Apa fakta menarik tentang orang-orang dan budaya Indonesia yang kebanyakan tak diketahui orang asing?

Dilihat 395 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang terletak tepat di garis khatulistiwa. Indonesia memiliki banyak pulau, dan termasuk negara kepulauan terbesar di dunia.

Setiap negara pasti punya adat dan budayanya masing-masing. Begitu pula yang terjadi di Indonesia. Keberagaman adat dan budaya ini seringkali membuat para wisatawan mancanegara yang berlibur ke Indonesia berdecak kagum. 

Pasti kalian tahu kalau Indonesia itu adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya, kan? 

Wah, ini toh kenyataannya:

Tidak hanya hal-hal seperti itu saja yang dapat mencirikan Indonesia. Banyak hal-hal unik lainnya, lho!

Mari lebih mengenal Indonesia dengan mempelajari ciri-ciri khas Indonesia beserta fakta-fakta kebudayaan Indonesia yang unik lainnya. Jadi, jangan kemana-mana dan baca terus ya! ^^


Saat saya bepergian ke luar negeri dan bertemu dengan orang-orang yang bukan di industri pariwisata, mereka tak akan tahu dimana Indonesia berada. Sopir taksi mengetahuinya, para pedagang biasanya tahu, para pemandu tahu, tapi setelah itu, tak ada lagi yang tahu. Bahkan mahasiswa perguruan tinggi di negara ASEAN lainnya pun tidak tahu. Anda bisa mengatakan bahwa hanya Singapura dan Malaysia yang kenal baik dengan Indonesia.


Inilah 10 Fakta Tentang Indonesia

Saya akan coba menuliskan daftar tentang fakta-fakta tentang Indonesia yang paling dikenal yang saya ketahui.

  1. Wow, inilah fakta yang perlu Anda ketahui:

    Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, tapi bukan negara yang memiliki jumlah pulau terbanyak. Itu negara lain.

    fakta tentang indonesia

  2. Stereotipe "orang Indonesia itu ramah" tidak lagi benar di kota-kota besar. Orang indonesia itu baik, ya, tapi tidak terlalu ramah. Saya punya pengalaman dengan seorang di pedesaan yang lebih ramah. Tapi anda bisa mengatakan, di pedesaan orang Indonesia masih ramah. Cobalah untuk berbicara dengan siapa saja, mereka akan berusaha keras semampu mereka untuk membantu anda!

    fakta tentang orang indonesia

  3. Orang-orang Indonesia suka saat anda berbicara dengan bahasa daerah asal mereka. Anda akan mendapatkan bantuan bermacam-macam, diskon, dll, jika anda berbicara dengan bahasa daerah mereka. Bukan "Bahasa Indonesia", bukan, tapi bahasa etnik mereka. Jawa, Batak, Bali, dll. Begitu banyak sehingga anda tak akan mampu berbicara semuanya, saya rasa, tapi mereka akan sangat kagum jika anda setidaknya bisa berbicara sedikit. Lantas kemudian anda memenangkan hati mereka.

  4. Orang Indonesia tidak terlalu menganggap serius sesuatu. Dan lamban. Indonesia berada di posisi rangking hampir paling bawah dalam hal "Kecepatan berjalan" diantara negara-negara di dunia. Meski masyarakat di kota Jakarta sama sibuknya seperti para pekerja di kota-kota besar lainnya di dunia, kecepatan berjalan mereka sungguh pelan. Jika ada orang Jepang/Barat yang juga tinggal di Jakarta dan berjalan diantara kami orang Indonesia, anda akan segera mengetahuinya, karena kecepatannya berbeda.

    ciri khas orang indonesia

  5. Berkaitan dengan nomor 4, waktu di Indonesia itu agak tidak jelas. Orang akan mengatakan waktu janji temu yang tak jelas, dan anda bisa melihat keterlambatan hingga 30 menit. Orang-orang tak akan sungguh-sungguh komplain setelah itu. Ya, itu terserah orang yang bersangkutan, tapi itulah intinya. Anda juga akan mendengar "sekitar siang hari" atau "nanti sore" atau, yang paling membingungkan, menggunakan waktu Arab/ibadah Islam. Bagi saya itu membingungkan karena saya bukan seorang Muslim dan hanya baru-baru ini saja belajar tentang hal ini, namun meski saya sudah mengetahui artinya itu masih tetap saja membingungkan. Ada lima waktunya, yaitu : Subuh -- 04.30-sebelum matahari terbit. Dzuhur -- 12.00-15.00. Ashar -- 15.00-17.45. Maghrib -- 18.00-19.00. Isya -- 19.00-03.00. Saat anda diberitahu "setelah Maghrib" itu bisa berarti anda harus menunggu sekitar pukul 17.30 hingga 19.00.

    kekurangan orang indonesia

  6. Masih berkaitan dengan nomor 4, masyarakat Indonesia sedikit menolak untuk berjalan untuk jarak yang jauh. Itu membutuhkan waktu, karena kami adalah pejalan kaki yang lamban, dan itu panas dan malu dan membuat kami berkeringat. Ada transportasi umum dimana-mana yang dinamakan angkot, seperti super mini bis, yang bisa berhenti dan dipanggil dimanapun. Selama anda tahu setiap rutenya. Dan ada banyak sekali angkot. Bagi orang asing, saya sarankan anda tak mengambil transportasi ini kecuali anda yakin itu adalah angkot yang benar, atau tanpa ditemani orang Indonesia.

    angkutan umum di Indonesia

  7. Setelah mengetahui hal itu, transportasi umum kami memang buruk, mobilnya biasanya rusak dan terlihat tidak aman dalam beberapa bulan. Kereta mengalami kemajuan dan banyak aspek lainnya juga akan lebih baik, Tapi karena hal itu masih buruk, banyak orang memilih untuk tidak menggunakan mereka dan memilih mengendarai mobilnya sendiri, sehingga menyebabkan lalu lintas makin parah. Padahal sudah cukup parah.

    ciri khas Indonesia

  8. Hal yang paling penting di Indonesia adalah tidak terlalu "sukses" atau bekerja-keras atau bermanfaat bagi orang sekitarnya. Menjadi bahagia dan mencintai hidupnya. Mereka tak membutuhkan uang banyak asalkan hidup dan keluarga mereka damai dan tentram. Mungkin motonya adalah "Santai dan nikmati risikonya". Masalahnya, sikap ini di kehidupan yang membuat mereka paling menderita. Sayangnya, mereka tak akan berubah. Mereka tak akan berusaha keras tapi karena mereka ingin hidupnya mudah, mereka memiliki banyak sekali permintaan. Dan diberi, bukan memenuhinya sendiri.

  9. Terkait nomor 8, sebenarnya itu sangat memalukan, tapi saya akan mengungkapnya. Masyarakat di Indonesia memiliki kecenderungan untuk pindah ke Jakarta demi mencari pekerjaan, meskipun mereka masih memiliki pekerjaan yang layak di tempat asal mereka. Seseorang yang kurang beruntung akan puas sebagai pengemis. Dan selang beberapa waktu kemudian, pengemis menjadi sebuah profesi. Adalah rahasia umum bahwa beberapa orang yang menjadi pengemis itu hanya untuk mengumpulkan kekayaan di tempat asalnya, karena mereka mendapat banyak uang. Bahkan melebihi beberapa profesi normal. Tidak semua pengemis seperti itu, tapi jika anda menemui pengemis yang sehat dan bugar, biasanya mereka itu kaya di tempat asalnya.

  10. Ada budaya yang dinamakan "Arisan". Sesungguhnya, saya sendiri tak tahu apa itu arisan, karena ibu saya tak pernah ikut. Itu adalah sekelompok biasanya ibu-ibu rumah tangga, yang mengumpulkan uang dan mengambilnya setiap minggu untuk menentukan siapa yang akan mendapat uang yang dikumpulkan itu. Pada saatnya semua akan mendapatkannya, dengan jumlah yang sama, saya pikir seperti itu. Itu bukan judi. Itu sebuah bentuk bersosialisasi. Saya tak tahu bagaimana caranya dan apakah itu hanya unik di Indonesia. Oh, dan ada film Indonesia dengan judul yang sama dengan itu.
    keuntungan arisan

Itulah 10 fakta menarik tentang Indonesia yang hanya bisa ditemukan di Indonesia tapi tidak di negara lainnya. Bagaimana? Menarik, bukan budaya Indonesia kita itu?

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang