Apakah ada manfaat menonton film? Apakah ini hanya membuang-buang waktuku?

Dilihat 6,97 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

manfaat nonton film


Banyaknya aktivitas atau pekerjaan yang kita lakukan setiap hari, sudah tentu terkadang dapat membuat kita merasa tertekan dan stress. Pekerjaan yang bertubi-tubi, tenggat waktu yang harus diselesaikan, kewajiban yang harus dilaksanakan, hal-hal seperti itulah yang dapat menimbulkan rasa penat. Apa sih yang anda lakukan saat stres melanda pikiran anda? 


Berbagai macam cara menghilangkan stress pasti akan kita tempuh untuk membunuh rasa ini, salah satunya adalah dengan mencari hiburan. 


Hampir semua orang pasti membutuhkan hiburan untuk mengatasi rasa bosan dan penat yang muncul. Saya yakin salah satu hiburan yang anda lakukan adalah menonton film. Menonton film memang bisa menjadi alternative hiburan. Kita bisa menonton bersama keluarga, bersama teman-teman, berdua dengan pasangan, atau bisa juga sendirian. 


Hampir semua orang pasti menyukai film, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Entah itu ber-genre action, romantis, cinta, petualangan atau kartun sekalipun. Ingin terhibur adalah tujuan utama yang ingin didapatkan seseorang dari film yang ditontonnya. Tetapi sebenarnya bukan hanya hiburan saja yang dapat kita peroleh dari film. Banyak manfaat yang dapat kita petik dari film yang kita tonton. 


Sebenarnya apa sih manfaat nonton film? Apakah benar menonton film memiliki kegunaan? Yuk, simak terus ulasannya berikut ini sampai habis ya..



Manfaat Menonton Film



Berikut ini adalah beberapa manfaat nonton film yang dapat kita rasakan baik secara langsung ataupun tidak langsung:


  • Meningkatkan Kesadaran Terhadap Lingkungan

Banyak film yang dibuat berdasarkan isu-isu sosial yang sangat berhubungan dengan masyarakat kita. Film mengenai pernikahan, kasta , kehormatan , dan kesenjangan sosial ekonomi sering membuat kita sadar akan isu-isu tersebut . Film-film tersebut membangkitkan hati nurani seseorang yang telah lama pergi ketika melihat orang-orang tersebut mengalami masa-masa yang sangat sulit, meskipun hanya di layar. Jadi ya, film membantu dan bekerja dalam menyampaikan pesan penting kepada masyarakat.


manfaat nonton film


  • Tempat hangout terbaik bersama pasangan

Mungkin saat anda pergi menonton film adalah saat pertama kali anda bergandengan dengan kekasih anda di depan umum, mungkin juga saat itu merupakan pertama kali anda menciumnya. Hal itu sering terjadi di bioskop untuk kebanyakan pasangan. Bioskop adalah tempat dimana anda tidak akan dihakimi ketika jalan bersama kekasih anda , hal-hal seperti itu sudah di maklumi area bioskop. Jika bukan karena film, kita tidak akan memiliki teater yang bagus untuk Hangout -kalau boleh saya katakan begitu- bagi generasi muda yang sedang jatuh cinta.


manfaat nonton film


  • Pengalaman yang seru

Jika anda membutuhkan sesuatu yang membuat anda semangat atau sesuatu yang seru, tetapi bos anda tidak memberi anda cuti panjang, padahal sudah sejak lama anda tidak pergi keluar (berlibur), apa yang akan anda lakukan? Apakah anda hanya akan menunggu untuk memiliki pengalaman liburan yang menggembirakan tersebut atau anda melakukan sesuatu yang lain? Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak film yang akan mengantarkan kegembiraan untuk anda, sampai anda menemukan waktu yang tepat untuk benar-benar berlibur yang sesungguhnya. Ya, menonton film adalah sebuah jalan keluar untuk situasi seperti ini!


manfaat nonton film


  • Membuat tertawa tanpa beban

Apakah anda ingat kapan terakhir kali anda tertawa lepas ketika menonton sebuah film? Saya juga melakukan hal tersebut dan saya ingat itu adalah momen langka dimana ketika itu saya benar-benar tertawa lepas tanpa beban saat menonton flm. Film komedi yang bagus pasti dapat membuat orang tertawa. Itu yang namanya efek film komedi. Itu adalah salah satu cara untuk meringankan suasana hati dan melepaskan beban pikiran. Saya tidak pernah bisa melupakan saat-saat dimana pergi bersama teman-teman menonton film komedi, tertawa bersama-sama dan disitulah persahabatan kita terasa semakin dekat.


 

manfaat nonton film


  • Memberi Inspirasi

Salah satu manfaat nonton film yaitu, seringkali film memberikan sebuah inspirasi. Film mengenai biografi seseorang ataupun tokoh-tokoh sejarah, sekilas sering memberikan kesederhanaan dalam kehidupan. Anda bisa melihat sendiri bagaimana seseorang (baik pria ataupun wanita )bisa bertransformasi menjadi seeorang “pahlawan” di kehidupannya (di lingkungannya) sehingga memotivasi anda untuk melihat kehidupan dalam pespektif yang berbeda. Ya, pada akhirnya kita menyadari orang-orang biasa juga mampu membuat hal-hal besar dalam hidup.


manfaat nonton film
  • Menyembuhkan patah hati

Ini kedengarannya klise, tetapi memang benar adanya! Telah terbukti berkali-kali bahwa menonton film romantis favorit anda ditemani dengan ice cream favorit adalah cara yang bagus untuk menyembuhkan patah hati. Anda harus melihat adegan yang sama dalam film tersebut berulang-ulang dan pada akhirnya anda tahu bahwa anda harus menerima kenyataan. Film itu akan menarik pikiran anda tentang dia. Anda mungkin akan menangis di awal, tetapi secara bertahap film tersebut akan menyembuhkan anda dan pada khirnya anda siap menjalin hubungan dengan yang lain


manfaat nonton film


  • Mengisi Waktu Luang

Bayangkan anda di rumah sendirian dan tidak ada yang harus dikerjakan. Chatting lewat ponsel atau bermain Facebook mungkin bisa menjadi pilihan, tetapi bagaimana kalau telah merasa bosan? Apa yang anda lakukan tanpa teman sekitar dan rasanya sangat malas untuk pergi keluar? Jalan keluarnya gampang, nonton film saja. Menonton film adalah hal yang bagus untuk mengisi waktu. Anggap saja anda mempunyai teman yang sangat lucu, teman berbahaya atau teman yang sangat cantik walaupun hanya akting di layar kaca. Teman seperti apa lagi yang ingin anda minta? Pasti semuany ada


  • Cinema Therapy 

Cinema Therapy adalah adalah pendekatan yang menarik untuk mengobati pasien yang memiliki gangguan depresi, gangguan mood dan sejenisnya. Anda mungkin pernah mendengar ada ungkapan yang menyatakan bahwa "sebuah gambar mewakili seribu kata". Jadi, film yang merupakan penggabungan dari ribuan gambar bersama dengan dialog dan musik akan dapat membantu seseorang yang sedang mengalami masalah. Efek nya pasti luar biasa . Cinema Therapy memang hal yang mungkin masih jarang kita temukan, namun demikian hal ini merupakan salah satu alternatif pilihan untuk mengatasi masalah atau stress yang bisa dikombinasikan dengan alat terapi lainnya.


  • Menghilangkan Stress

Menonton film adalah salah satu cara menghilangkan stress. Anda tidak perlu pergi ke psikiater untuk menghilangkan stress. Anda hanya perlu  pergi menonton film favorit atau film keluaran terbaru. Anda bisa pergi menonton bersama teman-teman atau nonton sendiri saja di rumah. Apapun genre film yang anda tonton, selama anda menikmatinya , setelah selesai anda pasti akan merasakan segar kembali dan bersemangat untuk beraktivitas.


manfaat nonton film


  • Memberi Hiburan

Mendapatkan hiburan adalah alasan utama untuk menonton film. Baik itu komedi, drama, sci-fi atau action. Film adalah media rekreasi dan hiburan bagi setiap individu mulai dari kelas bawah, menegah ataupun kelas atas. Itu adalah daya tarik utama dari film. Yang terbesar dari semua manfaat dari menonton film adalah bahwa hal itu menghibur Anda terlepas dari strata sosial Anda.


  • Membantu Belajar Pemahaman Bahasa Asing 

Kebanyakan dari kita pasti lebih suka menonton film-film Hollywood yang mayoritas berbahasa inggris. Dengan menonton film berbahasa Inggris, secara tidak sadar anda belajar bahasa tersebut, yaitu dengan mendengar (listening), sehingga dengan tidak langsung anda juga dapat mencoba untuk memahami pengucapan kata-kata /dialog dalam film tersebut. Begitu juga ketika anda menonton film-film dari negara lainnya, anda akan belajar mengenai cara pengucapan dari bahasa yang digunakan di negara tersebut.


  • Belajar sejarah 

Dalam memahami sebuah sejarah akan lebih mudah jika ditampilkan secara visual. Banyak sekali film-film dibuat berdasarkan kejadian sesungguhnya yang kemudian menjadi sebuah karya hebat. Bukan hanya sejarah kejadian terntentu, tetapi juga sejarah suatu bangsa, biography seseorang, atau sejarah suatu subjek. 


cara menghilangkan stress


  • Mempelajari dan Mengetahui budaya asing 

Setiap film yang diputar dapat mencerminkan kebudayaan dari tempat film itu berasal. Di setiap film anda akan menemukan perbedaan yang cukup signifikan, tidak hanya dari tempat setting film itu dibuat tetapi juga zaman dari film itu dibuat. Sebagai contoh, jika suatu film dibuat untuk menceritakan mengenai zaman perang, maka kebudayaan yang akan anda ketahui adalah bagaimana cara orang orang hidup ketika perang berlangsung. Sehingga, dengan menonton variasi film yang berbeda latar belakang, berbeda negara, berbeda adat dan kebiasaan, kita sebagai penonton, secara tidak langsung dapat mengambil pelajaran dan sedikit banyak mengetahui mengenai budaya masing-masing daerah.


-


Jadi, itulah beberapa manfaat nonton film yang bisa kita dapatkan. Cukup beragam ya manfaatnya. Karena setelah menonton film, kita tak hanya mendapatkan hiburan, tetapi juga sebagai salah satu cara menghilangkan stress serta memberikan inspirasi yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, meskipun menonton film memiliki banyak manfaat, pemilihan jenis film yang akan kita tonton amatlah penting dan disarankan tidak terlalu berlebihan ya dalam melakukan kegiatan yang satu ini agar jangan sampai mengganggu kegiatan dan tugas utama kita. Selamat menonton! (Baca: Mana yang lebih seru : Nonton film atau baca buku?)

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang