, bagian robek, noda berlebihan, atai segala jenis kerusakan lainnya. Setelah itu, pastikan bahwa semua sabuk pengaman masih berfungsi dengan baik. Fungsi jendela juga tidak boleh luput dari pengamatan Anda, baik manual ataupun elektrik, periksa apakah masih bisa digunakan dengan lancar.


Setelah semua bagian penting, tesebut, selanjutnya cek apakah AC, radio dan semua tombol-tombol berfungsi dengan baik. Jangan lupa juga untuk memeriksa jarak tempuh mobil tersebut. Normalnya, seseorang akan mengemudi sejauh 16.000-24.000 km per tahun. Cermati apabila ada anhka yang tidak wajar, karena semakin jauh jarak tempuh, performa mobil juga berkurang.


Namun membeli mobil tua dengan jarak tempuh sedikit juga bukan pilihan yang baik.



5. Periksa ban mobil


Pastikan bahwa semua ban mempunyai besar dan tipe yang sama, karena jika tidak sama akan ada perbedaan di speedometer. Periksa juga bagaimana keadaan pola garis di permukaan ban. Pola yang kelihatan hancur bisa menunjukkan bahwa ada masalah dengan kendali setir atau suspensi.

Pastikan juga bahwa ban serap di belakang masih dalama keadaan bagus.



Sebenarnya masih ada banyak tips mendetail dalam membeli mobil bekas, tapi beberapa hal di atas adalah poin-poin paling penting yang wajib Anda ketahui dalam menilai kualitas sebuah mobil second-hand.



tips membeli mobil bekas di showroom


Cara Menawar Mobil Bekas di Dealer atau Showroom



Sebenarnya cara menawar mobil bekas di showroom tidak terlalu sulit namun memang diperlukan beberapa trik 'rahasia' unik.


Trik-trik menawar tersebut adalah sebagai berikut:




1. Ketahui Harga Pasaran


Ada beberapa situs lokal di Indonesia yang berfungsi untuk membandingkan harga mobil bekas di berbagai daerah dan bisa Anda gunakan sebagai referensi harga. Jika Anda mengetahui harga pasaran, tentu Anda tidak akan percaya jika sang dealer atau penjual menyebutkan nominal harga yang cukup fantastis.



2. Tinggalkan Tempat


Sebenarnya cara yang banyak digunakan oleh ibu-ibu di pasar ini cukup berguna juga di showroom mobil, lho!

Jika mereka masih tetap tidak mau menurunkan harga yang telah dipatok, maka pergi saja dan tinggalkan tempat itu. Kemungkinan besar mereka akan kembali menurunkan harga, walau mungkin tidak akan serendah yang Anda tawarkan.



3. Banggakan Pilihan Anda yang Lain


Tidak masalah jika Anda tidak memiliki tempat atau mobil lain yang Anda taksir, tapi berlagak saja seolah Anda akan pergi dan lebih memilih tempat itu. Pihak showroom tidak akan suka jika melihat Anda bertransaksi dengan saingan mereka.

Sekali lagi, kemungkinan besar mereka akan menurunkan harga mobil mereka, walau tidak serendah harga yang Anda tawar.



tips membeli mobil bekas di showroom



4. Bawa Uang Kas


"Harganya 50 juta, tidak bisa kurang."

"Tapi saya hanya membawa 45 juta."


Dan tunjukkan uang kas yang telah Anda persiapkan. Cara ini mungkin berhasil, karena ketika menawar tidak ada jaminan bahwa benar-benar akan membelinya hari itu juga. Tapi jika membawa uang kas, mereka akan menerimanya dengan mudah.



5. Cari Orang yang Pernah Bertransaksi di Tempat Itu


 Jika orang tersebut pernah mendapatkan harga murah, Anda bisa menggunakannya sebagai senjata untuk melawan si dealer. 


Katakan saja, "Jadi tidak bisa turun lagi? Padahal tetangga saya si Pak X kemarin beli mobil di sini dan dapat harga sekian."



6. Tawar Lebih Rendah Dari Harga Pasaran


Seandainya sebuah mobil bekas dibanderol dengan harga 50 juta dan Anda mengetahui bahwa harga pasarannya adalah 45 juta, coba tawar saja 43 juta. Teruslah bertahan pada penawaran Anda dan kemungkinan besar si penjual akan memberikan harga pasaran pada atau setidaknya dengan selisih yang tidak terlalu jauh dari harga pasaran tersebut.



7. Tunjukkan Emosi Anda


Bukan marah-marah, tapi tunjukkan pada si penjual bahwa Anda benar-benar membutuhkan atau menginginkan mobil tesebut. Ceritakan bagaimana Anda menabung selama bertahun-tahun untuk membeli mobil tersebut, dan sangat menyedihkan sekali jika mereka tidak bisa menurunkan harganya sedikit saja.


Semua orang pernah berada di posisi seperti itu dan pasti akan mengerti.



tips membeli mobil bekas

8. Ajak Orang Lain


Ajak siapa saja, temanmu, anakmu, atau istrimu. Mereka bisa bantu mendukungmu ketika sedang 'adu mulut' dengan si dealer dan mereka mungkin akan menemukan beberapa alasan mengapa harga mobil tersebut harus diturunkan, alasan-alasan yang mungkin luput dari pemikiranmu.



9.Temukan Segala Hal yang Salah


Tips membeli mobil bekas di showroom yang terakhir adalah temukan segala hal yang salah dengan mobil tersebut, karena kekurangan pada mobil adalah alasan kuat untuk menurunkan harga. Temukan apa saja, cat yang memudar, goresan dalam, karat di pintu, hingga kotoran di jendela.

Sebenarnya para penjual menyadari hal-hal tersebut, mereka hanya berharap Anda tidak menemukannya atau tidak mengatakan apa-apa.


--


Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika membeli mobil bekas. Selalu hati-hati dan sembrono, karena nilai transaksi sebuah mobil tentu tidak sedikit. 


Anda pasti akan keluar uang lebih untuk membetulkan beberapa bagian, itu adalah risiko dari penggunaan mobil bekas. Tapi, kita bisa meminimalisir biaya ini dengan membeli mobil yang tepat (terawat dengan baik). 


Semoga berhasil dan selamat berbelanja!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang