Apa gunanya menggunakan baking powder dalam resep kue?

Dilihat 327 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Baik baking powder maupun baking soda merupakan bahan kimia yang digunakan dengan tujuan agar kue mengembang ketika dipanggang. Keduanya memperbesar gelembung yang sudah ada di dalam adonan kue ketika mencampur seluruh bahan kue. Ketika sebuah resep kue menggunakan baking powder dan baking soda, baking powder yang paling berpengaruh dalam membuat kue mengembang.


Baking soda digunakan untuk menetralisir asam pada adonan kue dan membuat kue menjadi lebih lembut dan mengembang. Ketika kamu menggunakan baking powder atau baking soda dalam membuat kue, pastikan kamu mencampurnya dengan bahan kering lainnya sebelum menambahkannya ke adonan kue. Kalau tidak kue yang kamu panggang akan memiliki rongga yang besar.

Baking powder terbuat dari baking soda, beberapa garam asam (krim tartar dan sodium alumunium sulfate) dan tepung kanji untuk menyerap  kelembaban untuk memastikan bahwa baking powder tidak akan bereaksi sebelum cairan ditambahkan ke dalam adonan. Sebagian besar baking powder yang digunakan saat ini memilki aksi ganda yang berarti bahwa baking powder tersebut akan bereaksi ketika bertermu dengan cairan dan reaksi terjadi dalam dua tahap.


Reaksi pertama terjadi ketika kamu menambahkan baking powder ke dalam adonan. Salah satu dari garam asam bereaksi dengan baking soda dan menghasilkan gas karbondioksida. Reaksi kedua terjadi ketika adonan kue sedang dimasak di dalam oven. Gas yang dilepaskan oleh baking soda membuat kue mengembang. Karena reaksinya terjadi dalam dua tahap, kamu bisa menunda memasak adonan kue selama 15 - 20 menit tanpa adonan tersebut kehilangan kekuatan untuk mengembang.


Menggunakan baking powder yang terlalu banyak akan menyebabkan rasa kue menjadi pahit. Selain itu, adonan juga akan mengembang terlalu cepat dan akhirnya berantakan (gelembung di dalam adonan menjadi terlalu besar sehingga kue jadi berantakan). Kuenya akan bantat di tengah. Sementara itu menggunakan baking powder yang terlalu sedikir akan membuat kue tidak mengembang dengan sempurna.




Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang