Apa efek jangka panjang dan jangka pendek dari penggunaan anti nyamuk uap cair elektrik (liquid vaporizer) terhadap kesehatan manusia?

Dilihat 3,34 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Nyamuk merupakan makhluk kecil namun beresiko menyebarkan penyakit mematikan. Bukan hanya rasa gatal yang menjengkelkan saja yang ditimbulkannya atau bekas menghitam akibat digaruk pada kulit, namun juga bisa menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya yang mematikan seperti demam berdarah, chikungunya, malaria dan lain sebagainya.

    

Menggunakan obat nyamuk adalah solusi mengusir nyamuk atau membunuh nyamuk agar kita tidak terganggu oleh gigitannya.  Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari gigitan nyamuk, seperti memakai kelambu, kipas angin atau AC, memakai raket nyamuk, dan juga obat anti nyamuk. Tentu saja, setiap nyamuk yang terbunuh bisa berarti satu nyawa terselamatkan, jadi jika masyarakat lebih banyak menggunakannya obat anti nyamuk, berarti kita bisa melihat penurunan yang signifikan dari jumlah penyakitnya.

Berbagai inovasi dilakukan untuk menciptakan suatu alat yang lebih praktis dan tepat guna untuk memberantas nyamuk-nyamuk nakal di rumah. Kalau sebelumnya kebanyakan masyarakat memakai obat nyamuk bakar dan obat nyamuk semprot, lalu kemudian ada obat nyamuk oles yang berbentuk lotion, sekarang masyarakat pun mulai banyak yang memakai obat anti nyamuk elektrik, baik itu anti nyamuk uap cair elektrik ataupun anti nyamuk elektrik mat. Lalu apakah obat anti nyamuk jenis ini lebih ampuh? Dan bagaimana dengan bahaya obat anti nyamuk jenis ini? 

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat uraian singkat di bawah ini. Simak terus ya, jangan kemana-mana:)


Penggunaan Obat Nyamuk Elektrik 

          

Pada dasarnya, penggunaan obat nyamuk elektrik mirip dengan obat nyamuk bakar, hanya saja obat nyamuk elektrik ini bekerja membakar obatnya dengan cara dibantu dengan tenaga listrik. Praktis memang, kita tidak perlu membakar obat nyamuk, karena bisa saja terjadi kemungkinan kebakaran. Namun demikian, ternyata obat nyamuk elektrik sendiri memiliki bahaya yang tidak jauh berbeda dengan obat nyamuk pada umumnya.

Jika dilihat dari cara kerjanya, obat nyamuk elektrik, baik itu yang berbentuk anti nyamuk uap cair elektrik (liquid vaporizer) ataupun lempengan (mat) bisa dikatakan masih kalah ampuh dibandingkan dengan obat nyamuk bakar atau semprot. Karena dalam obat nyamuk elektrik memiliki konsentrasi dosis zat aktif racun yang lebih sedikit. Dengan demikian bau yang ditimbulkan juga berkurang. 


Bahan Aktif Obat Anti Nyamuk 

Bahan aktif pada semua pembasmi nyamuk adalah Allethrin, sejenis pyrethroid. Itu adalah versi sintesis dari bahan kimia yang ditemukan pada bunga chrysant, dan bahan tersebut umumnya juga digunakan dalam obat nyamuk bakar dan anti nyamuk elektrik baik yang uap cair ataupun mat.

Allethrin sangat beracun untuk serangga dan ikan, namun kebanyakan tidak berbahaya bagi manusia dan burung. Ada satu alasan mengapa Allethrin dijual sebagai obat anti nyamuk bakar ataupun elektrik dan bukan sebagai obat anti nyamuk lotion yang bisa di oleskan di kulit yaitu karena bahan tersebut bisa mengiritasi kulit anda.


Bahaya Obat Anti Nyamuk  Elektrik

Obat nyamuk elektrik baik yang uap cair ataupun lempengan (mat) , meskipun efek jangka pendeknya tidak menyebabkan gangguan pernapasan langsung seperti obat nyamuk semprot ataupun obat nyamuk bakar, namun untuk efek jangka panjangnya tetap saja berbahaya, karena obat nyamuk elektrik mengandung racun, yang apabila terhisap terus menerus masuk ke dalam tubuh manusia, dapat menyebabkan gangguan pernapasan yang akut, walaupun tidak separah bahaya obat nyamuk bakar.

Selain dapat menyebabkan gangguan kesehatan, penggunaan obat nyamuk elektrik berpotensi dapat mengurangi kandungan oksigen di dalam sebuah ruangan. Tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, karena apabila kekurangan oksigen, tubuh bisa saja mengalami banyak sekali gangguan kesehatan, seperti tidur yang tidak nyenyak, hingga sesak nafas .

Bahkan pada dosis besar, melalui saluran manapun (bernafas, menelan atau menyentuh), terpapar Allethrin menyebabkan masalah perut, kemudian masalah sistem saraf. Paparan dalam jangka panjang dalam dosis yang berat juga memiliki efek yang serius. Jadi kata kuncinya adalah ‘besar’ dan ‘berat’. Tetapi jika anda menggunakan obat anti nyamuk ini sesuai petunjuk, anda tidak akan terkena efek ini, karena dosis anda sangat kecil, - anda perlu menelan (bukan menghirup, tapi menelannya) beberapa gram zat tersebut baru anda bisa merasakan pengaruh/efek sakitnya-. 


Pemakaian obat nyamuk elektrik

Ada baiknya apabila anda menggunakan obat nyamuk elektrik, baik itu anti nyamuk uap cair elektrik (liquid vaporizer) atau elektrik mat ikutilah pentunjuknya, seperti yang disarankan :

  • Gunakanlah obat anti nyamuk elektrik pada area yang memiliki ventilasi udara yang baik, agar racun tidak berkumpul terus di satu ruangan saja
  • Hanya gunakan obat nyamuk elektrik pada ruangan yang kosong, sehingga kemungkinan menghirup racun menjadi berkurang
  • Matikan obat nyamuk elektrik setelah selesai digunakan
  • Jika memungkinkan, hindari penggunaan obat nyamuk elektrik di sekitar anak-anak
  • Jangan lakukan hal yang bodoh seperti menghirup uapnya dari jarak dekat atau meminum cairannya atau mengoleskannya ke kulit 

Ingatlah, hampir semua kasus keracunan akibat obat nyamuk yang dilaporkan, berasal dari orang-orang yang menyalahgunakan atau memanfaatkan bahan kimia tersebut dengan cara yang tidak boleh dilakukan seperti yang sudah tertera pada label peringatan.  

           

Itulah penjelasan singkat tentang efek dari penggunaan obat anti nyamuk elektrik. Pada intinya pembasmian nyamuk membutuhkan tindakan pencegahan, seperti membersihkan tempat-tempat perkembangbiakannya, atau mengikuti langkah-langkah pencegahan yang dikampanyekan pemerintah, seperti 3M (menguras, mengubur, dan menutup)  dan selalu pastikan kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya. Karena, kebersihan merupakan faktor utama mencegah nyamuk, sehingga penanganan masalah nyamuk yang menyeluruh dapat membantu menurunkan risiko penyakit yang dibawa oleh nyamuk. (Baca: Cara Mengobati Demam Berdarah)


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang