Apa fungsional anatomi pada sistem pulmonaris manusia?

Dilihat 3,08 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pertama-tama, itu membantu mendefiisikan apa fungsi primer paru-paru..

  1. Pertukaran gas: respirasi eksternal (bernafas) mendukung respirasi internal (yaitu, penguranga oksigen ke air dalam sistem transpor mitokondria elektron, dan pelepasan CO2 yang diproduksi dalam oksidasi karbon yang mendandung molekul.
  2. Pertahanan tuan rumah melawan organisme mikroba dan virus.
  3. Regulasi keseimbangan dasar asam melalui pertukaran CO2.. CO2 + H20 <-------> H + HCO3 <------->H2Co3
  4. Berperan sebagai waduk darah: menaha ~500mL darah dalam pembuluh darah yang dalam dilembungkan kalau bisa didorong kedalam jantung kiri dengan stimulasi simpatetis. Juga filter emboli kecil dari darah.
  5. Fungsi enzim penting: situs utama angiotensin mengubah aktivitas enzim.
  6. Terakhir, inflasi paru-paru bisa membeirkan tekanan udara tubuh dan membiarkan sesuatu untuk kontraksi dengan otot perut selama BAB, melahirkan anak, vokalisasi, dll.

Jadi bagaimana anatomi paru-paru mendukung fungsi ini?
Ada dua bagian utama pada sistem, bagian bawah dan atas saluran udara. Saluran udara atas terdiri dari nasal/rongga mulut, faring, laring, dan sinus: Satu fungsi utama saluran udara atas itu sehubungan dengan pernafasan (ada banyak yang lain dari yang bisa kamu bayangkan) adalah untuk menghangatkan, melembabkan, dan menyaring udara yang dihirup sebelum masuk kedalam paru-paru. Juga dicatatat, hidung menggenerasikan 50% resistensi saluran udara, yang penting untuk mengurangi kerja pernafasan dan peingkatan waktu ventilasi, yang membiarkan pertukaran lebih.. Ingat pepatah "bernafas menggunaka mulutmu dan keluarkan lewat hidung"..

Saluran udara bawah terdiri dari trakea, bronkus, bronkiolus, saluran alveolar, dan alveoli:

Alveolinya sebearnya itu JAUH lebih padat daripada di gambar-gambar yag membuat nya terlihat (ada sekitar 300 juta dari mereka; 85 meter kuadar luas permukaannya!), tapi itu terlihat struktur cukup menyeluruh. Sadari juga kalau paru-paru kanan memiliki tiga lobus, tapi yang kiri hanya punya dua.. Ini dikarenakan letak jantung berada di celah-celah tersebut.

Setiap cabang saluran udara kedalam bertahap semakin ke bagian yang lebih sempit (sel epitel saluran udara) berubah cukup sedikit dalam bentuk dan fungsinya.Epitel pada trakea, bronkus, dan bronkiolus itu digarisi dengan sel silil yang melawan dalam bentuk kebersamaan untuk mendorong partikelpartikel asing yang terhirup dan terperangkap dalam mukus di paru-paru dan kedalam saluran udara atas dimana partikel tersebut bisa dikeluarkan lewat batuk. Sel dalam alveoli itu sangat datar supaya untuk memfasilitasikan difusi gas melewati permukaannya. Mereka juga mensekresikan surfaktan, dimana itu sangat penting dalam mnjaga tekanan permukan yang membiarkan paru-paru untuk mmompa. Paru-paru juga diisi dengan pembuluh darah yang terpisah dari ruang saluran udara alveolar yang hanya 1 mikrometer di banyak tempat! Inilah elektron mikrograf beberapa kapiler ini: (ingat, ada 300 juta alveoli ini, berawrna biru, pada manusia dewasa!)

Paru-paru itu disituasikan dalam ruang hampa udara yang lemah ruang pleura), dan hubungan mereka dengan otot yang mengelilingi mereka dan tulang rusuk yang mendukung mereka itu sangat penting untuk kemampuan mereka untuk memompa/menurunkan:
Jadi kamu bisa melihat disini bagaimana perbedaan otot kontraksi unutk menyebabkan pelebaran paru-paru pada semua arah. Kalau ruang hampa dikompromika, gabungan tekanan permukaan dalam semua alveoli bersamaan degan kandungan elastis jaringan konektif paru-paru menyebabkan mereka menjadi tmegempis.. Tapi bagaimana tentang peran saluran udara sebagai pembatas melawan mikroorganisme dan virus? Saluran udara atas dan bawah itu digarisi dengan kelenjar getah bening yang merespon terhadap infeksi denga mengaktifkan respon imun asli dan/atau adaptif.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang