Apa hal terbaik yang bisa dilakukan ketika kita mengidap insomnia?

Dilihat 2,76 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Penanganan jangka pendek untuk insomnia : Menurunkan suhu tubuh dapat membuatmu mengantuk, jadi coba buka jendela atau bahkan mandilah air dingin. Jangan berbaring bolak - balik di atas tempat tidur. Kalau kamu tidak mengantuk setelah 15 menit, bangunlah, lakukan sesuatu yang tidak membutuhkan fokus yang tinggi (mencuci piring, memasukan cucian ke mesin cuci, dsb), lalu coba berbaring lagi dalam 30 menit. Jangan gunakan apapun yang memiliki cahaya warna putih / biru. Jauhkan dirimu dari tv, jangan gunakan laptop / tablet, jangan sentuh ponselmu.


Membaca juga bisa membantu, tapi matikan lampu backlight kalau kamu menggunakan e-reader, dan jangan gunakan tablet sama sekali. Tempat tidur yang bersih dan nyaman juga dapat membantu. Cobalah untuk minum susu hangat dengan rasa vanila, tapi panaskan susu di panci, jangan gunakan microwave. Coba dengarkan suara yang berhubungan dengan alam seperti suata hujan, atau debur ombak melalui pengeras suara dengan kualitas yang baik - suara yang kamu dengarkan harus benar - benar mirip dengan aslinya, jika tidak jadinya hanya akan menyebalkan. Selain itu, obat tidur herbal juga bisa membantu, tapi kamu harus hati - hati agar tidak kecanduan.


Penangan jangka panjang  untuk insomnia: Olahragalah setiap hari. Walaupun hanya berjalan selama 30 menit yang membuatmu agak terengah - engah. Cobalah untuk bangun tidur pada waktu yang sama setiap harinya - termasuk di akhir pekan - selama sebulan. Selama kamu melakukan ini, jangan tidur siang. Jangan mengkonsumsi kafein di atas jam 1 siang, hindari minuman yang manis / minuman berenergi di atas jam 5 sore. Lakukan hal yang rutin:tentukan waktu untuk mematikan peralatan seperti tv / komputer,  setel lagu yang membuatmu relaks, mandilah dengan shower, minum segelas susu hangat, dst. 


Dengan cara - cara tersebut kamu melatih tubuh dan pikiranmu untuk terbiasa dengan waktu tidur, jadi ketika hampir tiba waktunya kamu akan merasa mengantuk. Kamu juga bisa menyetel ulang jadwal tubuhmu dengan melakukan perjalanan berkemah. Matikan ponsel dan peralatan lainnya ketika kamu sedang berjalan jauh dan hanya gunakan ketika darurat.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang