Apakah makna dan manfaat matematika?

Dilihat 1,75 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Matematika berasal dari bahasa Yunani mathematicos yang artinya ilmu pasti. Dalam bahasa Belanda matematika disebut sebagai 'wiskunde' yang artinya ilmu tentang belajar. Saat kita memasuki usia sekolah, kita diperkenalkan dengan pelajaran matematika dari SD sampai perguruan tinggi, hal ini sebagai modal dasar dalam kehidupan nyata. 


Tanpa sadar, kita selalu beraktivitas dengan menggunakan perhitungan untuk mencapai kehidupan yang sempurna, misalkan cara membelanjakan uang dengan benar, berinvestasi, berdagang, dan masih banyak lagi. Saat ini dengan teknologi yang semakin canggih, kita bisa belajar matematika lewat komputer ataupun HP dengan aplikasi yang tersedia gratis maupun berberbayar.


inti dari matematika


Apa inti dari matematika? Mungkin pertanyaan ini menegaskan dasar matematika itu sendiri. Dalam kamus bahasa Indonesia, pengertian matematika adalah Ilmu tentang bilangan dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya, yang mencakup segala bentuk prosedur operasional yang digunakan dalam menyelesaikan suatu masalah mengenai bilangan. 


Matematika juga mempelajari bidang yang muncul pada pola yang terjadi di seluruh situasi. Misalnya, 1 apel ditambah 2 apel menjadi 3 apel. Ini merupakan realisasi bahwa pernyataan ini memang berlaku jika kita menggantikan apel dengan objek nyata yang lain. Tetapi pada beberapa poin, jika melangkah lebih jauh akan memperhatikan pola dan mencoba untuk menggunakan pola yang telah kita amati (seperti aturan logika) untuk menyimpulkan pola baru yang tidak dapat lihat sebelumnya. 


Manfaat belajar matematika yang paling mudah dapat dilihat dari metematika dalam pendidikan yang dipelajari pada saat usia sekolah, dari SD sampai SMA dan matematika pada kehidupan nyata. Tujuan mempelajari matematika pada periode tersebut adalah untuk memecahkan suatu soal yang berkaitan dengan hitungan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia pendidikan.


cara seru belajar matematika



Manfaat Matematika Dalam Kehidupan Nyata


Manfaat belajar matematika dalam hidup bermasyarakat di antaranya adalah:


  • Dapat memecahkan suatu persoalan yang berhubungan dengan hitungan, belajar matematika sangat bermanfaat bagi semua orang terutama bila diterapkan dengan kehidupan sehari-hari misalnya membelanjakan uang dengan benar, mengatehui, jarak tempuh, membuat ukuran atau pola baju, membuat rumah, dan semua yang berhubungan dengan hitungan.
  • Berinvestasi, dengan belajar matematika kita bisa memahami perhitungan rumit dan menggunakan logika dalam berbisnis atau berdagang.
  • Dapat membantu kita melatih logika dan nalar. Hal ini karena otak kita sering dilatih dengan persoalan yang membutuhkan pemecahan dengan jalan keluar yang tepat dan pasti.
  • Terbiasa hidup teliti, selalu memikirkan untung rugi dari sesuatu terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan..
  • Melatih kesabaran, melakukan tindakan dengan kesabaran sampai menemukan jawaban yang benar.

manfaat belajar matematika

Ribuan tahun lamanya, matematikawan telah mengembangkan peralatan yang telah memberikan kita beberapa kemajuan hingga pada hari ini pada semua yang ktia gunakan, seperti alat, pemetaan online, pencarian grafik komputer, serta mendukung inovasi di setiap bidang studi ilmiah. Jadi, saya pikir inti matematika adalah studi tentang pola dan abstraksi. Paling mudah dipraktekkan dengan mengamati dunia untuk menemukan pola dari situasi yang berbeda-beda, kemudian dengan menggunakan pola tersebut maka ditemukanlah pola baru yang lebih kompleks. 


Pengertian Matematika dalam masyarakat luas identik dengan ilmu hitung. Itu adalah anggapan masyarakat kita. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang, semakin ia ahli dalam menghitung, hingga setara atau bahkan melebihi komputer dan kalkulator.


Namun pada dasarnya, pengertian matematika bukanlah sekedar ilmu hitung.


Ilmu matematika bisa diterapkan hampir pada setiap aspek kehidupan, maka tak heran kalau matematika mendapat julukan ratunya segala ilmu. 

Orang yang mampu berpikir matematis adalah orang yang memiliki ketekunan, keinginan, minat, keahlian untuk menemukan atau menciptakan sesuatu yang baru dan ia memiliki kepercayaan diri dan watak mencoba mengevaluasi dan membuat keputusan ( NTCM 1991). 


Biasanya ciri orang yang matematis adalah orang yang pola berpikir tegas, kritis dan inovatif. Tanpa sadar, sering dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan dan menyelesaikan suatu masalah dengan pola matematika.     


pelajaran matematika yang seru        


Manfaat Matematika Dalam Dunia Pendidikan



Matematika dianggap pelajaran yang susah dan kurang diminati oleh kebanyakkan murid karena rumit, sulit, dan membosankan. Ini adalah tantangan bagi para pengajar terutama pada tingkat sekolah dasar.

 

Adapun manfaat belajar matematika untuk pendidikan antara lain:

 
  • Bisa dijadikan dasar bagi murid untuk mengetahui bilangan dan hitungan. menjadikan matematika itu suatu pelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan.  
  • Belajar cara memecahkan soal-soal dengan benar dan tepat. Pahami betul soal yang akan kita pecahkan dan mencoba menjawab dengan benar soal tersebut. Pembahasan Soal UN Matematika diperlukan agar mempermudah siswa untuk menjawab soal-soal matematika.
  • Pola pikir akan menjadi kritis, aktif, dan inovatif karena terbiasa mengerjakan soal-soal yang memerlukan pemecahan tepat.
  • Menumbuh kembangkan kemampuan learning to learn (Belajar untuk belajar).
  • Menfasilitasi kemampuan bernalar, dalam komunikasi, dan meningkatkan kepercayaan diri.
  • Menjadikan anak disiplin dalam mengerjakan sesuatu.

cara membuat anak menyukai matematika


Harapan bagi seorang guru untuk menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan tentunya merupakan impian semua guru. Melihat kenyataan bahwa pelajaran pendidikan matematika kurang menggembirakan atau boleh dibilang prestasi yang diperoleh dari pendidikan matematika kurang, baik perolehan tingkat Nasional maupun tingkat Internasional.


Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan negara-negara lain meskipun ada segelintir siswa yang berprestasi di mancanegara, tapi itu bukan gambaran kenyataan yang ada pada pendidikan di Indonesia. 

Mari kita mencari solusi bersama agar matematika tak lagi menjadi pelajaran yang menjenuhkan dan rumit, tapi berubah menjadi tapi pelajaran yang menyenangkan dan banyak disukai oleh semua siswa.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang