Apa cara yang baik untuk mempelajari "Pukulan Clear" dalam bulu tangkis?

Dilihat 721 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Permainan bulutangkis merupakan olahraga yang bisa di bilang cukup modern dan hampir dikenal oleh semua masyarakat Indonesia, karena olahraga ini termasuk olahraga yang mudah di pelajari dan bisa dilakukan oleh berbagai umur, termasuk dari anak-anak, remaja, dan dewasa. Permainan bulutangkis sangat populer seperti permainan sepak bola. Namun, berbeda dengan permainan sepak bola, permainan ini memiliki gerak dominan antara lengan dan kaki. Gerakan tersebut telah menjadikan teknik-teknik tertentu untuk dapat memainkan shuttlecock dan raket .


                  

Bulutangkis atau bahasa internasionalnya dikenal dengan nama badminton adalah olahraga yang sangat membutuhkan ketangkasan pemainnya untuk mengejar dan memukul shuttlecock (bola bulutangkis yang terbuat dari gabus dan bulu) dengan menggunakan raket sehingga mampu menyeberangi net dan jatuh ke daerah lapangan lawan dan membuat lawan tidak bisa mengembalikannya. Pemain atau pasangan pemain akan diberi skor setiap kali mampu melakukan hal tersebut. 

Di samping itu  permainan bulutangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki aturan dan teknik-teknik pukulan yang bervariasi. Salah satu teknik pukulan dalam bulu tangkis adalah pukulan clear. Mungkin istilah ini masih sangat asing untuk siapa saja yang memang belum mengetahuinya. Maka, di sini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai pengertian pukulan clear tersebut dalam permainan bulutangkis

Nah jadi apa itu pukulan clear ? Bagaimana cara melakukannya? Bagi anda yang hobi dengan olah raga bulutangkis, pasti penasaran ingin mengetahuinya lebih jauh kan, jadi ikuti terus artikel ini sampai habis ya ;)


Pengertian Pukulan Clear 

Clear atau Lob adalah pukulan untuk melambungkan shuttlecock setinggi mungkin dan mengarah ke belakang garis lapangan lawan supaya lawan kesulitan untuk mengembalikan shuttlecock.  Biasanya dipakai untuk pukulan pertahanan, dan juga untuk mendorong lawan ke garis batas belakang (baseline).Pukulan Clear adalah pukulan yang wajib dilatih terus menerus oleh pemula, karena bila anda tidak pernah berhasil melakukan pukulan ini, maka anda tidak bisa menikmati permainan badminton karena setelah itu anda akan dipatahkan terus dengan pukulan smash oleh lawan bermain.


Teknik Melakukan Pukulan  Clear 

Cara melakukan pukulan clear atau lob yang  bagus adalah seperti ini:

  • Bersiap  memukul shuttlecock di tengah lapangan.
  • Bergeraklah (bukan lari) ke arah shuttlecock
  • Bidik dengan tangan kiri anda (jika anda bukan pemain yang kidal). Kaki depan anda (dalam hal ini, kaki kiri ) seharusnya menunjuk ke arah dimana anda ingin memukul dan kaki belakang anda harus kira-kira berjarak 90 derajat.
  • Angkat raket anda di atas kepala, putar menggunakan lengan dan pukul shuttlecock ke atas dengan menggunakan pergelangan tangan.  Ketika dalam keadaan siap untuk memukul, berat badan anda harusnya berada di kaki belakang. Ini akan membantu anda menggunakan kekuatan tubuh untuk pukulan.
  • Memukul shuttlecock harus dilakukan saat anda berada langsung dibawah shuttlecock dan pada saat berada di titik tertinggi.
  • Setelah memukul shuttlecock, biarkan ayunan raket terus ke sisi kiri (ingat, dengan asumsi anda tidak kidal). Secara bersamaan, kaki belakang anda harus pindah ke depan, selesaikan pukulan,  dan dengan demikian membantu anda bergerak ke tengah lapangan lagi.

Cara yang sama harus digunakan untuk semua stroke (pukulan) agar membuat permainan anda susah diprediksi lawan. Untuk pukulan dropshot, pukulannya harus lebih cepat, halus, dan mengarah kebawah. Begitu juga dengan pukulan smash, anda harus membuat kontak poin saat shuttlecock benar-benar berada di depan anda dengan gerakan yang lebih cepat dan juga mengarah ke bawah. 

 


Kiat Berlatih Pukulan Clear

Saya tahu latihan ini memang rumit, tetapi perasaan itu akan hilang sekali anda bisa melakukannya dengan benar dan terus berlatih. Oleh karena itu cara terbaik untuk mulai berlatih pukulan clear adalah:

  • Melakukan tindakan/pukulan pertama dengan benar.
  • Setelah itu tetapkan target pukulan saat latihan, katakanlah 500 kali untuk berlatih pukulan clear.
  • Mulailah dengan memainkan stroke (pukulan) dengan berdiri di satu tempat di area lapangan yang berada di garis batas belakang. Setelah anda mulai terbiasa, berdirilah di tengah lapangan, mainkan pukulan dengan memukul shuttlecock ke arah lawan, dan lalu kembali lagi ke tengah lapangan. Ini akan mengajari anda mencapai pukulan yang bagus serta meningkatkan kecepatan dan pergerakan.
  • Untuk pertama kali, anda bisa konsentrasikan bagaimana menempatkan shuttlecock ke garis batas belakang lapangan (baseline) pada saat anda memukulnya. Ketika anda mampu melakukan itu, gambarlah kotak atau lingkaran di sudut baseline dan arahkan pukulan ke sana. Jika anda pemain ganda, hal ini juga berguna pada saat anda bisa bermain persis menuju ke arah tengah dari baseline.

       


Demikianlah teknik-teknik pukulan clear dalam permainan bulutangkis yang perlu anda ketahui, maka langkah berikutnya adalah mempraktekkannya agar anda benar-benar menguasainya. Ini akan sulit dan melelahkan, tetapi jika anda terus berlatih dengan tekun pasti anda bisa menguasainya. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu anda yang sedang ingin meningkatkan latihan pukulan clear. Baca juga : Apa aturan dalam bermain bulu tangkis? dan Bagaimana melakukan smash dengan sempurna?

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang