Apa cara yang paling efektif dan sederhana untuk mengatasi komedo?

Dilihat 1,21 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

1. Saatnya tanah liat

Tanah liat bentonit adalah senyawa yang kaya mineral penyembuh yang sudah digunakan selama berabad-abad untuk beberapa penyakit, khususnya yang berhubungan dengan kulit. Karena molekulnya “bermuatan listrik” saat basah, itu melakukan kerja yang baik dan mengangkat minyak atau hal kotor yang terkunci di dalam pori-porimu. Saat kamu memakai masker kulitmu bisa menyerap semua mineral ini, dan tanah liat mengeuarkan komedo juga. Juga membantu sirkulasi yang membantu dengan kesehatan kulit keseluruhan. Kamu bisa mencampur tanah liat dengan air atau cuka sari apel. Masker ini akan membuatmu merasa seperti kulitmu mengencang sebagaimana mengering. Meskipun kamu membiarkannya kering itu terserah-saya biasanya membiarkan kering sekering-keringnya dan lalu melembabkannya, tapi orang lain tidak suka mengeringkan kulitnya.


Kamu akan butuh…

- 1 sdm (kira-kira) tanah liat bentonit

- Air atau cuka sari apel

Petunjuk

Campurkan di air yang cukup atau cuka yang cukup untuk membuat pasta yang pekat tapi masih bisa digunakan. Gunakan ujung jari yang bersih tutupi muka dengan lapisan pasta yang tipis dan biarkan selama 10-25 menit, tergantung ke seberapa lama kamu membiarkannya kering. Bilas dengan air hangat dan lembabkan seperti biasa.


2. Masker putih telur

Putih telur membuat masker yang gampang yang bisa digunakan untuk sementara mengencangkan pori-pori, yang nantinya mengurangi kemungkinan komedo, dan juga akan menghapus komedo. Putih telur juga kaya nutrisi untuk kulit, dan tidak begitu mengeringkan daripada pengobatan lainnya untuk komedo.

Kamu akan butuh…

- 1 butir telur

- tisu

- mangkuk kecil

- handuk bersih

Petunjuk

Pisahkan kuning telur dari putihnya dan cuci ke wajah. Tepuk muka kering dan gunakan lapisan tipis dari putih telur di seluruh wajah. Ada dua cara untuk melakukannya dari sini-


Letakkan tisu ke putih telur, pastikan untuk menekan ke muka dengan pelan. Biarkan lapisan pertama mengering. Dengan hati-hati pasang lapisan ke dua di tisu (coba mencelupkan jari dan tepuk supaya tisu tidak meluncur dimana-mana). Biarkan lapisan ini kering sebelum menggunakan yang ketiga (terserah). Saat masker sudah kering, muka akan terasa kencang-ini seharusnya terjadi. Lepaskan tisu, dan perlahan cuci muka untuk membuang residunya. Tepuk supaya kering dan lembabkan seperti biasa.

Alternatifnya, kamu bisa biarkan tisu dan gunakan 3-5 lapis putih telur, pastikan masing-masing kering di antara pemakaian. Jika tidak kering, ini tidak akan bekerja!


3. Madu dan pore strip susu

Susu dan madu memiliki protein yang bagus untuk kulit. Madu punya sifat antibakteri, dan asam laktat di susu katanya membantu menjaga kulit lembut dan elastis. Tujuan utamanya, saat dicampur, bekerja sebagai pelekat.

Kamu akan butuh…

- 1 sdm madu organik mentah

- 1 sdt susu

- kapas

Petunjuk

Campur 1 sdm madu organik mentah dengan 1 sdt susu. Panaskan selama 5-10 detik di microwave, dan aduk sampai tercampur rata. Saat udah di suhu yang enak, gunakan selappis tipis di komedo, dan lalu perlahan tepuk lapisannya dengan kapas kering dan bersih. Keringkan (untuk aman, tunggu setidaknya 20 menit) dan secara hati-hati lepaskan lapisannya. Bilas dengan air dingin dan lembabkan seperti biasa.


4. Kayu manis & strip madu

Terdengar seperti permen yang enaak, tapi kayu manis dan madu membuat kombinasi yang bagus untuk mengatasi komedo. Lagi, sifat anti bakteri di madu bisa mencegah bakteri yang menyebaabkan jerawat (bukan artinya komedo, tapi juga termasuk bonus) sebagaimana pelekat yang menaruk keluar semua yang ada di pori-pori. Kayu manis memperbagus sirkulasi, dan menaikkan peredaran darah memberikan kulit lembut, sehat, bersinar.

Kamu akan butuh…

- 1 bagian bubuk kayu manis

- 1 madu organik mentah

- kapas

Petunjuk

Campurkan madu dan kayu manis sampai kamu menghasilkan pasta yang cukup untuk menutupi daerah berkomedo. Pasang lapisan tipis ke komedo dan tekan kapas bersih ke situ. Biarkan selama 3-5 menit sebelum melepaskannya dan membilas mukamu. Jangan lupa untuk melembabkan!


5. Pengobatan komedo sehari-hari H2O

Emenjak pore strip dan masker muka bekerja baik, mereka bisa hanya digunakan beberapa kali seminggu untuk menghindari pengeringan muka yang berlebihan. Jika kamu mau untuk melakukan sesuatu yang perhari untuk mencegah komedo, pembilasan yang pelan dengan air 1-2 kali sehari bisa dilakukan. Ini menjaga semuanya yang membuat pori-pori membesar-seperti sebum yang berlebih dan kulit mati dibersihkan dan pori-pori jadi bersih. Pastikan gunakan moisturizer yang ringan saat sudah selesai untuk mencegah kulit untuk memproduksi sebum berlebih untuk mengakomodasi kekeringan.

Kamu akan butuh…

-air bersih

-handuk yang bersih dan halus

-moisturizer

Petunjuk

Dua kali sehari cuci muka dengan air bersih. Tepuk sampai kering dengan handuk dan gunakan moisturizer seperti biasa. Saya sarankan lakukan ini di pagi hari (jadi kamu cuci semua yang telah menumpuk di awal hari) dan sore, tapi pagi dan sore bekerja juga.


6. Toner untuk memperkecil pori-pori

Semenjak komedo disebabkan karena pori-pori yang terbuka yang bereaksi dengan oksigen, masuk akal kalau “menciutkan” pori-pori akan membantu. Jus lemon adalah senyawa penciut yang dibutuhkan untuk melakukan ini, tetapi, bisa mencerahkan kulit sementara dan membuat kamu sensitif ke matahari, jadi pakailah sunscreen jika kamu pakai metode ini saat musim panas, Jika kamu punya kulit sensitif, coba larutkan jus lemon dengan air terlebih dahulu.

Kamu akan butuh…

-1 lemon

-kapas

-botol kecil

Petunjuk

Bilas mukamu dan tepuk sampai kering. Peras jus lemon ke botol kecil dan gunakan sampai bisa membasahkan kapas. Gunakan ke daerah yang berkomedo 3-4 kali seminggu, saat tidur. Saat kamu bangun, bilas muka dengan air hangat dan moisturizer seperti biasa. Simpan sisanya di kulkas sampai seminggu. Hati-hati jus terkadang bisa menyakitkan!


7. Keluarkan keringat

Walaupun kelenjar keringat dan pori-pori folikel rambut hal yang berbeda, berkeringat bisa mengurangi komedo. Saat kamu keluarkan keringat yang cukup, cairannya secara alami mengalir dan membersihkan hal yang menyumbat pori-pori. Sangatlah penting, tetapi, cuci muka secepatnya, sebaliknya efeknya bisa merugikan. Jika kamu meninggalkan makeup di muka keringat ini bisa membawanya ke pori-pori, dan jika tidak dicuci bukan hanya hal itu yang sekarang kering bisa menyumbat pori-pori juga. Jadi keringat bisa membersihkan pori-pori, tapi di sisi lain; bisa menyumbat juga. Pastikan untuk lakukan dengan benar dari awal!

Kamu akan butuh…

-motivasi untuk berolahraga ATAU sauna

-air bersih

-handuk bersih dan lembut

Petunjuk

Bilas mukamu, lalu keluarkan keringat. Bilas lagi, lalu tepuk sampai kering dengan handuk yang bersih. Lembabkan seperti biasa.


8. Baking soda & air

Sedikit baking soda bisa mengatasi komedo, tapi jangan berlebihan, karena bisa mengeringkan kulit dengan serius karena asinnya. Semenjak pH bisa atau tidak memiliki peran di komedo, alasan terbesar baking soda membantu karena granula yang kecil yang bisa bekerja sebagai cara yang alami dan murah untuk menghilangkan apapun yang menyumbat pori-pori (yang nantinya menyebabkan komedo).

Kamu akan butuh…

-1 bagian baking soda

- air bersih

Petunjuk

Campurkan air cukup dengan baking soda untuk membentuk pasta yang pekat, tapi bisa disebar. Gunakan gerakan yang pelan, pijat kulit dengan pasta itu. Bilas menyeluruh dengan air bersih, tepuk mukamu sampai kering, dan pastikan kamu lembabkan kulit.


9. Scrub gula pembersih

Terkadang yang kamu butuhkan adalah pengelupas yang diikuti oleh pelembab. Pengelupas melakukan satu pekerjaan penting-membuang sel kulit mati. Ini adalah sel kulit yang berpotensi menyumbat pori-pori, berujung ke jerawat, dan tentu saja, komedo. Juga secara sementara menghidupkan kembali sirkulasi dan memberikan kulit yang lembut dan bersinar. Jika bisa gunakan minyak jojoba, sebagaimana minyak (teknisnya lilin cair) yang mirip dengan sebum di kulit. Jika ga punya minyak jojoba, minyak biji anggur, zaitun, atau almon bisa jadi pengganti

Kamu akan butuh…

-1cangkir gula (merah atau putih)

-4 sdm minyak jojoba

-botol kaca kedap udara

-minyak esensial (terserah)

Petunjuk

Campurkan 4 sdm minyak ke 1 cangkir gula, aduk sampai semuanya rata. Masukkan beberapa tetes minyak esensial untuk aromanya jika kamu mau. Simpan di tempat gelap di botol kaca dan di lemari sampai kamu ingin menggunakannya (walaupun entah mengapa aku belum pakai punyaku, saya sendiri buat sekitar 1 ½ bulan.) Aduk sebelum menggunakan dan basahkan muka, ambil beberapa scrub ke ujung jari, dan pijat di seluruh kulit di gerakan melingkar. Bilas dengan air dan lembabkan seperti biasa. Lakukan ini tidak lebih dari 2-3 kali seminggu, sebaliknya kamu beresiko mengeringkan dan/atau mengiritasi kulit.


10. Uapkan

Uap mungkin atau tidak bisa membuka pori-pori (lihatlah mitos komedo di bawah) tapi bisa mengurangi penampilan komedo dengan cara melembutkan sebum/kulit mati yang terperangkap di pori-pori dan membentuk komedo.

Kamu akan butuh…

-mangkuk besar

-air

-handuk bersih

Petunjuk

Isi mangkuk dengan air endidih. Dinginkan, lalu tutupi kepala dengan handuk dan senderkan selama 5-10 menit untuk membiarkan uap untuk melonggarkan pori-pori (bentuk handuk seperti tenda supaya tidak ada uap yang keluar). Hati-hati untuk tidak membakar kulit. Saat sudah selesai, bilas muka dengan air hangat dan tepuk perlahan sampai kering dengan handuk (atau perlahan lap semua komedo). Lembabkan seperti biasa. Ulangi ini beberapa kali seminggu, atau sebutuhnya.

Perawatan kulit adalah peran menyeimbangkan-ingatlah kapanpun kamu melakukan sesuatu yang melibatkan membersihkan pori-pori. Berlebihan bisa membuat masalah tambah buruk. Pore strip sangat baik saat kamu butuh, tapi lebih baik untuk menghindari komedo dari awal dengan cara merawat kulit dengan benar.


11. Cuka sari apel & toner mint

Buatlah tonermu sendiri dengan mencampur cuka dan daun mint yang dihancurkan. Cuka sari apel bisa bantu menghancurkan hal yang menyebabkan komedo, sementara mint membuat sensasi dingin “mengencangkan” di kulit. Jika daerah sekitar komedo bengkak atau teriritasi (contoh kamu pencet bahkan kalau kamu sebenernya ga bole) Mentol bisa membantu meredakan pembengkakan. Pembengkakan bisa buat itu lebih susah untuk apapun yang menyumbat pori-pori untuk kendur.

Kamu akan butuh…

-3 sdm cuka sarri apel

-3 sdm daun mint yang dihancurkan

-8 ons air

-kapas

Petunjuk

Campurkan cuka dan mint di botol kecil dan biarkan 1 minggu di tempat gelap dan dingin. Saring, masukkan secangkir air, dan simpan di kulkas untuk 6 hari. Gunakan setiap malam, bilas muka terlebih dahulu degan air dan lalu gunakan kapas untuk mengoles toner. Biarkan semalaman atau beberapa jam (jika kamu punya kulit sensitif) dan bilas di pagi hari. Ikuti dengan moisturizer.


Mitos komedo

Seperti kerawat dan kondisi kulit lainnya, mitos tentang bagaimana mengatasi komedo. Berikut adalah 2 yang paling sering.

Komedo disebabkan oleh kotoran: Jaga-jaga kamu melewatkan bagian ini, komedo tidak disebabkan karena kotoran. Jika kamu memiliki pori-pori besar, kulit mati/sebum menumpuk dan bereaaksi dengan oksigen mengubahnya menjadi hitam. Jadilah komedo! Komedo putih terjadi saat pori-pori lebih kecil dan sebum tidak bereaksi dengan oksigen.


Kamu bisa menciutkan pori-pori: Tidak, mustahil. Pori-pori bukan otot, karena itu tidak bisa terbuka atau tertutup. Mereka hanya lubang yang menyimpan folikel rambut dan kelenjar sebacious yang menutup tubuh. Beberapa hal, tetapi, bisa membuat pori-pori terlihat lebih kecil seperti jus lemon, yang merupakan penciut dan menyebabkan kontraksi di jaringan kulit. Sebaliknya, menjaganya bersih dari penghambat yang menariknya lebih lebar. Genetik, umur, dan terkena matahari bisa memainkan peran ke bagaimana besar pori-pori, tapi tidak ada trik sulap untuk membuatnya “ciut”.


Apa itu pore strip?

Beberapa pengobatan ini adalah versi rumahan dari pore strip, tapi berikut penjelasannya supaya kamu bisa bereksperimen dengan membuatnya. Pore strip dibuat dari pelekat, dan sesuatu yang bisa nempel (di rumah, ini bisa jadi kain kasa atau kain dari baju lama). Saat kamu pakai kain itu, kamu menarik sebum dan kulit mati di pori-pori, dan voila! Komedo hilang. Ingat kalau ini tidak mencegah komedo-hanya mengatasi saat sudah muncul. Ha yang baik tentang membuatnya di rumah adalah jumlah yang aman untuk uang, dan kamu tidak usah khawatir tentang pelekat komersial di mukamu.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang