Apa efek samping penyintas meningitis

Dilihat 8,2 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

NB: aku bukan ahli medis dan jawabanku ini tak benar sepenuhnya hanya berdasarkan pengalamanku sendiri. Abangku harusnya memiliki hidup normal, namun sekarang tak lagi. Aku membahas kematiannya akibat meningitis ketika masih kecil, dan kesembronoan keluarga kami atas efek sampingnya.

Saat umur 3-4 tahun, dia hampir meninggal karena penyakit lain, tapi setelah dirawat inap selama sebulan lebih dia balik kerumah sehat-sehat saja, namun kondisinya sangat lemah dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk memulihkan kondisinya. Akhirnya dia nampak sembuh total. Karena sakit dia lebih sering didalam rumah. Tapi dia tumbuh seperti remaja pada umumnya dan menningitis adalah masa lalu. Semasa hidupnya, dia sering membaca, prestasi akademisnya tak sebagus teman-teman lainnya. Kami juga tertimpa malang karena keilangan ayah.

Sejak saat itu abangku malah makin parah prestasi akademisnya dan kelakuannya mengesalkan, tapi kami menganggap itu cuma kenakalan remaja. Aku menduga penyebab buruk nilainya adalah karena meningitis, aku bilang itu karena, di keluarga besar kami sebagian besar anggotanya punya nilai diatas rata-rata, meski banyak yang tak suka membaca.

Karena dia tak begitu pintar maka itu mempengaruhi tingkat PD nya. Selama sisa hidupnya dihabiskan sebagai tukang mabuk, dan meskipun banyak yang mencoba menolong, ini pula yang kuduga menyebabkan meningitis kembali lagi. Aku tak yakin hipotesisku ini benar, akupun tak punya data untuk membuktikan itu salah juga.

Aku harap tulisanku bisa membantu pasien meningitis lain yang mencari efek samping setelah bebas dari meningitis.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang