Apa fungsi kuku pada tubuh manusia?

Dilihat 462 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Disadari atau tidak, terkadang keberadaan kuku tidak terlalu diperhatikan dengan baik. Memang secara sekilas banyak anggapan bahwa kuku tangan atau kuku kaki tidak memiliki fungsi yang signifikan dalam tubuh, namun banyak yang tidak mengetahui bahwa jika kesehatan kuku diabaikan, maka akan timbul bermacam penyakit yang dapat menyerang kuku Anda. Kuku rusak, kusam, menghitam, berjamur, adalah beberapa gangguan pada kuku yang acap kali kita temui.  

Perawatan kuku harus dilakukan agar kuku tetap sehat. Saya yakin memiliki kuku cantik, indah dan terawat adalah impian banyak orang. Kuku tangan sering kali diberi perhatian yang lebih besar dibanding kuku kaki. Kuku tangan dipotong rapi, diberi pelembab, lalu dibersihkan secara rutin, sedangkan kuku kaki seringkali diabaikan. Padahal jika tidak dibersihkan dan dirawat, kuku kaki akan menjadi kusam dan menghitam karena berjamur, sehingga menyebabkan bau kaki.

Sebenarnya apa sih fungsi kuku bagi tubuh? Apakah ada informasi yang menarik seputar kuku? Benarkah jika tidak dirawat kita dapat terkena penyakit kuku? Tentunya Anda penasaran bukan? Nah, untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, maka Anda harus membaca uraian dibawah ini sampai tuntas. Yuk, kita simak…



Fungsi Utama Kuku



Apa itu kuku? Mayoritas orang berpikir bahwa kuku adalah bagian dari tulang, namun sebenarnya pendapat tersebut tidak benar. Kuku manusia terbentuk dari materi protein yang disebut dengan keratin. Keratin membentuk serat, keratin inilah membuat kuku menjadi tangguh dan kuat. Seperti kita semua ketahui, kuku adalah bagian tubuh yang tumbuh di ujung jari, menutupi ujung jari tangan dan kaki. Daerah di bawah kuku memiliki banyak ujung syaraf. Ujung syaraf inilah yang memungkinkan Anda untuk menerima informasi tentang obyek yang akan Anda sentuh. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama kuku pada tubuh manusia :

  • Fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang penuh dengan urat saraf dan bagian sensitif yang ada di bawah kuku 
  • Kuku berfungsi untuk memberi sensitifitas daya sentuh. Pada ujung jari terdapat banyak reseptor yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang sentuh saat kita menyentuh suatu objek sehingga kita dapat merasakan bersentuhan dengan objek yang kita sentuh.  
  • Kuku sebagai kekuatan penyeimbang ketika ujung jari menyentuh sebuah benda, sehingga meningkatkan sensitivitas jari, meskipun tidak ada ujung saraf di kuku itu sendiri.  
  • Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran.  
  • Kuku membantu proses untuk memegang atau mencengkram benda yang dilakukan oleh jari-jari  
  • Pada kaki, kuku memberikan tekanan penyeimbang pada jari kaki yang membantu keseimbangan dan kesadaran spasial.  
  • Ada beberapa penyakit yang merubah penampilan kuku kaki Anda. Kuku rusak, berubah warna, berubah bentuk dan berbau akan dijadikan indikator bagi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 
  • Tentunya jika kuku kaki dan tangan terawat dengan baik, bersih dan terjaga kesehatannya, kuku bisa menjadi salah satu daya tarik (terutama bagi kaum wanita)

Penyakit Pada Kuku

Seperti yang telah dijelaskan diatas, jika kuku tidak dirawat dan diabaikan kebersihannya, maka kuku beresiko terkena gangguan dan penyakit. Kuku rusak dapat terjadi karena infeksi bakteri atau jamur, bahkan terlalu sering mencat kuku juga dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh. Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyakit dan gangguan pada kuku, yaitu :


  • Paronychia/Paronikia - Penyakit ini familiar kita sebut dengan cantengan. Penyebabnya adalah infeksi yang terjadi pada jaringan di daerah sekitar kuku yang menyebabkan kuku menjadi meradang (bengkak), menebal dan berwarna kecoklatan. Bahkan seringkali mengeluarkan nanah dan rasa sakit ketika berjalan. Paronychia seringkali diobati dengan diberi antibiotik



  • Leuconychia - Leuconychia adalah titik putih yang sering ditemukan pada kuku, baik kuku tangan atau kuku kaki. Ada yang seluruh kuku menjadi berwarna putih, ada yang hanya sebagian saja, ada yang berbentuk garis putih sejajar dengan kuku, atau ada juga yang berbentuk binti-bintik kecil yang muncul pada kuku. Penyakit ini disebabkan oleh masuknya udara kedalam zat tanduk kuku atau dari luka pada dasar kuku. 



  • Tinea unguium - Penyakit tinea unguium dikenal sebagai kurap pada kuku yang disebabkan oleh patogen jamur. Gejalanya yaitu dapat menyebabkan penebalan pada kuku dan membuat kuku menjadi berwarna kekuningan, kemudian menjadi rapuh, dan akhirnya kuku tersebut memisahkan diri dari bagian kuku lainnya
                                                                  
  • Onychocryptosis - Onychocryptosis adalah salah satu penyakit kuku yang menyebabkan kuku tumbuh ke dalam. Penyakit ini dapat terjadi apabila Anda memotong kuku dengan cara yang tidak tepat atau terlalu cepat saat memotong kuku  



  • Onychogryphosis - Penyakit yang mengakibatkan penebalan pada kuku dan membuat kuku menjadi sangat bengkok (melengkung). Kuku tampak seperti tanduk atau cakar hewan. Salah satu penyebabnya adalah luka yang terjadi berulang-ulang, misalnya; sepatu atau alas kaki yang kekecilan, tetapi penyakit ini sering terjadi pada orang yang sudah tua. Onychogryphosis umunya terjadi pada ibu jari (jempol).

  • Onycholysis - Onycholysis adalah penyakit yang membuat kuku lepas dari jari. Jari manis adalah salah satu jari yang sering mengalami gangguan ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus atau jamur yang perlahan merusak jaringan yang berada diantara kuku dan jari. Untuk mencegahnya, jangan biarkan kaki dalam keadaan lembab/basah terus menerus karena dapat memicu tumbuhnya jamur dalam waktu cepat 

     


  • Onychomadesis - Onychomadesis adalah penyakit yang membuat kuku tanggal dari sisi bagian atas secara sedikit demi sedikit. Penyebab dan gejalanya umumnya terjadi karena infeksi virus atau jamur.

    

  • Onychorrhexis - Penyakit Onychorrhexis ini adalah penyakit kuku yang biasanya disebabkan oleh cairan kimia dari pembersih rumah tangga, misalnya; pembersih lantai, deterjen, dll. Gejalanya kuku terutama ibu jari kaki akan terbelah atau membagi secara vertikal sehingga kuku terlihat seperti dua kuku. 

                  



Itulah beberapa penyakit dan gangguan yang sering kali terjadi pada kuku. Agar terhindar dari penyakit tersebut, maka langkah yang paling mudah dan sederhana adalah dengan menjaga kuku agar tetap dalam keadaan kering serta bersih setiap saat. Selain itu ada beberapa tips yang dapat Anda praktekkan untuk mendapatkan kuku cantik, sehat dan terawat, diantaranya adalah :


  • Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk kuku, yaitu makanan yang mengandung kalsium, seperti; sayur-sayuran, ikan, susu, dan kacang kedelai.
  • Biasakan secara rutin untuk memotong kuku, baik kuku kaki ataupun tangan. Khusus untuk kuku kaki sebaiknya jangan dibiarkan tumbuh dengan panjang, karena kuku kaki lebih rentan terserang jamur dan bakteri.  
  • Berhati-hati ketika membersihkan kuku, jangan sampai melukai kulit yang ada di sekitar kuku dan jangan sampai terlalu dalam ketika mencongkel kotoran yang ada di dalamnya (terutama pada kuku kaki). Sebagai informasi tambahan, kuku rusak seringkali terjadi justru ketika seseorang sedang membersihkan kuku, maka berhati-hatilah! 
  • Selalu gunakan pelembab, bukan hanya untuk bagian tangan, namun juga sampai ke ujung kuku kaki untuk tetap menjaga kelembaban pada kuku.
  • Tidak harus membayar mahal agar mendapatkan kuku cantik, terawat dan sehat. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat kuku Anda terlihat mengkilap, seperti : Lemon, Semangka, Belimbing Wuluh, Bawang Putih, Baking Powder 
  • Anda dapat menggunakan cuka apel untuk membersihkan kuku kaki dan mencegah jamur tumbuh dikuku dan kulit kaki. 
  • Jika Anda ingin menggunakan cat kuku, sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Hal ini dimaksudkan agar kuku tidak menjadi kering, dan tidak mudah rapuh.
        

Demikianlah informasi singkat yang dapat saya sampaikan kepada Anda. Semoga setelah membaca uraian di atas, kita semakin sadar untuk merawat dan menjaga kebersihan kuku kita, tidak hanya kuku tangan, namun cobalah menyisihkan sedikit waktu untuk memberi perhatian khusus pada kuku kaki. Percayalah, perawatan kuku dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, tidak akan menimbulkan efek samping. Selamat Mencoba!

Baca juga tautan berikut : Kenapa kuku - kuku jari tidak tumbuh dengan kecepatan yang sama?

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang