Apa contoh surat pengunduran diri yang bagus?

Dilihat 399 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Profesi adalah suatu kumpulan atau set pekerjaan yang membangun suatu set norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya yang khusus di masyarakat. Terdapat berbagai macam profesi yang ada di dunia. Sebelum seseorang memiliki profesi atau pekerjaan mereka harus melakukan lamaran pekerjaan. Namun ada kalanya seseorang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan yang dia duduki saat ini.

     mengundurkan diri

Setelah bekerja cukup lama dalam sebuah perusahaan atau instansi, tidak jarang beberapa orang merasa bosan dan tertekan sehingga ingin keluar atau mengundurkan diri dari pekerjaan. Hal ini sah-sah saja jika memang menemukan kesempatan yang lebih baik di tempat lain. Sama halnya ketika melamar ke sebuah perusahaan untuk pekerjaan tertentu, saat ingin mengundurkan diri kita juga harus membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

Pada dasarnya menulis surat pengunduran diri sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan. Tetapi terkadang masih saja seorang karyawan mencari panduan untuk mendapatkan contoh surat pengunduran diri kerja apalagi bagi yang baru pertama kali mengajukan pengunduran diri dan tidak tahu seperti apa surat pengunduran diri pasti akan butuh beberapa referensi contoh surat pengunduran diri kerja.


Dalam hal surat menyurat, surat pengunduran diri diri termasuk dalam surat resmi. Oleh sebab itu jika kita mencari contoh surat pengunduran diri kerja harus mencari referensinya di dalam surat menyurat resmi. Surat resmi biasanya banyak dipakai untuk keperluan instansi, organisasi, keperluan dinas, atau kepentingan antar perusahaan. Meski begitu surat resmi tidak harus selalu dibuat oleh kelompok, bisa juga dibuat oleh individu.


Surat pengunduran diri sebenarnya ada juga yang sudah baku dari perusahaan tempat bekerja sekarang, Jadi bagi karyawan yang mau mengundurkan bisa mencari contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang sudah mempunyai format surat tersendiri. Karena hal ini merupakan surat resmi maka contoh surat pengunduran diri dari perusahaan menggunakan format resmi yang berlaku dan Secara garis besar dalam sebuah surat biasanya memiliki format seperti bagian pembuka, isi surat dan terakhir adalah penutup.

Pada paragraf di atas dapat diambil kesimpulan bahwa surat pengunduran diri merupakan surat resmi yang digunakan dalam berbagai urusan resmi baik secara personal, instansi atau organisasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh satu pihak ke pihak yang lain.


Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar


               menulis surat pengunduran diri

Ketika kita membuat surat pengunduran diri, surat tersebut juga harus memakai tata krama dan kesopanan agar maksud kita mengundurkan diri bisa diterima dengan baik tanpa ada kesalahpahaman. Karena mengundurkan diri dari perusahaan tempat kita bekerja adalah akhir dari perjalanan Anda di sebuah pekerjaan sekarang untuk melanjutkan awal karir baru di tempat lain. Oleh karena itu agarhubungan dengan perusahaan yang ditinggal harus tetap terjalin baik.

Dalam menulis surat pengunduran diri tidak perlu merangkai kata-kata yang indah, tuliskan secara simpel dan sederhana saja. Ini karena untuk berbagai lain seperti alasan pengunduran diri (yang sebenarnya), kalimat perpisahan, kesan pesan dan tetek bengek lainnya sebaiknya dilakukan secara personal ke atasan ataupun rekan kerja. Silahkan simak contoh surat pengunduran diri berikut ini :


  • Awalan 

Awali dengan kata sambutan kepada orang yang akan menerima surat pengunduran diri. Kemudian tuliskan nama, jabatan dan juga tanggal kamu berhenti bekerja. (Tidak perlu menuliskan alasan pengunduran pekerjaan yang bisa membuat terjadi tawar-menawar seperti gaji kurang, fasilitas yang kurang memadai, dan lain-lain).

Yang terhormat Bapak/Ibu ….., 

Melalui surat ini saya (nama lengkap) dari bagian (sebutkan posisi kamu) ingin memberitahukan bahwa saya akan mengundurkan diri dari PT. (nama perusahaan) dan mulai berhenti bekerja pada tanggal …(tanggal berhenti– tergantung persetujuan/aturan perusahaan).


  • Terimakasih 

Di bagian kedua, kamu menuliskan ucapan terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk bekerja dan berkembang di perusahaan. Jangan pernah menuliskan kekesalan, kemarahan, umpatan ataupun kelegaan karena akhirnya kamu dapat keluar dari perusahaan dalam surat pengunduran diri. Karena meskipun kamu kesal bekerja disitu, lebih banyak kerugian yang nantinya akan kamu dapat kedepannya.

Terimakasih telah memberi saya kesempatan bekerja di (nama perusahaan) selama lebih dari (sebutkan durasi lama Anda bekerja). Saya sangat menghargai support, pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama bekerja di (nama bagian).


  • Tawarkan Bantuan 

Di bagian akhir surat pengunduran diri, ungkapkan kesediaan untuk membantu dalam proses transisi pergantian karyawan.

Tidak perlu secara detail menyebutkan jenis bantuannya dan jangan menjanjikan hal yang tidak bisa kamu tepati. Akhiri surat pengunduran diri dengan kalimat penutup, kemudian tuliskan nama dan posisi/jabatan pekerjaan.

Sampai hari terakhir saya bekerja, saya akan tetap berusaha keras mengerjakan kewajiban serta menyelesaikan pekerjaan saya. Dan bila diperlukan akan memberikan pelatihan kepada pengganti saya sehingga proses transisi berjalan lancar.

Saya harap (nama perusahaan) dapat terus sukses dan kedepannya kita tetap dapat berhubungan baik.

Tertanda,

(nama)

(Posisi / jabatan)

Contoh surat pengunduran diri diatas dapat digunakan sebagai dasar dalam penulisan surat pengunduran diri anda. Ubah dan sesuaikan isinya sesuai kondisi dan kebiasaan dalam perusahaan.


Tips Dan Trik Menulis Surat Pengunduran Diri

  • Pastikan kamu sudah mendapatkan pekerjaan lain sebelum mengundurkan diri, jangan sampai kamu baru menulis surat lamaran kerja atau belum pasti bekerja di tempat lain.
  • Tulis secara ringkas, simpel dan jelas tanpa ada interpretasi yang berbeda.
  • Jangan emosi dan menuliskan kekesalan, keluhan, kemarahan atau apa pun juga yang bisa membuat hubungan dengan perusahaan menjadi buruk.
  • Mengetahui kebijakan perusahaan mengenai pengunduran diri. (Biasanya pemberitahuan pengunduran diri karyawan adalah minimal 2 minggu sebelumnya) 


Surat pengunduran diri tidak sulit dibuat. Intinya, surat tersebut menginformasikan pernyataan pengunduran diri Anda secara resmi dan sopan sehingga akan terjalin hubungan yang baik pula setelah Anda keluar dari perusahaan sekarang. Bebas dan kreatiflah untuk memodifikasinya sehingga surat pengunduran diri yang Anda buat benar-benar cocok untuk pekerjaan Anda sekarang.


Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang